Cara Agar Main Game Tidak Lag Di Android, Dijamin Lancar!

cara agar main game tidak lag di android

Beberapa diantara kamu pasti pernah mengalami lag saat main game. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara agar main game tidak lag di android.

Perangkat akan mulai terasa lambat bahkan terkadang mengalami lag atau crash saat bermain game. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Hal ini masuk akal karena semakin lama kita menggunakan Android, semakin banyak aplikasi dan game yang kita instal. Banyaknya aplikasi dan game akan menghabiskan banyak RAM dan juga meninggalkan banyak cache yang menyebabkan kinerja menurun.

Cara Agar Main Game Tidak Lag Di Android

Nah, kali ini VCGamers akan membahas cara agar main game tidak lag di android saat kamu bermain game atau saat kamu menggunakan aktivitas sehari-hari. Cara berikut ini sangat mudah dan kamu juga tidak perlu melakukan rooting terlebih dahulu.

Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan 

cara meningkatkan aim pubg
Cara agar main game tidak lag di android

Selama ini mungkin kamu mengira bahwa aplikasi lama yang sudah tidak digunakan lagi tidak akan menjadi masalah jika dibiarkan di smartphone atau tablet Android. Tentu saja, tetapi akan lebih baik jika kita menghapus aplikasi tersebut sehingga dapat menciptakan ruang kosong untuk aplikasi lain.

Menghapus atau mencopot pemasangan aplikasi yang lemah. Yang harus kamu lakukan adalah pergi ke Pengaturan dan Aplikasi, lalu buka aplikasi yang ingin kamu hapus, lalu ketuk tombol hapus instalan.

Di beberapa jenis smartphone kita juga bisa melakukan ini dengan menekan lama ikon aplikasi dan menyeretnya ke ikon tempat sampah. Sebelum menghapus aplikasi, pastikan tidak ada data penting yang tersimpan di dalamnya, seperti dokumen, data game, e-book, dan lainnya.

Jika demikian, harap buat cadangannya terlebih dahulu agar kamu dapat menggunakannya lagi di masa mendatang. Dengan menghapus aplikasi yang berbeda ini, akan ada banyak peluang yang dapat kamu gunakan untuk menginstal aplikasi lain.

Kamu juga dapat menginstal perangkat lunak di lain waktu. Jika aplikasi tersebut adalah aplikasi berbayar, Play Store juga akan mengingatnya sehingga Kamu tidak perlu membelinya lagi.

Pastikan Kamu Memperbarui Game Secara Berkala

Lokasi Landing COD Mobile
Cara agar main game tidak lag di android

Setiap aplikasi dan game di ponsel akan di update atau diperbarui. Nah, tips selanjutnya agar tidak lag saat bermain adalah dengan memastikan game sudah terupdate ke versi terbaru. Karena jika tidak update, game akan bisa lag. Ini bisa terjadi karena versi lama tidak lagi menakutkan.

Hal ini akan merusak permainan. Untuk update ke versi terbaru bisa cek di Google Play Store. Kamu melihat jenis permainan yang paling sering kamu mainkan. Matikan aplikasi yang tidak berfungsi 

Selalu biarkan Android tidak lag saat bermain game. Kali ini triknya adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang sedang aktif. Ya, smartphone akan terasa lambat dan berat saat menggunakan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Ini akan memakan banyak RAM.

Apalagi baterai ponsel pun akan cepat habis, yang akan menurunkan kinerja ponsel Android. Nah, jadi pastikan kamu tidak membuka terlalu banyak aplikasi. Kamu dapat menutup beberapa aplikasi yang tidak tersedia. Ini akan membantu mempercepat ponsel Android saat bermain.

Baca juga: WOW! Momen Dan Gameplay Dari Game Valorant! Wajib Lihat Dan Di Pelajari! #2

Tidak Main Saat Sedang Charging

Cara agar main game tidak lag di android

Mengisi daya saat bermain game adalah hal yang dilarang. Karena panas yang dihasilkan saat mentransfer akan sangat memperlambat kinerja ponsel Android. Karena itu,  kamu akan menghadapi masalah yang sulit.

Selain itu, bermain game sambil mengisi daya akan merusak ponsel Android dengan cepat. Tips lainnya, sebaiknya juga menggunakan kabel charger asli dan bukan yang palsu.

Pengisi daya palsu akan merusak ponsel Android, lho. Jadi pastikan baterai terisi penuh sebelum bermain game. Apakah kamu masih puas saat bermain game?

Cara agar main game tidak lag di android lain yang bisa kami berikan untuk kamu adalah dengan me-restart game yang kamu mainkan. Untuk mempercepat kinerja ponsel saat bermain game, salah satunya adalah dengan me-restart game, yang dapat membuat kinerja ponsel lebih mudah.

Baca juga: 10 Game Play to Earn Android Terbaik, Wajib Dicoba!

Saat memulai kembali permainan, disarankan untuk membiarkannya selama sekitar 10 menit. Biarkan ponsel Anda beristirahat sejenak hingga ponsel kembali normal. Jika sudah cukup, kamu bisa mulai bermain lagi. cara agar main game tidak lag di android ini pasti berhasil.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!