9 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Salah satu cara yang penting ketika laptop pengguna sedang mengalami lemot atau hang adalah mematikan laptop dengan keyboard.
mematikan laptop dengan keyboard (1)
Keyboard Laptop. Sumber: Pexels

Pengguna laptop pasti pernah mengalami lemot pada laptop karena bug aplikasi atau Windows sehingga membutuhkan cara mematikan laptop dengan keyboard.

Sejauh ini, ada beberapa masalah dari para pengguna laptop, salah satunya adalah kesulitan mematikannya ketika sedang hang.

Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu cara yang umum digunakan dengan mematikan secara paksa. Namun, hal ini terkadang menjadi cara yang mengkhawatirkan.

Pasalnya dengan mematikan secara paksa, kemungkinan data atau file dokumen yang sedang kita kerjakan tidak tersimpan atau bahkan hilang otomatis.

Selain itu, apabila kamu sedang membuka suatu program atau aplikasi yang berjalan di latar belakang kemungkinan bisa merusak file tersebut.

Sebetulnya mematikan laptop dengan cara biasa hanya menggunakan tombol Shutdown pada keyboard atau fitur Shutdown pada menu Windows.

Baca juga:

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

mematikan laptop dengan keyboard (2)
Ilustrasi Wanita Sedang Mengetik di Laptop. Sumber: Pexels

Di zaman yang semakin berkembang saat ini, para pengguna laptop berasal dari berbagai kalangan usia. Mulai dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa.

Karena, laptop bisa digunakan untuk berbagai aktivitas seperti untuk sekolah, mengerjakan tugas atau skripsi, menonton film, main game bahkan bekerja.

Namun masalah yang sering terjadi ketika kita sedang mengerjakan sesuatu di laptop kita adalah hang atau lemot secara tiba-tiba.

Jika laptop dalam keadaan seperti ini, kita tidak bisa berkutik alias ngapa-ngapain. Mungkin salah satu caranya adalah mematikannya menggunakan keyboard.

Windows

Berikut ini adalah cara mudah untuk mematikan laptop Windows kamu menggunakan keyboard yaitu diantaranya:

Win/Start + Power

Untuk mematikan laptop dengan keyboard, kamu juga bisa menekan tombol Win/Start + Power yang berlaku di seri Windows 10 dan Windows 11.

Namun apabila laptopmu masih Windows 8, kamu bisa mencobanya dengan menekan tombol Win + X untuk mematikannya.

Sebetulnya cara satu ini termasuk cara yang paling simple, karena kamu hanya menekan tombol ‘Windows’ dan pilih menu ‘Power’ dan klik Enter untuk mematikannya.

Windows + X

Ketika laptop sedang mengalami hang atau lemot, kamu bisa menggunakan tombol Windows + X. Jika kamu menggunakannya, nantinya akan ada beberapa menu yang tampil.

Jika tombol Windows + X sudah ditekan, kamu bisa memilih opsi menu ‘Shut Down or Sign Out’ dan kamu tinggal klik opsi ‘Shut Down’ untuk mematikannya.

Sebelum dimatikan, pastikan semua aplikasi, program atau file tidak ada yang berjalan di latar belakang supaya semua file tersebut aman.

Alt + F4

Selanjutnya kamu bisa menggunakan tombol alt + F4 secara bersamaan untuk mematikan laptopmu bahkan menutup seluruh program atau aplikasi yang sedang berjalan.

Dengan menekan kedua tombol keyboard ini, nantinya semua aplikasi yang sedang berjalan atau tertutup satu persatu. Pastikan, semua tab sudah ditutup dan klik ‘Shut Down’ untuk mematikannya.

Windows + R

Selain menggunakan cara diatas, kamu juga bisa menjalankan program Run dengan menekan tombol Windows + R untuk mematikan laptopmu.

