Biodata dan Prestasi Sang El Profesor, EVOS Luminaire!

EVOS Luminaire

Mobile Legends kini memiliki perkembangan esports yang pesat, khususnya di Indonesia. Banyak pemain pro Indonesia yang berprestasi, salah satunya adalah Ihsan Besari Kusudana dengan nickname Luminaire.

Kali ini, VCGamers akan membahas lengkap biodata, perjalanan karir, prestasi, hingga fakta unik pemain profesional yang bermain untuk EVOS Legends yakni EVOS Luminaire.

Selama menjadi pemain pro Mobile Legends, ia telah bermain untuk The Prime, EVOS Icon, dan EVOS Legends. Prestasi yang ia raih juga tidak sedikit. Maka dari itu, tentunya penggiat esports Mobile Legends mengetahui nama Luminaire.

Namun, banyak yang mencari tentang biodata lengkap pro player tersebut. Bagi Vicigers yang penasaran tentang biodata EVOS Luminaire, yuk simak pembahasannya di bawah ini! VCGamers telah merangkum biodata lengkap dari berbagai sumber.

Baca Juga: LJ dan Antimage Keluar dari EVOS? Ini Penjelasannya!

Biodata EVOS Luminaire

EVOS Luminaire
EVOS Luminaire. Source: SPIN Esports

Ihsan Besari Kusudana, kerap dipanggil Ihsan, lahir tanggal 10 Februari tahun 2000. Ia adalah salah satu pemain profesional Mobile Legends yang masih muda, yakni masih berumur 22 tahun.

Ihsan memiliki nickname untuk scene profesional Mobile Legends yakni Luminaire. Nickname tersebut tentunya sangat terkenal dalam komunitas esports Mobile Legends. Ia bermain untuk EVOS sebagai Mid Laner atau Roamer, dengan hero favotir yakni Selena, Pharsa, dan Yve dilansir dari halaman Liquipedia.net.

Berikut adalah biodata Ihsan Besari Kusudana atau EVOS Luminaire, lengkap dengan media sosialnya:

  • Nama panjang: Ihsan Besari Kusudana
  • Nama panggilan: Ihsan / Luminaire
  • Nickname: Luminaire / EVOS Luminaire
  • Tanggal lahir: 10 Februari, 2000
  • Umur: 22 tahun
  • Instagram: @ihsanbesarik
  • TikTok: @ihsanbesarik_
  • YouTube: Ihsan Luminaire 

Media sosial Ihsan cukup terkenal. Instagaramnya memiliki lebih dari 605 ribu followers dan juga ia telah memiliki centang biru yang berarti akun Instagram tersebut telah verified. Selain itu, TikToknya juga memiliki cukup banyak followers, lebih dari 103 ribu followers meskipun hanya posting tentang meme atau bercandaan saja. Channel YouTubenya juga memiliki subscribers yang banyak, yakni lebih dari 700 ribu subscribers.

Setelah mengenal lebih dekat mengenai Ihsan atau Luminaire, yuk simak perjalanan karirnya sebagai atlet esports Mobile Legends di bawah ini!

Baca Juga: Lengkap! Ini Profil dan Biodata Una TikTok

Perjalanan Karir dan Prestasi

The Prime

The Prime
The Prime. Source: YODU

Ihsan sering bermain game sejak SMP, dari game Point Blank hingga Lost Saga. Jiwa kompetitifnya telah lahir semenjak SMP, sehingga saat memasuki bangku SMA, ia telah bermain Mobile Legends dan mengikuti berbagai turnamen.

Ihsan Besari mengawali karirnya sebagai pemain profesional Mobile Legends dengan bermain untuk tim The Prime. Ia berhasil membawa timnya untuk bermain dalam turnamen Mobile Legends bergengsi di Indonesia yakni MPL Indonesia Season 3 pada tahun 2019.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Meskipun belum berhasil lolos dari group stage, ia dan timnya berhasil membawa hadiah sebesar $4,900 USD atau sekitar Rp. 73 juta. Kemampuannya dalam bermain Mobile Legends menjadi salah satu faktor EVOS Legends merekrutnya setelah bermain untuk The Prime.

EVOS Legends dan EVOS Icon

EVOS MPL Indonesia Season 7
EVOS MPL Indonesia Season 7. Source: HiTekno

Kemampuannya sebagai pemain profesional Mobile Legends terbukti saat ia bermain untuk EVOS pada tahun 2019. Ihsan dan tim barunya, EVOS Legends, berhasil menjuarai MPL Indonesia Season 4 dan mendapatkan julukan El Profesor berkat keahliannya.

Dalam tahun yang sama, EVOS Legends kembali menjuarai turnamen paling bergengsi dalam ranah esports Mobile Legends yakni M1 World Championship. Turnamen tersebut adalah salah satu turnamen paling bergengsi karena tim peserta yang mengikuti turnamen tersebut berasal dari berbagai negara. Jadi, M1 World Championship adalah turnamen Mobile Legends dengan skala internasional.

Pada tahun 2021, Luminaire dan EVOS Legends kembali menjuarai MPL Indonesia Season 7. Setelah turnamen tersebut, Luminaire sempat menjadi pro player yang bermain untuk EVOS Icon. Dengan EVOS Icon, ia berhasil mendapatkan juara 2 dalam turnamen MDL Indonesia Season 4.

Prestasi terbaru yang ia raih adalah Asian Games ke-31 tahun 2022 ini. Pada bulan Mei, ia membawa nama Indonesia dalam SEA Games dan mendapatkan juara 2 untuk cabang olahraga Mobile Legends.

Membawa nama Indonesia dalam turnamen sebesar SEA Games adalah salah satu pencapaian besar untuk seorang atlet. Kemampuan Luminaire dan timnya dalam esports Mobile Legends terbukti dapat membawa Indonesia meraih medali perak untuk turnamen SEA Games atau Southeast Asian Games 2022.

Baca Juga: Biodata Lengkap RRQ Skylar, Pro Player Mobile Legends

Fakta Unik EVOS Luminaire

EVOS Luminaire
EVOS Luminaire. Source: ONE Esports

Selama berkarir menjadi atlet esports Mobile Legends, ia sempat rehat karena satu dan dua hal saat MPL Indonesia Season 6. Maka dari itu, performa EVOS cukup menurun saat berlaga tanpa Luminaire. Setelah bergabung kembali dengan EVOS pada MPL Indonesia Season 7, EVOS Legends langsung menjuarai turnamen tersebut.

Vicigers mungkin bertanya-tanya mengenai arti nickname dari Luminaire. Dilansir dari GGWP, Ihsan mengutarakan arti dari nama Luminaire tersebut saat interview dengan media partner saat berlangsungnya MPL Indonesia Season 7. Ia berkata bahwa tidak ada arti dari nickname tersebut. Ihsan menambahkan bahwa nickname dalam game Mobile Legendsnya sering berganti, karena ia tidak memiliki nickname yang tetap.

Demikian biodata, prestasi, dan fakta unik mengenai EVOS Luminaire. Untuk keperluan top up Diamond Mobile Legends, yuk kunjungi VC Market by VCGamers! Banyak promo dan cash back yang tersedia!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID