Cara Beternak Kuda di Minecraft

Cara berternak kuda di Minecraft sangat mudah. Yang pertama harus dilakukan yaitu dengan menjinakkan mereka.
Cara beternak kuda di Minecraft
Beternak kuda di Minecraft. Source: BjorkMinecraft/Youtube

Cara Beternak Kuda di Minecraft

Kuda adalah mob pasif yang termasuk dalam kategori Animal. Pemain bisa beternak kuda di Minecraft dengan cara memberikan makanan khusus.

Kuda bisa dijinakkan dan berfungsi sebagai alat transportasi seperti perahu di dalam game. Mereka memiliki kecepatan dan lompatan yang lebih tinggi daripada pemain tanpa kuda.

Kamu bisa memanfaatkan kuda untuk mendaki bukit dan melompati pagar. Lompatan mereka cukup tinggi hingga bisa melewati 5 blok.

Selain sebagai transportasi, kuda juga bisa dikembangbiakkan oleh pemain. Bagaimana cara beternak kuda di Minecraft? ayo simak sampai habis!

Baca juga:

Tempat Kuda Muncul dan Item yang Mereka Bawa

Cara beternak kuda di Minecraft
Tempat kemunculan kuda. Source: BjorkMinecraft/Youtube

Sebelum masuk ke topik utama, kamu perlu mengetahui tempat kemunculan kuda di Minecraft. Mereka biasa muncul di berbagai jenis daratan dan sabana dengan berkelompok sebanyak 2 sampai 6 ekor.

Satu kawanan kuda memiliki warna yang sama namun mempunyai corak yang berbeda. Ada peluang sebanyak 20% yang memungkinkan kuda individu muncul sebagai anak kuda.

Seperti mob lainnya di Minecraft, kuda juga akan menjatuhkan item ketika mereka terbunuh. Berikut adalah daftarnya:

  1. 0 – 2 Leather (jumlah dapat meningkat sesuai dengan level Looting pemain hingga 5 buah)
  2. 1 – 3 EXP ketika terbunuh oleh pemain atau serigala jinak
  3. Horse Armor dan Saddle apabila kuda tersebut membawanya
  4. Proses perkembangbiakan yang berhasil akan memberi pemain 1 – 7 EXP

Item tersebut hanya bisa kamu dapatkan dengan membunuh kuda dewasa. Kamu tidak akan mendapatkan item atau poin EXP ketika membunuh anak kuda.

Cara Menjinakkan Kuda di Minecraft

Cara beternak kuda di Minecraft
Menjinakkan kuda. Source: BjorkMinecraft/Youtube

Untuk beternak kuda di Minecraft, cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menjinakkan mereka.

Menjinakkan kuda juga penting agar pemain bisa memberikan mereka peralatan tambahan dan memanfaatkannya sebagai alat transportasi.

Kamu bisa menaiki kuda dengan menekan perintah “Use” pada mereka dengan tangan kosong atau sambil memegang objek yang tidak bisa digunakan pada kuda.

Teruslah menaiki kuda yang ingin kamu jinakkan hingga mereka tidak lagi melakukan perlawanan kepada pemain. Lama proses ini bergantung pada temperamen dari kuda tersebut.

Setiap kuda memiliki level temperamen yang beragam yaitu mulai dari 0 hingga 100. Kuda akan jinak apabila level temperamen melebih 100.

Selain menaiki mereka, pemain juga bisa menaikkan temperamen dari kuda dengan memberikan makanan. Apabila proses penjinakan berhasil, sebuah ikon hati akan muncul diatas kuda.

Cara Beternak Kuda di Minecraft

Cara beternak kuda di Minecraft
Love Mode saat kuda berkembang biak. Source: BjorkMinecraft/Youtube

Untuk mulai beternak, pemain membutuhkan dua kuda jinak. Apabila kamu sudah mendapatkan keduanya, maka proses berkembangbiak sudah bisa dimulai.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan Golden Apple dan Golden Carrot dan memberikannya pada kedua kuda.

Hal ini akan membuat mereka memasuki Love Mode yang menyebabkan kedua kuda tersebut untuk kawin dan menghasilkan anak.

Anak kuda memiliki bentuk tubuh yang lebih kurus daripada kuda dewasa. Agar mereka bisa tumbuh menjadi kuda dewasa dengan lebih cepat, berikanlah banyak makanan.

Warna yang akan anak kuda dapatkan tergantung pada variasi induk mereka. Mereka cenderung memiliki warna yang sama dengan corak dari salah satu induk.

Kuda juga bisa kawin dengan keledai dan menghasilkan Bagal yang sudah tidak bisa berkembang biak lagi. Jika melakukan ini, pemain akan membuka pencapaian Artificial Selection.

Baca juga: 

Jika kamu sedang mencari kebutuhan untuk game Minecraft yang aman dan terpercaya, ayo beli di VCGamers Marketplace aja!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!