Update! Artefak Baru untuk Build Xiao Genshin Impact Terkuat!

xiao genshin impact vermillion hereafter

Xiao Genshin Impact adalah salah satu karakter DPS yang masih populer hingga saat ini. Sebelumnya, Xiao telah mendapatkan rerun banner di update 2.4 lalu. 

Xiao merupakan playable character dengan elemen Anemo dan menggunakan senjata polearm. Karakter dari Liyue ini terkenal sebagai 1 dari beberapa DPS terbaik yang ada di game Genshin Impact.

Xiao nyatanya masih dicintai oleh pemain sebagai damage dealer atau DPS yang dipilih oleh pemain. Diantara kalangan pemain Genshin Impact terkenal sebutan Big Three Liyue atau DPS Liyue.

Sebutan ini berasal karena Genshin Impact merilis 3 karakter DPS yang sangat kuat dalam waktu berdekatan yaitu Xiao, Ganyu, dan Hu Tao.

Adanya domain baru yang dirilis pada update 2.6 ini dan set artefak baru ternyata cocok untuk build Xiao. 

Artikel ini akan membahas lengkap semua hal mengenai build Xiao Genshin Impact mulai dari artefak, skill, rekomendasi senjata, dan lain sebagainya.

Rekomendasi build Xiao Genshin Impact

DPS memang merupakan sebutan yang paling pas untuk Xiao. Build Xiao memang didesain oleh miHoYo untuk menjadi pemberi damage atau damage dealer yang cukup ‘sakit’.

Xiao termasuk karakter DPS yang memberikan damage besar namun mudah untuk digunakan. Kekurangan sedikit dari Xiao adalag build Xiao agak sedikit memerlukan waktu dan investasi yang cukup besar.

Kamu membutuhkan kesabaran dan budget sedikit lebih ekstra untuk build Xiao karena membutuhkan artefak yang bagus dan senjata yang menunjang agar Xiao kamu bisa optimal.

Namun Xiao tentu saja masih menjadi salah satu hyper carry terbaik dari semua karakter yang telah dirilis Genshin Impact. Skala damage Xiao cukup besar dan mudah mencapai crit.

Tanpa memaksimalkan level skill saat kamu build Xiao, akan mengakibatkan damage yang akan Xiao Genshin Impact hasilkan juga stabil dan besar.

Prioritas Skill untuk Build Xiao Genshin Impact

Artikel ini akan membahas semua rekomendasi build mulai dari prioritas skill, artefak, hingga rekomendasi tim yang cocok untuk build Xiao Genshin Impact.

Artefak yang direkomendasikan disesuaikan dengan artefak yang sudah dirilis, dimana artefak baru akan terus bertambah sepanjang update Genshin Impact.

Normal attack Xiao terdiri dari 6 serangan berturut-turut yang memberikan physical damage kepada musuh.

Xiao memiliki keunikan dimana kamu akan lebih sering menggunakan plunge attack atau serangan dimana Xiao kamu gunakan untuk melompat dan menyerang dari ketinggian.

Plunge attack yang diberikan Xiao kepada musuh, juga akan memberikan anemo damage dan merupakan sumber damage terbesar Xiao.

Saat kamu melakukan plunge attack, Xiao tidak akan mendapatkan damage sehingga HP tidak akan berkurang. Hal ini juga berlaku dari ketinggian berapa pun Xiao melakukan plunge attack.

Elemental skill dari Xiao yaitu Leminstatic Wind Cycling akan memberikan musuh anemo damage. Xiao secara gesit dengan kecepatan tinggi, akan menerjang musuh ke depan dan memberikan damage.

build Xiao elemental skill
Elemental Skill Xiao (source: Youtube/ Genshin Impact)

Skill ini bisa juga kamu gunakan saat menjelajahi peta Genshin Impact pada saat Xiao di ketinggian atau sedang menggunakan glider. Kamu bisa menjelajahi tempat yang medannya atau geografisnya sulit dan menghemat stamina yang biasa digunakan saat terbang.

Ketika kamu sudah mendapatkan skill pasif Dissolution Eon : Heaven Fall, kamu bisa menggunakan elemental skill Xiao sebanyak 2 kali berturut-turut tanpa ada jeda cooldown diantara 2 kali pemakaian tersebut.

Damage selama 2 kali pemakaian elemental skill tersebut akan bertambah ketika Xiao menggunakan charge attack.

Elemental Burst Xiao yaitu Bane of Evil semua attack Xiao akan dikonversi dari physical damage menjadi anemo damage. Anemo damage ini tidak bisa digabung (infuse) bersama elemen lainnya.

build Xiao elemental burst
Elemental Burst Xiao (source: Youtube/ Genshin Impact)

Selama Xiao menggunakan elemental burst atau ulti, AoE anemo damage dan damage serangan dari Xiao kedua akan bertambah secara signifikan.

Kemampuan Xiao untuk melompat juga sangat meningkat sehingga kamu akan bebas menggunakan plunge attack yang akan menghasilkan damage paling besar dari semua serangan Xiao.

Kamu harus memperhatikan HP Xiao pada saat menggunakan ulti dan juga saat build Xiao. Ketika menggunakan elemental burst, HP Xiao akan terus berkurang sampai kamu menggantikan Xiao dari field dengan karakter lainnya.

Skill pasif Xiao lainnya Conqueror of Evil : Tamer of Demons akan membuat damage selama Xiao menggunakan elemental burst meningkat tinggi.

Kamu bisa mengetahui lebih lengkap terkait skill Xiao dari video Collected Mischellany Xiao yang diunggah oleh Genshin Impact di Youtube:

Build Xiao sebagai DPS akan membutuhkan prioritas skill yaitu: normal attack > elemental burst > elemental skill.

Skill yang harus kamu fokuskan saat build Xiao adalah normal attack dan elemental burst karena damage terbesar Xiao adalah dari plunge attack. Kamu harus memaksimalkan level normal attack terlebih dahulu untuk meningkatkan damage plunge attack Xiao.

Elemental burst harus kamu maksimalkan agar memperbesar AoE anemo damage dan kamu baru terus melakukan plunge attack. Selanjutnya apabila material kamu masih cukup, kamu bisa memaksimalkan elemental skill Xiao pada build Xiao namun level 8 sebenarnya juga sudah cukup.

Artefak yang Cocok untuk Build Xiao Genshin Impact

build xiao genshin impact artefak 1
Rekomendasi Artefak Xiao (source: VCGamers)

Build Xiao sebagai DPS membutuhkan main stat pada artefak yang harus kamu cari adalah: ATK%, anemo DMG bonus, dan Crit rate/DMG.

Kamu juga harus memprioritaskan sub stat artefak: Crit Rate/DMG% > ATK% > Energy Recharge% > flat ATK agar damage build Xiao kamu menjadi maksimal.

Set artefak yang direkomendasikan dan cocok untuk build Xiao Genshin Impact adalah menggunakan 4 artefak ini yaitu: Viridescent Venerer, Shimenawa’s Reminiscence, Gladiator Finale, dan Vermillion Hereafter.

Vermillion Hereafter sendiri adalah set artefak baru yang dikeluarkan pada saat area the Chasm buka untuk domain The Lost Valley.

Kamu bisa mengkombinasikan Viridescent Venerer dengan Shimenawa’s Reminiscence masing-masing 2 set dengan goblet yang mempunyai stat Anemo DMG Bonus bebas jenis apa saja atau bisa disebut odd piece artifact.

Namun, akan sangat lebih baik kalau kamu bisa mendapatkan goblet anemo DMG Bonus dari set artefak yang sama.

Viridescent Venerer akan memberikan Xiao Anemo DMG Bonus tambahan sebesar +15% dan Shimenawa Reminiscence akan memberikan Xiao tambahan ATK +18%.

build xiao genshin impact artefak 2
Set Artefak Xiao (source: VCGamers)

Untuk Shimenawa dapat kamu gantikan dengan Gladiator Finale atau Vermillion Hereafter karena memiliki fungsi yang sama untuk mendapatkan bonus ATK +15%.

