Cara Melindungi Informasi Pribadi Saat Bermain Game Online

Keamanan harus benar-benar menjadi prioritas saat menjelajah online atau menggunakan internet, jadi sangat disarankan agar kamu memberikan perlindungan terbaik untuk diri sendiri saat bermain game online.

Bermain game online telah sangat populer dalam beberapa tahun terakhir, karena internet dan teknologi memungkinkan banyak pemain dari berbagai belahan dunia untuk memainkan berbagai video game online seolah-olah mereka hanya tinggal di rumah yang sama atau lingkungan yang sama.

Meskipun game online saat ini cukup nyaman dan tidak merepotkan dibandingkan sebelumnya, masih ada beberapa kelemahan yang belum diperbaiki atau diperbaiki. Salah satu kelemahannya adalah keamanan, karena banyak pemain seringkali akun mereka diretas atau disusupi.

Cara Melindungi Informasi Pribadi Ketika Bermain Game Online

Ada cara yang sangat efektif bagi kamu untuk melindungi akun dan informasi pribadi sendiri, dan berbagai cara ini cukup mudah diikuti dan dilakukan jika ingin mengakses semua jenis platform game online. Berikut adalah cara untuk melindungi informasi saat bermain game online.

Hanya Buat Akun di Game dan Server Terpercaya

bermain game online
Game PC

Tips penting yang harus kamu ikuti untuk perlindungan data pribadi adalah hanya membuat akun di game dan server terpercaya. Ada game online tertentu yang bisa sangat samar, dan game ini biasanya tidak memiliki protokol keamanan yang kuat untuk melindungi akun dan informasi pribadi pemain mereka.

Jadi, agar kamu aman online, sebaiknya hanya membuat akun di game terpercaya yang memiliki server yang memberikan perlindungan terbaik bagi pemain.

Untungnya, kamu dapat dengan mudah mengetahui game mana yang memiliki perlindungan informasi pribadi yang hebat dengan mencari di forum dan ulasan yang akan memberitahu kamu tentang keamanan game tersebut.

Jadi, sebelum membuat akun pada game tertentu, pastikan itu benar-benar game yang sangat aman untuk dimainkan dengan membaca ulasan atau opini di forum.

Gunakan Kata Sandi yang Lebih Kuat

bermain game online
Game FPS

Cara yang sangat mudah untuk melindungi akun dan informasi pribadi saat bermain game online adalah dengan menggunakan kata sandi yang lebih kuat, yang seringkali terdiri dari angka, huruf besar, dan simbol.

Percaya atau tidak, banyak pemain online menggunakan kata sandi yang lemah, itulah sebabnya banyak dari mereka rentan terhadap peretasan.

Jadi, kamu tidak boleh benar-benar melakukan kesalahan yang sama dan hanya membuat kata sandi yang lebih kuat untuk akun yang kamu gunakan untuk bermain game online.

Jika memungkinkan, kamu juga harus membuat kata sandi lebih panjang sehingga lebih sulit untuk diketahui. Namun, jika kamu adalah orang yang sering lupa kata sandi, maka setidaknya kamu harus menuliskan kata sandi di buku catatan yang bisa kamu simpan di laci atau brankas.

Selalu Baca Kebijakan Privasi

bermain game online
Game Online

Setiap kali kami membuat akun di situs web, kamu sering melewatkan membaca syarat dan ketentuan, serta kebijakan privasi, dan hanya mencentang kotak di bagian bawah.

Namun, agar mengetahui seberapa aman video game atau situs web game, kamu harus membaca kebijakan privasi, yang akan berisi semua yang perlu kamu ketahui tentang data dan informasi yang mereka kumpulkan di akun.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Selain apa yang mereka kumpulkan, kebijakan privasi juga akan memberitahu apa yang mereka lakukan dengan informasi pribadi yang mereka kumpulkan.

Jadi, jika mereka merencanakan sesuatu yang jahat, kamu sudah tahu melalui kebijakan privasi, karena situs web atau pengembang berkewajiban untuk memberi tahu semua yang akan mereka lakukan tentang informasi pribadi pemain mereka.

Pastikan untuk selalu membaca kebijakan privasi sebelum membuat akun untuk memastikan bahwa informasi pribadi kamu aman dan tidak akan digunakan untuk hal yang mencurigakan.

Perbarui Perangkat Lunak Anti-Malware

bermain game online
Metro Exodus Enhanced PC Game

Jika kamu bermain game online atau game Esports di PC atau laptop, kamu harus sering memperbarui perangkat lunak anti-malware agar tidak ada virus atau malware yang dapat menginfeksi komputer dan mencuri informasi pribadi, termasuk nama pengguna akun dan kata sandi.

Kamu seharusnya tidak hanya mempercayai perlindungan virus bawaan komputer, karena itu tidak akan cukup untuk melindungi perangkat dari malware yang lebih kuat. Jadi, penting untuk membeli perangkat lunak anti-malware terbaik di pasaran untuk memberikan perlindungan terbaik bagi PC.

Ada lusinan merek dan model untuk perangkat lunak anti-malware di pasaran, tetapi kamu harus memilih yang cocok untuk game online dan untuk menjaga keamanan akun dan informasi pribadi. Kamu dapat memeriksa ulasan berbagai program perlindungan virus untuk melihat mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca juga: Apa itu Joki Game Online? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Gunakan Perangkat Lunak Anti Pelacakan

bermain game online
Game Online

Selain perangkat lunak anti-malware, PC atau laptop gaming juga harus dilengkapi dengan perangkat lunak anti-pelacakan, yang memungkinkan perangkat memblokir cookie, ekstensi, dan hal-hal lain yang sering menempel pada browser web atau program dan melacak data.

Ada berbagai program anti-pelacakan yang bisa kamu dapatkan secara online, tetapi program terbaik adalah program yang memungkinkan untuk menyesuaikan ekstensi atau pelacak mana yang akan diblokir.

Karena beberapa ekstensi masih penting dalam menawarkan kamu pengalaman menjelajah internet atau penggunaan yang lebih lancar dan lebih cepat. program-program tertentu.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa game Esports dan situs web game tidak mengizinkan VPN dan sering kali memblokir atau menangguhkan akun yang menggunakannya.

Jadi, akan selalu lebih baik untuk membaca syarat dan ketentuan game video atau situs web gim untuk memastikan bahwa penggunaan VPN aman dan memungkinkan. Kemudian, kamu harus memilih penyedia VPN yang memiliki ulasan bagus secara online dari pengulas terpercaya.

Ini adalah enam cara paling sederhana yang dapat kamu lakukan untuk melindungi informasi dan akun pribadi setiap kali bermain game online.

Baca juga: 5 Game Online Gratis Terbaik di Tahun 2022

Keamanan harus benar-benar menjadi prioritas saat menjelajah online atau menggunakan internet, jadi sangat disarankan agar kamu memberikan perlindungan terbaik kepada diri sendiri agar akun online tidak diretas dan informasi pribadi akan tetap aman dan tersembunyi.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID