5 Brand Prosesor Terbaik Sepanjang Masa

Lima rekomendasi brand prosesor terbaik sepanjang masa ini cocok menjadi standar industri SoC modern terkini.
Brand Prosesor Terbaik Sepanjang Massa Pexels Waterhouse
Ilustrasi Processor. Sumber: Pexels

5 Brand Prosesor Terbaik Sepanjang Masa

Jika sebelumnya kita sudah membahas rekomendasi 4 brand gaming monitor terbaik, maka sekarang giliran rekomendasi brand prosesor terbaik sepanjang masa!

Sejak dahulu, kompetisi di bidang sistem on chip (SoC), khususnya prosesor, memang tidak banyak perubahan. Nah buat Vicigers yang penasaran apa saja brand-brand terbaik, yuk simak ulasannya.

Baca juga: 5 Daftar Mouse Gaming Wireless Murah Terbaik 2024!

Rekomendasi Brand Prosesor Terbaik Sepanjang Masa

Sebelum memulai bahasan, ada baiknya kita akan disclaimer dulu nih, bahwa untuk bisa menginaugurasi gelar terbaik pada berbagai brand ini didasarkan pada beberapa pertimbangan. Beberapa diantaranya:

  • Menjadi yang terdepan: Brand prosesor ini harus mampu menginovasikan line-up produk termutakhir di kelasnya, sekaligus menjadi standar industri hingga bahkan beberapa dekade ke depan.
  • Signifikikasi Produk: Berbagai produk digunakan di berbagai lini, dan bahkan diadaptasi oleh manufaktur prosesor lainnya.

Didasarkan pada dua indikator tersebut, maka akan dipilih lima brand terbaik yang layak banget diberi gelar terbaik sepanjang masa. Maka nantinya brand yang disebutkan tidak hanya sebatas desktop saja.

Akan ada juga brand yang fokus ke jenis perangkat lainnya, termasuk mobile, dan bahkan komputer quantum! Ini tentu karena di era teknologi seperti saat ini, sebagian besar perangkat pastinya memiliki prosesor dong.

Maka akan sangat tidak adil jika gelar terbaik sepanjang masa hanya terbatas untuk prosesor dekstop saja. So, berikut adalah bahasan detailnya:

Intel

Intel
Intel. Sumber: Official Site

Nama besar Intel sudah tidak perlu diragukan lagi. Didirikan sejak tahun 1968, brand ini sudah benar-benar melekat erat di hati pengguna setup desktop rumahan.

Yap, sepak terjang yang hampir 6 dekade lamanya tersebut menjadi sebuah portofolio panjang kesuksesan mereka. Salah satu flagship mereka saat ini adalah prosesor generasi ke-14 yang dikenal dengan Meteor Lake.

Advanced Micro Devices (AMD)

AMD
AMD. Sumber: Official Site

Di entry selanjutnya, ada prosesor rumahan “pesaing” Intel: Advanced Micro Devices atau yang disingkat AMD. Sebagai sesama pabrikan asal Amerika, keduanya menguasai pangsa pasar dapur pacu desktop rumahan.

Hanya berbeda setahun dengan sang pesaing, brand yang didirikan tahun 1969 ini sering kali menjadi alternatif bagi mereka yang ‘tidak sejalan’ dengan Intel. Flagship mereka hadir melalui line-up AMD Ryzen 9000 Series.

arm

arm
arm. Sumber: Official Site

Untuk entry ketiga, tersebutlah sebuah brand prosesor yang tidak begitu banyak dikenal, namun produknya bisa jadi Vicigers pegang setiap hari! Siapa lagi kalau bukan “arm”, pencetus arsitektur mikroprosesor Cortex!

Produknya sendiri banyak digunakan sebagai prosesor perangkat smartphone Android, seperti Google, Samsung, Xiaomi, dll. Untuk flagship mereka dikukuhkan melalui line-up Cortex-X generasi kelima.

Apple

Apple
Apple. Sumber: Official Site

Sudah tidak dapat diragukan lagi, Apple merupakan salah satu brand teknologi paling mandiri dewasa ini.

Menjual nuansa premium, tidak heran jika kebutuhan prosesornya-pun sampai mereka produksi sendiri.

Mulai dari perangkat desktop (prosesor M-Chip) hingga mobile (Apple Silicon), semuanya merupakan hasil rekayasa departemen research and development (R&D) mereka tanpa bantuan manufaktur luar!

IBM

IBM
IBM. Sumber: Official Site

Dan di tempat terakhir yakin deh enggak banyak Vicigers di sini yang memiliki akses ke produk prosesor mereka: IBM! Pasalnya, brand ini merilis line-up laptop terakhir mereka (ThinkPad Series) di tahun 2005.

Saat ini fokus IBM berada pada pangsa pasar komputer yang jauh lebih tinggi, yakni pada level quantum (penggunaan militer dan industri). Salah satu prosesor flagship mereka di ranah ini adalah IBM Heron.

Baca juga: Rekomendasi Laptop 4K untuk Semua Kebutuhanmu

Pastikan, buat kamu yang mau top up game murah dan cepat, langsung saja ke VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!