Kombinasi Gladiator Finale dan Shimenawa’s Reminiscence bisa juga digunakan sebagai alternatif artefak Xiao. Kamu harus mendapatkan tambahan anemo DMG bonus dari artefak yang memiliki stat baik.

Kamu juga bisa menggunakan 4 set Vermillion Hereafter.  Setelah menggunakan Elemental Burst, Xiao Genshin Impact akan mendapatkan tambahan ekstra ATK dan juga saat HP Xiao berkurang, ATK akan bertambah 10% lebih yang bisa kamu stack.

Baca Juga: Genshin Impact Tier List April 2022

Senjata Terbaik untuk Build Xiao sebagai DPS

Senjata bintang 5 terbaik untuk build Xiao sebagai DPS adalah Staff of Homa dan Primordial Jade-Winged Spear. Kedua senjata ini bisa kamu dapatkan di banner.

build Xiao senjata bintang 5
Senjata Bintang 5 Xiao (source: VCGamers)

Kedua senjata ini akan memberikan tambahan ATK dan Crit rate/DMG yang kamu butuhkan agar Xiao dapat mencapai damage maksimal.

Primordial Jade-Winged Spear bisa kamu dapatkan di standard banner dan Staff of homa mungkin akan lebih sulit karena hanya ada di limited weapon banner. Staff of Homa terakhir menjadi Weapon Event Banner pada 2.2 lalu besamaan dengan rerun banner Hut ao.

Senjata limited yang bisa kamu gunakan untuk Xiao adalah Vortex Vanquisher atau Calamity Queller yang baru saja mendapatkan rerun pada update 2.4 lalu. Kedua senjata ini akan meningkatkan ATK Xiao.

Meski demikian, kedua senjata ini mungkin tidak akan lebih baik performanya dibandingkan menggunakan Staff of Homa atau Primordial Jade-Winged Spear. Kamu harus mencari artefak dengan Crit rate/DMG yang cukup bagus untuk mencapai kebutuhan build Xiao.

Perbandingan Crit rate/DMG yang disarankan untuk build Xiao adalah 1:2 dengan minimal crit rate 70 baru kamu bisa mendapatkan crit dengan stabil.

Alternatif senjata senjata bintang 4 yang direkomendasikan untuk kamu gunakan bersama build Xiao adalah Deadmatch dan Blackliff Pole. Fungsi kedua senjata ini mirip dan bisa menggantikan senjata bintang 5.

build Xiao senjata bintang 4
Senjata Bintang 4 Xiao (source: VCGamers)

Deathmatch bisa memberikan tambahan stat crit rate dan ATK. Senjata ini cocok untuk menggantikan Primordial Jade-Winged Spear. Skill Gladiator dari Deathmatch juga akan meningkatkan ATK dan DEF dari Xiao.

Staff of Homa bisa kamu ganti dengan Blackliff Pole dimana keduanya mempunyai stat ATK dan sub stat Crit DMG. Skill Press the Advantage dari Blackliff Pole dapat menambah ATK Xiao dalam durasi tertentu.

Deathmatch bisa kamu dapatkan di Battle Pass dan Blackcliff bisa kamu tukarkan di Paimon’s Bargain dengan menukarkan Masterless Starglitter.

Serial senjata Blackliff tidak bisa kamu tukarkan setiap saat dan hanya bisa dua bulan sekali karena akan bergantian dengan seri Royal.

Keempat rekomendasi senjata untuk Xiao memang membutuhkan cost lebih untuk mendapatkannya. Bagi kamu yang merasa sulit untuk mendapatkan keempat senjata tadi, kamu bisa mencari senjata masih bisa menggunakan Lithic Spear dan Favonius Lance sebagai alternatif.

Rekomendasi Komposisi Tim (Party Setup) untuk Build Xiao Genshin Impact

Xiao merupakan karakter yang lincah dengan menghasilkan damage yang besar. Sebagai karakter tentunya Xiao memiliki kekurangan sehingga kamu membutuhkan kombinasi tim atau party setup yang dapat menutupi kekurangan Xiao dan membuat build Xiao kamu semakin optimal.

