Bisa Bikin Banyak Hal, Yuk Kenalan dengan Game Infinite Craft

Infinite Craft merupakan Game bergenre text-based terbaru yang saat ini lagi banyak digandrungi para gamers dan konten kreator.
Infinite Craft
Infinite Craft. Sumber: Official Site

Game text-based yang satu ini sedang sangat ramai dibicarakan: Infinite Craft! Seiring perkembangan teknologi gaming, sudah jarang ada game bergenre seperti ini yang bisa mencuri perhatian banyak orang.

Yap, tentu ini tidak terlepas dari kreativitas sang pengembang yang dengan inovatifnya turut memadukan genre Sandbox yang sekarang menjadi salah satu standar industri. Nah buat yang penasaran, yuk simak ulasannya!

Baca juga: Cara Paling Cepat Untuk Membuat Peter Griffin di Infinite Craft

Perkembangan Genre Text-Based

Text-based (berbasis teks) bisa dibilang merupakan salah satu genre video game tertua sepanjang sejarah gaming manusia. Perkembangannya sendiri sudah dimulai pertama kali pada tahun 1960-an.

Pada masa-masa awal perkembangan game, kapasitas prosesing perangkat digital masih terbilang minim. Walhasil, gameplay yang fokus pada teks umum digunakan oleh banyak pengembang.

Tak ayal genre ini menjadi salah satu yang paling pertama berkembang: perkembangan teknologi di masanya baru sebatas itu. Ini juga yang akhirnya menjadi fondasi dari berbagai macam genre yang muncul setelahnya.

Namun seiring berkembangnya teknologi komputasi dan grafis, game-game dengan gameplay yang lebih diverse-pun akhirnya bermunculan. Walhasil, genre text-based ini lama kelamaan kehilangan peminatnya.

Meski begitu, bukan berarti lantas game ini juga begitu saja punah. Dengan simplisitas dan sifat puzzle yang dimilikinya, text-based tetap dapat bertahan, namun dengan jumlah pemain yang tidak semasif pada eranya.

Baca juga: Cara Membuat Internet di Infinite Craft dengan Mudah

Game Infinite Craft Sebagai Salah Satu Text-Based

Meski saat ini genre text-based bersifat niche (disukai kalangan tertentu saja), masih terdapat beberapa diantaranya yang sempat meramaikan jagat gaming dunia.

Sebagian besar game text-based ini memiliki sub-genre adventure: memadukan unsur narasi story telling di dalamnya dan memberikan pemain nuansa simulasi laiknya board game dungeon and dragons (D&D).

Beberapa yang cukup santer seperti Device 6, A Dark Room, Lifeline, dan yang paling terbaru, Suzerain. Namun game-game ini terbilang berbeda dengan text-based yang diusung Infinite Craft.

Genre text-based dengan judul-judul seperti Little Alchemy dan Doodle God-lah yang lebih banyak menginspirasi Infinite Craft. Uniknya, hanya diperlukan satu orang untuk mengembangkan game ini!

Yap, ia adalah Neal Agarwal, seorang pengembang game asal Amerika Serikat yang kerap merilis judul-judul indie buatannya pada laman website pribadi.

Sejauh ini, ia sendiri hanya membuat game untuk keperluan portofolio saja. Namun seiring dengan keberhasilan game ini, namanya mulai dipertimbangkan dan masuk ke dalam panggung gaming dunia!

Neal Agarwal: pengembang, publisher, sekaligus director dari game ini.
Neal Agarwal: Pengembang, publisher, sekaligus director dari game ini. Sumber: Official Site
Baca juga: Cara Membuat Eve di Infinite Craft

Lantas Infinite Craft Seperti Apa?

Nah sekarang kita masuk ke pembahasan utama dari artikel ini yakni mengenai game Infinite Craft. Sebagai game bergenre text-based, ia tidaklah ‘polos-polos amat’ – terdapat sedikit ‘twist’ yang juga turut disertakan.

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, Infinite Craft turut menyertakan keberadaan genre Sandbox di dalamnya. Sebenarnya unsur inilah yang lebih berkontribusi membuatnya begitu populer.

Ini tidak terlepas dengan inovasi sang developer yang turut mengaplikasikan keberadaan kecerdasan buatan (artificial intelligence – AI) sebagai penunjang genre Sandbox-nya!

Gameplay dari Infinite Craft sendiri terbilang sederhana. Pemain nantinya diberikan kesempatan untuk menggabungkan berbagai elemen yang tersedia.

Tampilan awal Infinite Craft
Tampilan awal Infinite Craft. Sumber: Official Site

Elemen-elemen ini hadir dalam bentuk rangkaian kata ataupun frasa, yang juga disertai dengan ikon yang menyimbolkannya.

Nah, pemain nantinya diberikan kesempatan untuk mengekplorasi apa saja yang bisa mereka hasilkan dari pengombinasian berbagai elemen tersebut. Dan dengan bantuan AI, jumlah elemen-nya menjadi tak terbatas!

So buat Vicigers yang doyan game simple dan eksploratif, harus banget main game yang satu ini! Selain berbasis web, Infinite Craft sekarang juga tersedia untuk platform Android dan iOS!

Seiring permainan, akan ada banyak elemen yang terbuka.
Seiring permainan, akan ada banyak elemen yang terbuka.. Sumber: Official Site
Baca juga: Cara Membuat Komputer di Infinite Craft dengan Mudah

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai game Infinite Craft. Pastikan untuk urusan top-up gaming, VCGamers Marketplace tempat terbaik!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!