Cara Memainkan Game Harvest Moon di Tahun 2023, Catat!

Harvest Moon

Memainkan game Harvest Moon di tahun 2023 menjadi pilihan terbaik bagi yang ingin memainkan game PS1 ini di perangkat mobile. 

Game yang dirilis pada tahun 1999 di konsol PlayStation 1 ini benar-benar berkesan di kalangan anak 90-an. Bahkan sampai sekarang, game ini masih diminati oleh orang-orang. 

Jadi jika kamu ingin memainkan game ini, kamu tidak perlu khawatir untuk mencari PS1. Sekarang, ada banyak emulator PS1 yang bisa kamu gunakan. 

Pada artikel kali ini VCGamers akan kasih tahu cara memainkan game Harvest Moon: Back to Nature di Android pada tahun 2023.

Tentang Game Harvest Moon

Game PS1
Harvest Moon. Sumber: VCGamers.

Dalam game simulasi pertanian ini, kamu akan berperan sebagai seorang pemuda yang mewarisi sebuah peternakan dari almarhum kakeknya.

Karakter tersebut menghabiskan musim panas di pertanian kakeknya sebagai seorang anak.  Bertahun-tahun kemudian, dia kembali bertani. Kepala desa mengungkapkan keinginan kakeknya agar pemuda itu bekerja di ladang kakeknya agar dia bisa kembali dengan selamat.

Pemuda itu memberikan waktu 3 tahun untuk mengembalikan kejayaan peternakan agar penduduknya dikenal sebagai pemilik sah peternakan tersebut.. 

Meskipun game ini berfokus pada pertanian, kamu tidak hanya menghabiskan waktu untuk menanam dan memanen tanaman. Kamu akan berinteraksi dengan penduduk. 

Semakin dekat hubungan kamu dengan warga, semakin banyak manfaat dan penghargaan yang akan Anda terima. Tentu saja, kamu bisa menikah dan punya anak dengan gadis pilihanmu.

Di peternakan, kamu juga bisa memelihara hewan, seperti sapi, ayam, dan domba. Hewan-hewan tersebut akan menciptakan produk yang bisa kamu jual langsung atau proses untuk meningkatkan harga jual.

Di dalam game ini, tidak hanya bertani saja. Kamu juga bisa mengikuti beberapa event tertentu untuk mendapatkan hadiah menarik.

Sama seperti game sandbox, kamu tidak akan bisa menamatkan game ini. Hal ini memungkinkan untuk menikmati panen BTN tanpa terburu-buru.

Cara Memainkan Game Harvest Moon

Sebelum kamu memainkan game ini, kamu membutuhkan emulator yang bernama ePSXe. Jika tidak, kamu nggak bakal bisa memainkannya. Untuk mendownload ePSXe, silahkan ikuti panduan dibawah ini.

Download ePSXe

Harvest Moon
Emulator ePSXe. Sumber: Youtube.

Pertama kamu harus install aplikasi ePSXe dari Google Play Store melalui chrome dan jangan lupa download BIOS-nya agar bisa memainkan game PlayStation 1 dengan baik.

Setelah semuanya terinstal dan tersimpan di Android kamu, kamu bisa langsung mendownload file BIOS bernama SCPH1001.bin yang baru saja kamu download ke folder Internal/epsxe/bios. 

Jika kamu menemukan folder BIOS, kamu dapat menyalin atau memindahkan file tersebut secara langsung.

Setelah pindah, kamu bisa langsung buka aplikasi ePSXe dan pilih Run BIOS, proses instalasi ePSXe selesai. Jika ingin memainkan Harvest Moon: Back to Nature, kamu juga perlu mengunduh file iso Harvest Moon: Back to Nature.

Baca juga: Inilah Cheat Code Gallery Album Cloud Meadow!

Memainkan Game Harvest Moon: Back to Nature

Harvest Moon
Game Harvest Moon. Sumber: Youtube.

Setelah berhasil menginstal aplikasi emulator PlayStation 1 bernama ePSXe, langkah selanjutnya adalah mengunduh file game Harvest Moon: Back to Nature. Berikut cara mendownload Harvest Moon: Back to Nature. 

Untuk mendownload game ini, ada dua pilihan yang bisa digunakan. Yang pertama adalah versi bahasa Inggris dan yang kedua adalah versi bahasa Indonesia. 

Cukup pilih salah satu file yang ingin kamu putar. Untuk ukurannya, game ini memiliki ukuran yang kecil yaitu hanya sekitar 30MB saja. Jadi kamu tidak membutuhkan banyak sumber daya atau internet cepat untuk mengunduh game tersebut.

Setelah unduhan berhasil, kamu hanya perlu mengekstrak file dan membuka aplikasi ePSXe untuk membuat file iso. Jangan lupa pindahkan file Harvest Moon: Back to Nature ke SD card, agar ePSXe bisa membaca game dari SD card.

Setelah berhasil melakukannya pada kartu SD, Vicigers dapat membuka aplikasi ePSXe yang Anda instal sebelumnya dan memilih menu Run Game. Aplikasi ePSXe akan membaca semua file iso di kartu SD secara otomatis apakah ada game atau tidak. 

Jika kamu sudah memainkannya, kamu bisa langsung memilih untuk memulai permainan dan selamat menikmati! 

Nah itulah pembahasan mengenai cara memainkan Harvest Moon: Back to Nature di Android pada tahun 2023. 

Baca juga: Cara Membuat Game Android dengan Unity, Panduan Pemula!

Agar mendapatkan banyak bonus saat top up game, jangan lupa mampir ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!