Build Item dan Skill Invoker Dota 2, Ala Pro Player!

Build Item dan Skill Invoker Dota 2

Banyak sekali rekomendasi build item dan skill hero Invoker Dota 2.  Di dalam game saja, terdapat puluhan build yang bisa kamu coba.  Sebut saja dari Torte de Lini, Greyshark, Gaimin, dan masih banyak lagi.

Kali ini, penulis juga ingin memberikan rekomendasi build item dan skill Invoker di Dota 2 yang dijamin bisa bikin MMR kamu naik cepat.  Penasaran apa saja buildnya?  Yuk simak di bawah ini!

Baca Juga: 5 Hero Terkuat Untuk Dota 2 Buff Terbaru 2022

Kael the Invoker

Build Item dan Skill Invoker Dota 2
Kael, the Invoker.

Ya, nama asli dari Invoker adalah Kael.  Bisa dikatakan kalau Invoker adalah nama alias atau nama lain.  Tidak hanya Invoker, tapi seluruh heroes di Dota 2 memiliki nama asli yang bisa kamu lihat di sini.

Keberadaan hero Invoker di Dota 2 menjadi salah satu hero paling sulit dan rumit di Dota 2.  Jika tingkat kesulitan Chen dan Meepo berada di jumlah unit yang dikendalikan, letak kesulitan Invoker berada di penguasaan skill.

Invoker memiliki tiga skill orb utama yang dapat memberikan buff dan dapat dikombinasikan menggunakan ultimate miliknya.  Tiga skill tersebut bernama Quas, Wex, dan Exort.

Build Item dan Skill Invoker Dota 2Quas (Q) adalah orb pertama berwarna biru.  Setiap orb Quas yang kamu gunakan memberikan +2 Strength dan 1-7 HP Regeneration (mengikuti level skill).

 

Build Item dan Skill Invoker Dota 2Wex (W) adalah orb kedua dengan warna ungu.  Setiap orb Wex yang kamu gunakan memberikan +2 Agility dan 1-7 Attack Speed & 0.8%-5.6% Movement speed (mengikuti level skill).

 

Build Item dan Skill Invoker Dota 2Terakhir adalah Exort (E) yang memiliki warna merah.  Setiap orb Exort yang kamu gunakan memberikan +2 Intelligence dan 2-14 Attack Damage (mengikuti level skill).

 

Build Item dan Skill Invoker Dota 2Untuk mendapatkan sembilan skill milik Invoker, kamu harus memadukan sejumlah tiga orb di atas menggunakan Invoke.

 

Berdasarkan letak draft, Invoker termasuk hero Intelligence.  Hero Intelligence adalah hero yang mengandalkan spell dan mana.  Dan, ya, ke-9 skill milik Invoker hanya bisa kamu pakai menggunakan mana.

Terakhir adalah roleInvoker sering sekali menjadi Hero Midlaner atau pos 2.  Tugas dari seorang Midlaner adalah mendapatkan Exp, level, dan gold secepat mungkin, dan juga roaming untuk membunuh carry musuh.

Baca Juga: 5 Hero Mid Lane Dota 2 Paling GG, Nggak Gampang Kalah!

List Skill Invoker

Build Item dan Skill Invoker Dota 2
Invoker dan seluruh skills miliknya. Sumber: VCGamers.

Ketiga skill yang ada di atas (Quas, Wex, dan Exort) dapat di-stack sebanyak tiga buah dan dapat dikombinasikan menjadi sembilan skill yang berbeda-beda!

Inilah list dan penjelasan singkat skillnya (Patch 7.32c):

Build Item dan Skill Invoker Dota 2Q-Q-Q = Cold Snap.  Memberikan efek freeze dan magical damage setiap terkena serangan.

 

Build Item dan Skill Invoker Dota 2Q-Q-W = Ghost Walk.  Membuat Invoker Invisible, meningkatkan movement speed Invoker, dan mengurangi movement speed musuh di sekitarnya.

 

Build Item dan Skill Invoker Dota 2Q-Q-E = Ice Wall.  Membuat dinding es di depan Invoker.  Mengurangi movement speed musuh yang melintas di atasnya dan memberikan magical damage.

