Cara Menggunakan Cangkul Minecraft Untuk Update 1.19

Cangkul Minecraft

Pemain yang ingin menikmati pertanian akan membutuhkan cangkul Minecraft untuk memulai perkebunan. Alat ini, seperti banyak alat lainnya, hadir dalam berbagai kualitas dan daya tahan berdasarkan bahan pembuatnya.

Dengan cangkul Minecraft yang dilengkapi dan beberapa benih tanaman, sobat Vicigers dapat membuat pertanian tanaman yang andal dan unik di Minecraft.

Peternakan ini sangat membantu bagi penggemar yang bermain di Survival Mode, karena dapat digunakan kembali untuk menyediakan persediaan makanan yang hampir tak ada habisnya.

Hal ini membuatnya bagus untuk pemain awal dan akhir permainan, terutama pada kesulitan yang lebih tinggi seperti Mode Hard atau Hardcore.

Untuk pemain Minecraft yang masih baru, mungkin ada beberapa kebingungan tentang cara menggunakan alat cangkul untuk membuat pertanian. Untungnya, kamu bisa mengikuti beberapa cara yang sudah VCGamers rangkum di bawah ini.

Cara Menggunakan Cangkul Minecraft Untuk Bertani

Minecraft
Gameplay Cangkul Minecraft. Sumber: Malavida

Tak perlu dikatakan bahwa sebelum kamu dapat menggunakan cangkul berkebun untuk tujuan pertanian, kamu perlu membuat alatnya. Kamu dapat membuka meja kerajinan dan menempatkan dua tongkat di samping dua blok/item sumber daya.

Kedua bahan ini bisa berupa apa saja, mulai dari balok batu bulat sederhana hingga berlian. Nantinya, kamu juga bisa mengupgrade alat ke kualitas Netherite dengan menggabungkan cangkul Minecraft dengan ingot Netherite menggunakan landasan.

Berikut cara menggunakan cangkul Minecraft:

  • Lengkapi alat dengan menempatkannya di bilah alat dan memilihnya. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan layar inventaris dan memindahkan cangkul dari inventaris dasar ke bilah alat di bagian bawah.
  • Temukan blok jalan tanah, rumput, atau tanah yang sesuai untuk diubah menjadi lahan pertanian. Mengolah lahan pertanian tidak akan berfungsi di banyak blok, seperti miselium atau podzol, jadi kamu harus menemukan item, seperti rumput, tanah, tanah berakar, atau jalur tanah yang dibuat dengan sekop.
  • Setelah menemukan blok yang tepat untuk digarap, cukup gunakan alat dengan mengklik kanan atau menekan tombol Place/Gunakan Item pada pengontrol konsol (L2 di PS4, LT di Xbox, Tap lokasi di Pocket Edition, dan ZL di Saklar). Selanjutnya, blok tersebut harus diubah menjadi lahan pertanian, dan benih tanaman sekarang dapat digarap ke dalam tanah.

Setelah kamu membuat lahan pertanian dan menabur benih, kamu mungkin akan membutuhkan sumber air untuk memastikan tanaman mereka tumbuh sebagaimana mestinya.

Hal ini dapat dicapai dengan menggali lubang atau parit di dekat blok lahan pertanian dan mengisinya dengan air menggunakan ember. Melakukannya akan menggelapkan mereka, menunjukkan bahwa mereka telah jenuh dengan air.

Ketika tanaman sudah tumbuh sempurna, kamu juga dapat menggunakan cangkul kebun sebagai alat untuk memanen hasil kerja dengan cepat.

Hal ini sangat berguna saat menanam tanaman yang lebih besar di Minecraft, seperti melon atau labu, karena cangkul dapat memecahkan balok dengan sangat cepat, memungkinkan untuk mengumpulkan barang yang dijatuhkan lebih cepat.

Selain itu, jika pemain Minecraft tidak ingin menunggu tanaman mereka tumbuh, kamu dapat menggunakan tepung tulang untuk mempercepat prosesnya.

Item ini dapat dibuat melalui penggunaan blok komposter dengan mendaur ulang berbagai jenis tanaman yang ditemukan di dunia game.

Baca juga: Cara Download Pixelmon Minecraft Terbaru 2022

Fungsi Lain Dari Cangkul Minecraft

Minecraft Mob
Fungsi lain dari Cangkul Minecraft

Selain digunakan sebagai pertanian, cangkul ini sendiri memiliki fungsi dan manfaat lainnya. Nah, dibawah ini ada beberapa manfaatnya!

Sebagai Alat Tempur

Hal ini tentu saja bukan senjata yang menakutkan untuk digunakan di Minecraft. Tetapi di saat-saat mendesak, cangkul akan menjadi alternatif yang jauh lebih baik daripada tinju telanjang.

Menjadi alat berkebun, kamu tidak dapat mengharapkan cangkul di Minecraft untuk menangani kerusakan sebanyak pedang atau kapak. Itu dapat menimbulkan hingga 4 HP dalam satu pukulan, yang tidak cukup untuk menghadapi sebagian besar monster dalam game.

Bahan bakar

Sebuah cangkul kayu, seperti barang kayu lainnya dalam permainan, dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk tungku. Kamu bisa melempar cangkul kayu ke dalam tungku untuk melebur barang-barang lainnya. Ini cara yang bagus untuk menghemat tempat dalam game.

Mengganggu Piglins

Piglins adalah monster netral yang akan menyerang pemain kecuali mereka menggunakan item emas. Jika kamu ingin melarikan diri dari babi, mereka dapat melemparkan cangkul emas ke tanah untuk mengalihkan perhatian dan melarikan diri sementara babi memeriksanya.

Satu-satunya downside adalah bahwa piglin tidak akan mengembalikan cangkul. Tapi mengorbankan 2 Emas Ingot untuk menyelamatkan hidup adalah harga yang besar untuk membayar.

Panen Daun Berbau

Tidak banyak pemain yang mengetahui hal ini, tetapi kamu sebenarnya dapat memanen balok daun menggunakan cangkul di Minecraft. Itu benar, kamu tidak akan bisa mengambil balok-balok ini dengan alat lain di dalam game.

Baca juga: 5 Texture Pack Minecraft Terbaik Untuk Update 1.16.5

Meninggalkan balok sangat bagus untuk mendekorasi alas dan tidak akan membusuk seiring waktu saat dikumpulkan dengan cangkul.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!