Cara Blur WA Web, Chat Gak Akan Keliatan

Blur di WA Web adalah salah satu cara yang penting sebagai langkah untuk menjaga privasi chat kita tidak dibaca orang lain.
cara blur wa web (3)
Blur on Whatsapp Web. Sumber: Google Chrome Extension

Pernah gak sih kamu khawatir chat Whatsapp-mu dibaca oleh orang lain secara tak sengaja apabila sedang di tempat umum? Tentu, kamu pasti ingin tahu bagaimana cara blur WA Web.

Ternyata sekarang sudah ada cara supaya semua chat-mu tidak bisa dibaca oleh orang lain walaupun sedang berada di public area karena bisa melakukan blur chat.

Tentunya, kamu harus memasang ekstensi untuk Whatsapp-mu di Browser seperti dari Google Chrome lho. Pertanyaannya, bagaimana cara supaya blur di WA Web supaya chat kita tidak dibaca orang lain? Langsung saja ikuti caranya di bawah ini!

Baca juga: Cara Login Whatsapp Tanpa Kode Verifikasi Menggunakan Aplikasi

Blur Whatsapp Web

cara blur wa web (4)
Chat Blur on Whatsapp. Sumber: Unsplash

Whatsapp Web merupakan salah satu platform resmi dari Whatsapp yang bisa digunakan oleh para penggunanya melalui PC ataupun smartphone. Pengguna membutuhkan Whatsapp Web untuk berkomunikasi sekaligus bekerja di depan laptop sehingga tak perlu membuka aplikasi Whatsapp di smartphone.

Dengan Whatapp Web juga kamu tidak perlu membuka smartphone untuk membalas chat masuk, tapi kamu langsung bisa membalasnya di sana. Namun cukup disayangkan Whatsapp Web ini memiliki kekurangan, salah satunya bisa mengganggu kenyamanan dan privasi pengguna.

Whatsapp Web yang dibuka melalui Google Chrome ataupun Mozilla Firefox kemungkinan besar bisa dilihat oleh orang lain di sekitar kita.

PC yang memiliki layar yang cukup besar, sehingga orang-orang secara tak sengaja akan mengintip isi Whatsapp Web yang terpampang.

Apabila chat Whatsapp kita terlihat oleh orang lain, tentunya kita merasa tidak nyaman karena hal tersebut bersifat privasi. Maka dari itulah yang menjadi kekurangannya.

Ternyata ada cara untuk membuat tampilan dan chat WA Web menjadi blur ataupun kurang jelas dibaca oleh orang lain sehingga tak bisa diintip lagi.

Kamu harus memasang ekstensi atau program yang tersedia di browser, seperti Google Chrome yaitu Privacy Extension for Whatsapp Web.

Privacy Extension for Whatsapp Web yaitu ekstensi di Browser Google Chrome yang bisa memungkinkanmu untuk membuat tampilan Whatsapp Web menjadi blur.

Sebetulnya Privacy Extension for Whatsapp Web bukan dikembangkan oleh Whatsapp, tapi ekstensi ini dikembangkan oleh pengembang pihak ketiga.

Fungsinya adalah memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan chat yang terbuka di Whatsapp menjadi blur ataupun kurang jelas terlihat.

Apabila kamu membuka Whatsapp setelah mengaktifkan ekstensi satu ini, maka semua chat yang ditampilkan menjadi kurang jelas dan ada efek blur di setiap chat-nya.

Namun, kamu juga masih bisa mengaktifkan blur ini dengan cara menggeser toggle-nya ke kanan dan sebaliknya untuk menonaktifkan kembali.

Baca juga: Cara Mencadangkan Pesan Whatsapp, Riwayat Chat Aman!

Cara Blur WA Web

cara blur wa web (1)
Blur on Whatsapp Web. Sumber: Kompas

Bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara blur chat di WA Web dengan menggunakan ekstensi yang dipasang dari browser Google Chrome tentunya sangat mudah!

Privacy Extension for Whatsapp Web

Buat kamu pengguna Google Chrome, kamu bisa menginstal ekstensi ‘Privacy Extension for Whatsapp Web’ yaitu sebagai berikut:

  1. Buka Browser Google Chrome
  2. Cari ‘Titik Tiga’ yang berada di Pojok Kanan.
  3. Cari Menu ‘Extension’.
  4. Klik Opsi ‘Visit Chrome Web Store‘.
  5. Cari ‘Privacy Extension for WhatsApp Web by wabulknet‘ pada Search Bar.
  6. Klik Opsi ‘Tambahkan ke Chrome’.
  7. Klik ‘Add Extension’.
  8. Tunggu sebentar.
  9. Setelah selesai, login Whatsapp-mu di Google Chrome.
  10. Klik Ikon Puzzle yang berada di kanan atas, tepatnya di samping kolom URL.
  11. Atur konten Whatsapp Web yang akan di-blur.
  12. Selesai.