 

Build Item dan Skill Invoker Dota 2W-W-Q = Tornado.  Memberikan efek Tornado (Seperti Eul’s Scepter) kepada musuh yang berada di jalurnya dan juga memberikan magical damage.

 

Build Item dan Skill Invoker Dota 2W-W-W = E.M.P.  Meledakkan energi dalam bentuk Area of Effect.  Membakar sejumlah mana musuh dan memberikan magic damage sebesar 60% mana yang terbakar.

 

Build Item dan Skill Invoker Dota 2W-W-E = Alacrity.  Memberikan buff kepada target allied unit berupa bonus attack speed dan damage.

 

Build Item dan Skill Invoker Dota 2E-E-Q = Forge Spirit.  Memunculkan dua unit ranged attack yang dapat kamu kendalikan.

 

Build Item dan Skill Invoker Dota 2E-E-W = Chaos Meteor.  Memunculkan meteor dari langit, memberikan magical damage berupa efek burn dan bersifat damage over time.

 

Build Item dan Skill Invoker Dota 2E-E-E = Sun Strike.  Memunculkan serangan tiba-tiba dari langit, berbentuk area of effect, dan memberikan pure damage.

 

Build Item dan Skill Invoker Dota 2Q-W-E = Deafening Blast.  Memunculkan sonic wave bertipe magical damage.  Memberikan efek knockback dan juga disarm.

 

Aghanim Shard: Menambahkan dua extra Chaos Meteor di sisi kanan dan kiri, mengurangi cooldown Skill Chaos Meteor.

 

Aghanim Specter: Cataclysm.  Jika menekan Sun Strike dua kali, maka akan memunculkan beberapa Sun Strike sekaligus di atas atau sekitar musuh.

 

Build Skill dan Item Invoker Dota 2

Build Item dan Skill Invoker Dota 2
Fan Art Invoker. Sumber: teahub.io

Setelah mengetahui dasar dari Invoker, saatnya kita masuk ke Build Skill dan Itemnya.  Build yang penulis buat adalah hasil pengalaman pribadi dan riset dari hasil 13 pertandingan The International (TI) 11 Last Chance Qualifier kemarin.

Selain itu, semua rekomendasi build di bawah ini menggunakan Patch terbaru saat ini, Patch 7.32c.  Rekomendasi build bisa berubah sewaktu-waktu jika terdapat update lainnya.

Langsung saja penulis mulai dari Build Skill terlebih dahulu.

Build Skill Invoker Dota 2

Build Item dan Skill Invoker Dota 2
Skin Invoker: Arsenal Magus.

Pemilihan skill menjadi sangat penting bagi Invoker.  Kombinasi skill yang sering terjadi adalah Wex-Quas atau Exort-Quas.

Quas menjadi penting karena dapat menambahkan HP Regeneration.  Harapannya adalah dengan Quas, Invoker hanya perlu fokus membeli item Mana Regeneration (Clarity atau Enchanted Mango).

Sebagian besar pro player di The International (TI) 11, kombinasi Wex-Quas sangat populer. Singkatnya, Wex dapat memberikan bonus movement speed dan attack speed.  Cocok untuk seorang midlaner.

Jika ditinjau lebih jauh, kombinasi Wex-Quas menghasilkan skill untuk survive atau kabur dari gank musuh. Cocok bagi kamu yang suka bermain santai dan mengutamakan survivability.

Contohnya seperti Skill Ghost Walk yang memberikan buff Invisible seperti Item Shadow Blade.  Atau Skill Tornado dan Cold Snap yang menghambat gerakan musuh.

Build Item dan Skill Invoker Dota 2
Build Skill Wex-Exort Invoker Early Game. Sumber: VCGamers.

Combo Exort-Quas lebih berfokus pada farming dan memberikan damage yang besar.  Meski kesulitan melakukan denied atau last hit karena terlalu lamban, tapi dengan Exort, kamu bisa memberikan damage yang besar.

Dari segi skill, combo Exort-Quas cocok bagi kamu yang suka bermain agresif.  Contohnya Sun Strikes yang dapat kamu gunakan di mana saja atau membantu gank musuh dengan Ice Wall dan Alacrity.