  1. Tekan tombol ‘Windows’ + ‘R’ pada keyboard laptop-mu untuk menjalankan program Run;
  2. Nanti akan muncul pop up ‘Program Run’ yang berada di kiri bawah layar;
  3. Ketik ‘cmd’;
  4. Lalu, klik ‘Enter’;
  5. Nanti akan muncul program ‘Command Prompt’ pada layar laptop;
  6. Ketik ‘shutdown -s’ pada program tersebut;
  7. Tekan ‘Enter’;
  8. Tunggu sebentar;
  9. Selesai dan laptop kamu akan mati.

CTRL + Alt + Del

Cara yang sering digunakan oleh para pengguna laptop adalah menggunakan tombol CTRL + Alt + Del pada keyboard laptop untuk mematikannya.

Hal yang cukup menarik, kamu bisa menekan ketiga kombinasi tombol ini pada saat aplikasi atau program masih berjalan.

Namun kekurangannya adalah jika laptopmu dimatikan secara paksa, kemungkinannya semua kerjaanmu tidak tersimpan atau hilang.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menyimpan semuanya sebelum kamu mematikannya dengan kombinasi tombol ini supaya semua file tidak hilang.

CTRL + Esc

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan kombinasi tombol ini untuk membuka menu ‘Start’ dan mematikan laptop-mu.

Setelah menekan tombol tesebut, kamu tinggal klik ikon ‘Power’ yang berada di paling bawah dan klik ‘Shut Down’ untuk mematikannya.

Windows + U

Selanjutnya, kamu juga bisa menekan tombol Windows + U untuk mematikan laptop-mu yang sedang hang atau lemot sehingga tak bisa dimatikan.

Maka dari itu untuk mencoba mematikannya, kamu bisa menekan tombol kombinasi Windows + U sebanyak 2x untuk mematikannya.

Tombol Power

Selain itu, kamu juga bisa menekan tombol power selama 10 detik pada keyboard laptopmu untuk mematikan laptop-mu secara otomatis dan cara ini juga berlaku untuk laptop Windows dan Mac, ya!

MacOS

Dibawah ini adalah cara untuk mematikan laptop menggunakan keyboard pada Mac kamu. Langsung saja ikuti caranya sebagai berikut:

Control + Option + Command

Cara pertama untuk mematikan Mac-mu dengan menekan tiga tombol kombinasi pada keyboard yaitu Control + Option + Command dan ‘Power’.

Pastinya sudah menutup semua tab dan nantinya semua aplikasi atau program yang sedang berjalan di Mac-mu akan berhenti dan mati secara otomatis.

Baca juga: 5 Cara Screenshot Termudah di Laptop

Manfaat Keyboard untuk Shutdown

mematikan laptop dengan keyboard (3)
Keyboard Laptop. Sumber: Pexels

Adapun alasan dari pengguna menggunakan keyboard untuk mematikan laptop-nya yaitu sebagai berikut:

Laptop Hang

Pada saat laptop sedang hang, lemot bahkan ‘not responding’, dengan mematikan laptop menggunakan keyboard bisa menjadi cara yang tepat untuk menghentikan program laptop.

Aplikasi Crash

Alasan seseorang menggunakan keyboard untuk mematikan laptop, karena aplikasi yang berjalan tersebut berhenti secara tiba-tiba sehingga laptop menjadi lemot.

Dengan menggunakan keyboard untuk mematikannya, kemungkinan laptopmu akan keluar dari aplikasi dan kembali ke tampilan dekstop.

Reboot

Kemungkinan juga, dengan mematikan atau reboot laptop bisa mengatasi permasalahan yang sedang terjadi pada OS laptop-mu.

Mudah dan Cepat

Menggunakan keyboard juga adalah salah satu cara bagi pengguna untuk mematikan laptop dengan mudah dan cepat tanpa harus mencari-cari menu ‘Shutdown’.

Mouse/Layar Tidak Berfungsi

Hal ini bisa dimanfaatkan bagi pengguna yang memiliki mouse tidak berfungsi atau layar laptop tidak bisa disentuh, sehingga cara ini bisa menjadi opsi alternatif.

Baca juga:

Yuk segera top up semua kebutuhan produk digital favorit termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!