WA Web Plus

Masih untuk pengguna Google Chrome, kamu juga bisa menginstall ekstensi ‘WA Web Plus’ yaitu dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka Browser Google Chrome
  2. Cari ‘Titik Tiga’ yang berada di Pojok Kanan.
  3. Cari Menu ‘Extension’.
  4. Klik Opsi ‘Visit Chrome Web Store‘.
  5. Cari ‘WA Web Plus by Elbruz Technology‘ pada Search Bar.
  6. Klik Opsi ‘Tambahkan ke Chrome’.
  7. Klik ‘Add Extension’.
  8. Tunggu.
  9. Setelahnya, login Whatsapp-mu di Google Chrome.
  10. Klik Ikon Puzzle yang ada di kanan atas, tepatnya di samping kolom URL.
  11. Atur konten Whatsapp Web yang akan di-blur.
  12. Selesai.

Mozilla Firefox

  1. Buka browser Mozilla Firefox
  2. Install ‘Privacy Extension for WhatsApp Web’.
  3. Login ke WhatsApp Web
  4. Tekan tombol Alt + X di keyboard secara beriringan.
  5. Nantinya tampilan chat akan blur atau kurang jelas.
  6. Kamu bisa mengatur konten Whatsapp Web yang akan di-blur dengan menggeser toggle.
  7. Selesai.
Baca juga: Cara Agar Whatsapp Tidak Terlihat Online dan Mengetik

Pentingnya Blur Chat di Whatsapp

cara blur wa web (2)
Chat on Whatsapp Web. Sumber: Github

Tentunya penting sekali untuk blur chat di WA Web supaya seluruh isi chat kita tidak bisa dibaca oleh orang-orang di sekitar kita, apalagi menggunakan ekstensi. Sebetulnya, ada beberapa manfaat penting dari ekstensi Blur Chat Whatsapp Web tersebut yaitu sebagai berikut:

Menjaga Privasi

Salah satu manfaatnya adalah menjaga privasi dengan cara memburamkan isi chat secara otomatis. Hal ini cukup berguna jika kamu berada di area publik atau di kantor.

Dengan begitu, orang-orang tersebut tidak bisa melihat seluruh isi chat-mu. Dengan memburamkan chat, kamu bisa mencegah orang lain mengintip isi chat Whatsapp-mu.

Mencegah Informasi Bocor

Kita tidak tahu bagaimana sifat orang-orang yang berada di sekitar kita, mungkin ketika sedang bekerja, rekan kita tidak sengaja membaca informasi penting yang bersifat rahasia.

Maka dari itu, dengan ekstensi tersebut untuk menghindari terjadinya kebocoran data atau informasi yang seharusnya tidak diketahui oleh orang lain.

Pilih Informasi

Dengan menggunakan fitur blur, kamu bisa memilih chat mana saja yang akan ditampilkan serta chat mana saja yang bersifat pribadi. Tentunya ekstension tersebut memberikan opsi atau pengaturan yang cukup fleksibel digunakan oleh para penggunanya terkait chat tersebut.

Walaupun begitu seluruh chat masih bisa diakses oleh pengguna Whatsapp, baik untuk berkomunikasi, bekerja hingga mengirimkan media.

Mudah

Ternyata nilai plus dari ekstensi tersebut adalah mudah digunakan oleh penggunanya, kamu bisa menonaktifkan atau mengaktifkan fitur blur sesukamu sehingga bisa akan memberikan kenyamanan di area publik.

Aman

Terakhir, dengan menggunakan ekstensi tersebut bisa menjaga keamanan data-data dan informasi penting yang ada di Whatsapp sehingga memastikan untuk menjaga chat Whatsapp tetap aman.

Ekstensi-ekstensi tersebut menjadi hal yang cukup penting bagi para penggunanya demi menjaga privasi, baik chat pribadi ataupun informasi dan data penting lainnya.

Dengan begitu seluruh informasi ataupun data penting tidak akan bisa dilihat oleh orang-orang di sekitar kita sehingga tak perlu merasa khawatir akan hal tersebut.

Baca juga: Cara Pakai Fitur Kunci Chat WhatsApp

Yuk segera top up kebutuhan produk digital-mu termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!