Tips bagi para pemain Invoker adalah selalu fokus dengan pasangan skill yang dipilih.  Jika salah satu skill hampir mencapai maksimal, baru naikkan skill lainnya.

Jika tidak fokus, menaikkan ketiga skill secara bersamaan (Quas, Wex, dan Exort) menghasilkan skill yang terasa “nanggung”.

Build Item Invoker Dota 2

Untuk memudahkan pembagian item, penulis membagi sebuah game berdasarkan waktu menjadi tiga: Early, Mid, dan Late Game.

Baca Juga: 5 Hero Carry Terbaik Di Patch 7.23c DOTA 2

Early Game (0-15 Menit)

Build Item dan Skill Invoker Dota 2
Build Item Invoker Early Game. Sumber: VCGamers.

Sebagaimana early game, yang kamu perlukan adalah beberapa item standard (Tango, Circlet, Faerie Fire, Mantle of Intelligence, hingga Iron Branch).  Beberapa di antaranya ada yang menambahkan Clarity di menit-menit awal.

Setidaknya, ada tiga items yang perlu kamu buat saat early game: Null Talisman, Boots, Urn of Shadow, dan Hand of Midas

Null Talisman adalah satu item yang bisa kamu buat untuk Invoker.  Ia dapat memberikan tambahan Max. Mana, Mana Regeneration, dan juga attack damage bagi Invoker.  Jika kamu mau membuat dua buah, tidak masalah.  Item ini bagaikan snowball, karena saat menit ke-25, buffnya bertambah dua kali lipat.

Boots.  Beberapa pro player, khususnya yang bermain Exort-Quas, membeli Boots di early game.  Tujuannya untuk mendapatkan mobilitas yang tinggi di awal permainan.  Tapi jika kamu memiliki gold yang lebih, kamu bisa membelinya di awal.

Urn of Shadow-Spirit Vessel mungkin juga cocok bagi kamu yang melawan hero sulit seperti Kunkka, Lina, dan Zeus.  Selain memberikan tambahan status, Invoker bisa memberikan Damage over Time kepada musuh.

Terakhir adalah Hand of Midas.  Sebagai Midlaner yang perlu banyak kebutuhan, Hand of Midas menjadi pilihan semua pro player.  Dengan Hand of Midas, kamu juga bisa lebih cepat membeli beberapa barang mid-late game.

Untuk tiga Neutral Items yang populer bagi pemain Invoker adalah Arcane Ring, Fairy’s Trinket, atau Occult Bracelet.  Arcane Ring dan Occult Bracelet dapat memberikan tambahan Mana Pool.

Sedangkan Fairy’s Trinket bertujuan untuk mengurangi jumlah mana yang dikeluarkan dan cooldown skill.  Dengan begitu, efek Neutral Items ini kurang lebih akan sama untuk Invoker.

Mid Game (15-30 Menit)

Build Item dan Skill Invoker Dota 2
Build Item dan Skill Invoker Mid Game. Sumber: VCGamers.

Untuk Mid Game, item selanjutnya yang populer adalah Black King Bar, Boots of Travel, Blink Dagger, Witch Blade, dan Aghanim’s Shard.

Ya, terlihat agak banyak.  Usahakan untuk selalu survive di setiap war dan gunakan Hand of Midas agar target item tersebut tercapai.

Black King Bar adalah item yang sangat cocok jika lawan yang kamu hadapi bertipe magical attack, seperti Lina, Luna, dan Zeus.  Kamu bisa mengaktifkannya saat masuk ke dalam war, memastikan kamu tidak terganggu oleh skills musuh.

Karena mid-game sudah mulai sering terjadi war, Invoker perlu membuat Boots of Travel untuk bisa mem-backup jika kamu tertinggal.  Ingat, apapun combo skills yang kamu pilih akan sangat berguna bagi team fight.

Blink Dagger di sini bertujuan agar kamu bisa mengambil inisiasi dengan skill kamu.  Kamu bisa barengi dengan skill Tornado, Cold Snap, atau Ice Wall agar musuh tidak pergi kemana-mana.

 

Witch Blade. This is your damage dealer item.  Banyak sekali buff yang diberikan oleh Witch Blade.  Ia bisa memberikan poison, slow, damage sesuai jumlah Intelligence kamu. Dan, yang terpenting dari item ini adalah serangan yang kamu berikan bersifat true strike (no miss)!

