Cara Deteksi Tulisan Chat GPT dengan Alat Deteksi AI 

Cara deteksi tulisan Chat GPT dapat dengan berbagai cara manual. Sedangkan cara yang simpel dapat dilakukan dengan situs plagiarism checker
Google Bard
Google Bard vs. ChatGPT (Sumber: Tribun Jatim)

Cara deteksi tulisan Chat GPT dan AI lain

Chat GPT merupakan teknologi teks generatif dengan machine learning yang dapat menghasilkan teks secara otomatis sesuai perintah penggunanya. 

Teknologi serupa Chat GPT yang mempunyai kemampuan mirip adalah Google Gemini. Keduanya sangat membantu orang dalam membuat konten, menulis artikel, dan memahami informasi. 

Namun, bagaikan pedang bermata dua kedua teknologi tersebut justru sering disalah gunakan. Banyak orang yang jadi malas berfikir dan meminta AI tersebut untuk mengerjakan tugas.

Karena maraknya praktik penggunaan Chat GPT dan Google Gemini untuk mengerjakan tugas-tugas akademik. Muncul pertanyaan, apakah ada cara untuk deteksi tulisan Chat GPT maupun Google Gemini. 

Pada pembahasan ini, kami akan merangkum beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendeteksi tulisan AI. Untuk informasi lebih lanjut, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Fitur dan Cara Membuat Lagu di Suno AI

Cara Mendeteksi Tulisan AI

Ilustrasi AI Chat GPT
Cara mendeteksi Tulisan Chat GPT. Sumber: Rawpiksel on Freepik

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi tulisan buatan Chat GPT maupun Google Gemini. Cara termudah adalah menggunakan situs plagiarism checker

Sebelum membahas cara tersebut, akan kamui ulas terlebih dahulu beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mendeteksi tulisan AI berikut ini: 

Membandingkan Teks dengan Referensi

AI seperti Chat GPT dapat menghasilkan tulisan berkat mengumpulkan informasi yang ada di internet. Sehingga tidak sulit untuk mendeteksi kemiripan tulisan AI dengan konten-konten yang ada di Google. 

Ambil satu atau dua konten dengan topik pembahasan serupa dengan konten yang terduga buatan Chat GPT. Kemudian bandingkan pembahasan dari dua referensi tersebut. 

Menganalisis Makna Kata dan Kalimat 

Jika memperhatikan dengan seksama, tulisan robot sangat berbeda dengan tulisan manusia. Jika memaknai kata per kata pada suatu kalimat, singkatnya tidak terasa ada empati di baliknya. 

Gaya penulisan manusia dengan tulisan Chat GPT sangat berbeda. Karakter tulisan Chat GPT dan Google Gemini cenderung kaku. 

Untuk mempermudah proses analisis, buatlah tulisan yang sama pada suatu paragraf kemudian bandingkan dengan teks buatan Chat GPT. Meskipun identik, jika kamu merasakannya tulisan AI cenderung kaku. 

Menguji Keterbacaan Teks

Cara deteksi tulisan Chat GPT juga bisa menguji keterbacaan teks. Biasanya teks buatan AI cenderung singkat dan kurang detail dalam menjelaskan suatu konteks. 

AI tidak bisa membuat paragraf yang kompleks, tulisannya cenderung sederhana. Meskipun teks jadi lebih mudah dibaca hal itu menandakan tulisan tersebut adalah buatan mesin.

Tidak ada kedalaman dalam menjabarkan suatu topik. Kalau diteliti mendalam lagi, tulisan terkesan terburu-buru padahal pembahasan belum mencapai klimaks. 

Menganalisis Kesesuaian Teks dengan Konteks 

Cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk mendeteksi tulisan Ai secara manual adalah dengan menganalisis teks dengan konteks yang dibahas. 

Chat GPT adalah model bahasa yang meski canggih kemampuannya merespons suatu perintah dengan akurat masih belum optimal. 

Mungkin perintah yang kamu tuliskan akan mereka jawab dengan cepat tetapi apa yang dijabarkan terkadang keluar dari konteks.Cara sederhananya kamu bisa menguji relevansi tulisan dengan topik pembicaraan. 

Baca juga: Alasan Bard Ganti Nama Jadi Gemini, Intip Semua Fiturnya!

Rekomendasi Detektor Tulisan Chat GPT

Rekomendasi Detektor Tulisan Chat GPT
Rekomendasi Detektor Tulisan Chat GPT. Sumber: Rawpiksel on Freepik

Cara deteksi tulisan Chat GPT atau Google Gemini yang paling efektif sebenarnya bisa kamu lakukan dengan software. Beberapa software yang akan kami rekomendasikan ini dapat kamu gunakan sebagai pendeteksi: 

Untuk mengakses software tersebut kamu bisa klik tautan yang tertera di atas. Cara penggunaan software tersebut sebenarnya hampir mirip semua. 

Kamu hanya perlu menyalin teks yang dicurigai adalah buatan AI, kemudian menempelkan teks pada kolom yang tersedia di laman situs. Kemudian ikuti panduan yang muncul di layar PC atau HP milikmu. 

Baca juga: Contexto: Game Tebak Kata Bersama AI

Yuk Top Up Game Favoritmu dan Beli Produk Digital Lainnya dengan Harga Termurah, Proses Instan di VCGamers Marketplace!  


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!