Candle Doji Adalah Pembalikan Tren, Begini Penjelasannya!

candle doji adalah

Candle doji adalah salah satu pola candlestick yang paling familiar bagi para trader. Pasalnya, candle ini biasanya memberikan informasi kepada para trader tentang perubahan tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui lebih banyak tentang apa itu candle Doji.

Candle doji adalah salah satu sinyal trading paling menonjol dalam pola kandil. Sejak ratusan tahun yang lalu, lampion digunakan untuk memperdagangkan produk beras di Jepang, dan sampai sekarang, cara ini masih dianggap sebagai sinyal perdagangan yang berharga.

Pada artikel crypto kali ini, kami akan mengulas informasi mengenai pengertian dan cara menggunakan candle Doji. Mari kita lihat artikelnya di bawah ini.

Candle Doji Adalah? 

cara menggunakan tradingview
Candle doji adalah sinyal trading para trader

Candle doji adalah nama jenis candle yang sering digunakan trader untuk mendapatkan informasi tentang pembalikan tren.

Doji adalah candlestick yang terbentuk ketika harga pembukaan dan penutupan hampir sama untuk jangka waktu tertentu. Secara umum, pola ini menunjukkan perubahan di pasar.

Dalam bahasa Jepang, “Doji” berarti error atau kesalahan, yang mengacu pada kurangnya harga pembukaan dan penutupan yang memiliki nilai yang sama. Pola Doji terbentuk setidaknya beberapa batang setelah harga naik atau turun. 

Saat itu, ada ketidakpastian di antara pelaku pasar tentang arah harga yang akan diambil selanjutnya. Bisa jadi harga bergerak searah dengan arah trend sebelumnya, atau berbalik arah.

Jadi, sebuah formasi doji tidak selalu menunjukkan pembalikan (trend reversal) tetapi bisa juga mengindikasikan kelanjutan, tergantung konfirmasi candlestick berikutnya.

Baca juga: Pengertian BEP20 Dan Contoh Tokennya

Cara Menggunakan Pola Candle Doji Saat Trading Crypto

flag pattern
Cara menggunakan candle doji untuk trading

Beberapa investor dan trader melihat Doji sebagai tanda ketidakpastian di pasar, apakah harga naik atau turun. Oleh karena itu, harga pembukaan dan penutupan hampir berada di area yang sama. Misalnya, jika sobat Vicigers melihat Dragonfly Doji mendekati bagian bawah pada Juni 2019. 

Tiga Doji berturut-turut terlihat pada akhir Juli sebelum tren turun, yang mengarah ke sesi yang ditutup dengan Dragonfly Doji.

Selain itu, ada juga beberapa Doji di pertengahan Agustus, sedangkan Doji September yang diuraikan dalam grafik sangat cocok dengan harga tertinggi dan terendah.

Salah satu strategi untuk menggunakan Doji adalah dengan melihat titik tertinggi dan terendah sebagai pemberhentian.

Misalnya, jika kita melihat tren turun dan kemudian melihat Doji Dragonfly (seperti yang terjadi pada bulan Juni), kita harus mencari posisi beli dan pembalikan perdagangan setelah harga menembus di atas (atau ditutup di atas) tertinggi dari Doji Dragonfly.

Seperti yang dijelaskan, Doji sendiri menunjukkan “keputusan pasar”. Setelah melewati periode waktu, pasar dapat memutuskan untuk berubah atau terus melakukannya sekarang.

Oleh karena itu, sinyal Candlestick Doji harus dianggap sebagai “reversal” saja dan bukan sebagai “sinyal pembalikan”. Candle Hero dapat menjadi bagian dari lilin yang lebih tinggi sebagai bintang pagi, bintang malam, ditinggalkan dan lainnya.

Doji tanpa level yang lebih rendah, tetapi candle terbentuk ketika itu akan lebih baik. Kamu dapat menandai crypto di mana Doji muncul untuk mengantisipasi formasi ini.

Baca juga: Mengenal Sollet, Wallet Token Solana

VCGamers menyediakan banyak berita dan informasi tentang dunia cryptocurrency, blockchain, dan investasi secara umum dalam bahasa yang mudah dipahami dengan tips hebat yang dapat kamu coba.

Bahkan kamu bisa membeli token VCGamers yang bernama VCG Token di Indodax dan BitMax. Token ini sendiri berada di atas jaringan BSC dan ETH 20 yang bisa kamu staking untuk mendapat bunga.

Dapatkan update VCG Token terbaru hanya di VCNews!

Artikel Crypto oleh PINTU


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!