Aghanim’s Shard termasuk opsional yang tidak memakan slot item kamu.  Dengan tambahan Shard, Invoker bisa mengeluarkan tiga Chaos Meteor.  Berpotensi memberikan damage yang besar.

 

Neutral Items favorit para pro player Invoker dibagi menjadi dua, yaitu Tier-2 dan Tier-3.

Untuk Tier-2, mereka memilih Grove Bow atau Pupil’s Gift.

Grove Bow memberikan tambahan Attack Speed, Range Attack, dan mengurangi magic resistance musuh.   Sedangkan Pupil’s Gift bagi Invoker dapat menambahkan status Strength (300 HP dan 1,35 HP Regen) dan Agility (15 Attack Speed dan 2,4 Armor).

Untuk Tier-3, Neutral Items yang populer ada banyak dengan fungsi yang berbeda-beda.  Tapi yang paling banyak dipilih adalah Psychic Headband (+Cast Range & Intelligence), Enchanted Quiver (+200 magical damage & range attack), dan Quickening Charm (pengurangan cooldown).

Late Game (+30 Menit-End)

Build Item dan Skill Invoker Dota 2
Contoh Build Item dan Skill Invoker Late Game. Sumber: VCGamers.

Jika pertandingan kamu agak sulit dan memakan waktu yang lama, kamu bisa membuat beberapa items tergantung dari musuh kamu.

Build Item dan Skill Invoker Dota 2Shiva’s Guard menjadi salah satu Item yang bisa kamu pilih untuk Invoker.  Skill aktifnya dapat memberikan magical damage, slow, dan passive -45 attack speed dan -25% health regeneration musuh.  Cocok untuk melawan musuh berdarah tebal atau menggunakan Heart of Tarrasque.

Build Item dan Skill Invoker Dota 2Scythe of Vyse adalah item disabler yang sangat bagus.  Jika kamu berhadapan dengan Ember Spirit, Slark, Shadow Fiend, atau heroes damage dealer, ini akan sangat membantu.  Just “HEX”, and your opponent become a pig!

Untuk memaksimalkan skill kamu, Octarine Core bisa kamu pertimbangkan.  Dengan item ini, seluruh cooldown (skill dan item) kamu berkurang 25%.  Juga, efek dari Aether Lens juga masih tetap hadir (+cast range).

Aghanim’s Specter juga cocok untuk late game.  Dengannya, kamu bisa mengeluarkan Cataclysm, Sun Strike dalam jumlah banyak.  Jumlah damage per-Sun Strike yang diberikan juga sesuai dengan biasanya.  Jika terlalu penuh, kamu bisa membeli resep Aghanim’s Blessing atau mendapatkannya setelah mengalahkan Roshan tiga-empat kali.

Terakhir adalah Ethereal Blade.  Musuh yang terkena item ini akan mendapatkan efek slow dan memberikan extra magic damage berlipat.  Ini sangat menguntungkan Invoker karena tujuh skills yang dimiliknya bersifat Magical Damage.  Jika kamu buat combo Ethereal Blade-Tornado-Meteor-Deafening Blast, musuh langsung mati!.

Terdapat dua tier Neutral Item yang bisa kamu dapatkan selama late-game, yaitu Tier 4 dan Tier 5.

Untuk Tier 4, Neutral Item yang disukai oleh pro player seperti Nisha Team Secret adalah Spell Prism (Cooldown reduction), Witchbane (menghilangkan debuff), dan Timeless Relic (tambahan spell damage).

Sedangkan untuk Tier 5, karena tidak ada pertandingan di The International (TI) 11 yang melebihi 60 menit menggunakan Invoker, jadi ini adalah rekomendasi penulis: Apex (+70 primary attribute) dan Mirror Shield (passive Echo Shield setiap 8 detik).

Itulah build skill dan item Invoker Dota 2 yang bisa penulis berikan kepada kamu.  Jika kamu suka ataupun ada perbedaan pendapat, silakan tulis di kolom komentar yaa.

Selamat Bermain~

Penuhi kebutuhan Steam Wallet dan Battle Pass kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!