Energy issue adalah kekurangan Xiao yang perlu kamu garis bawahi selama kamu build Xiao. Karakter ini memerlukan energi (energy cost) yang cukup besar untuk menggunakan ultimate burst atau elemental burst. Xiao membutuhkan 80 energy cost untuk dapat mengaktifkan ulti.

Meski memerlukan energi yang besar, Xiao sayangnya tidak dapat menghasilkan partikel energi yang besar sehingga kamu membutuhkan waktu yang lama agar bisa menggunakan elemental burst dari Xiao.

Selain itu. ada jarak durasi waktu antara ketika Xiao melakukan plunge attack hingga mendarat dan memberikan damage. Hal ini membuat Xiao sangat rentan untuk terkena damage dari musuh.

Ketika kamu melawan musuh yang memiliki dua elemen berbeda, kamu pasti akan kesulitan karena kamu akan terkena damage dari elemental reaction.

Misalnya musuh dapat menyebabkan overload atau freeze, Xiao bisa saja membeku di udara sebelum menyerang. Xiao akan lebih cepat mati karena terkena damage dan juga elemental burst Xiao yang terus menerus mengurangi HP.

Susunan kombinasi tim harus kamu pertimbangkan untuk mendukung build Xiao DPS kamu.. Kamu akan membutuhkan karakter shielder dan healer yang dapat ‘menyelamatkan’ Xiao agar tidak mudah mati.

Xiao juga akan sangat membutuhkan karakter elemen Anemo lain sebagai support untuk menjadi anemo battery yang mampu mempercepat dan memberikan partikel energi tambahan sehingga durasi Xiao untuk menggunakan elemental burst bisa lebih cepat karena energy cost lebih cepat terpenuhi.

Rekomendasi party pertama adalah menggunakan anemo support sebagai battery. Kamu bisa menggunakan susunan party : Xiao, Bennett, Albedo, Jean/Sucrose. Jean dan Sucrose akan bertindak sebagai untuk meregenerasi partikel energi anemo bagi Xiao. Bennett dapat bertindak sebagai buffer dan healer yang bergantian dengan Jean.

build Xiao party 1
Rekomendasi Party 1 Xiao Genshin Impact (source: VCGamers)

Albedo akan memberikan AoE geo damage tambahan bagi Xiao. Selain itu, Albedo bisa meningkatkan elemental mastery sehingga dapat terjadi damage dari elemental reaction apabila kamu menggunakan burst dari Bennett dan Jean atau Sucrose secara bersamaan.

Kamu juga bisa menggunakan Venti atau Kazuha untuk menggantikan Albedo sebagai crowd control apabila kamu melawan musuh dengan jumlah yang cukup banyak. Pada build Xiao ini kamu lebih difokuskan pada fungsi healer yang membantu agar HP Xiao tidak mudah terkuras.

Rekomendasi party kedua adalah dengan memanfaatkan elemental resonance. Party setup yang bisa kamu gunakan adalah Xiao, Bennett, Albedo, dan Zhongli.

build Xiao rekomendasi party 2
Rekomendasi Party 2 Xiao Genshin Impact (source: VCGamers)

Albedo dan Zhongli akan memberikan damage tambahan dari geo resonance yang dihasilkan. Zhongli pun akan memberikan shield untuk Xiao sehingga lebih leluasa menyerang.

Selain itu Zhongli akan memberikan efek petrifikasi yang membekukan lawan sehingga Xiao bisa bebas memberikan gamage tanpa takut menerima damage. Bennett akan bertindak sebagai healer buffer pasif yang memastikan HP Xiao.

Bennett pada build Xiao ini bisa kamu gantikan dengan Jean sebagai healer agar mendapatkan damage tambahan dari anemo resonance.

Healer lain yang bisa direkomendasikan adalah Qiqi, Bennett, dan Jean. Barbara dan Kokomi sebenarnya bisa kamu gunakan sebagai alternatif namun kamu harus hati-hati terutama apabila melawan musuh yang menggunakan cryo karena Barbara memberikan status wet pada semua skill-nya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!