Beradu Strategi Perang dalam DomiNations

DomiNations adalah game lain besutan pengembang game Rise of Nations untuk platform Android. Dalam Rise of Nations, pemain terjun dalam salah satu pilihan tujuh bangsa mulai era batu sampai masa eksplorasi luar angkasa. Begitupun game DomiNations ini, pemain bisa memilih dari berbagai negara yang disediakan tentu dengan berbagai keunggulannya sendiri-sendiri.

Dalam game ini pemain bermain sebagaimana game Clash of Clans, berperang melawan pemain lain dimana ada strategi jitu yang bisa diterapkan. Game didahului adanya tutorial. Pemain diajari cara mengembangkan kemudian mengatur kota. Ada sejumlah kelompok bangunan misalnya Army, Economy, Defense, hingga Wonder. Pemain bisa meng-upgrade status bangsa misalnya dalam Age of Empires dan Rise of Nations, diawali dengan Stone Age sampai Space Age. Tiap kali meningkat ke masa yang lebih maju maka otomatis terbuka bangunan serta berbagai fitur baru.

Ekonomi merupakan aspek utama. Dalam kelompok bangunan Economy pemain bisa menjumpai banyak model bangunan demi menaikkan sumber daya bangsa. Ada 3 sumber daya penting dalam DomiNations itu ialah gold, food, serta citizen. Gold dan food difungsikan untuk material membangun, upgrade hingga menyusun tentara. Sementara citizen cukup penting untuk tenaga kerja. Nyaris seluruh aktifitas dalam game ini memanfaatkan pekerja. Ada juga sumber daya pelengkap, itu ialah crown. Crown tersebut cukup langka dan cuma dapat diperoleh dengan menuntaskan misi maupun dengan membeli IAP. Crown bisa dipakai dalam menuntaskan berbagai hal dengan cepat. Tiap kali pemain membuat atau menyelesaikan sesuatu kadang perlu waktu lama. Citizen memiliki jumlah sedikit, dengan begitu adakalanya pemain tak mendapati hal yang dapat diselesaikan sebab segalanya sibuk. Pemain dapat memanfaatkan crown supaya pekerjaan cepat tuntas.

Beruntung ada mode plunder yaitu menyerang pemain lain dalam hal ini komputer AI. Menyusun pasukan cuma 5 menit sudah bisa mendapatkan 20 tentara dan dapat digunakan melawan kota lain. Jika menang pemain memperoleh rampasan sumber daya yang memadai. Sementara jika gagal maka pasukan tadi akan lenyap. Memang kemampuan tentara adalah bagian dari aspek penting dalam game DomiNations. Di sini dua aspek mesti dipelajari, ialah menyerang dan bertahan.

Dalam DomiNations, bangunan yang dibuat bisa direlokasi sekehendak hati, asalkan masih ada space kosong. Berbagai bangunan tadi cuma disiapkan sedikit, sehingga pemain mesti pandai-pandai merancang supaya kota tak mudah diruntuhkan lawan. Bila pemain telah mendapatkan strategi yang tepat untuk menyerang maupun bertahan pasti bermain DomiNations adalah sesuatu yang mengasyikkan.

Ketika melakukan serbuan, pemain bisa menempatkan pasukan ke lokasi tertentu yang berbatasan dengan area musuh. Pasukan akan mengalir dan menyerang otomatis sesuai dengan pilihan. Pemain bisa memandu pasukan guna menyerang sebuah bangunan atau unit namun waktunya terbatas. Bila suatu unit yang dikontrol telah menentukan target, otomatis pasukan tersebut berkonsentrasi meski diserang sekalipun. Adakalanya hal tersebut sedikit mengganggu. Sementara untuk bertahan, penting untuk memperhatikan pasukan itu ketika melakukan manuver. Bila memperhatikan aspek itu, pemain dapat membangun pertahanan yang susah ditaklukkan. Pemain pun dapat membangun aliansi dengan pemain lain supaya makin solid.

Sebagai game mobile, grafis DomiNations lumayan bagus, khususnya gaya bangunan yang eksotis dari beragam budaya populer seluruh dunia. Namun dari sisi detil pasukan masih kurang. Detil unit pun tak begitu bagus. Sementara untuk sisi gameplay cukup seru, dimana ada beragam fitur maupun strategi yang selalu meningkat mengikuti peningkatan level dan beragam bangsa yang dapat digunakan. Berkat berbagai fitur yang masih terkunci saat memulai permainan tentu pemain akan penasaran dengan game ini dan mau menjajal berbagai fitur itu. Begitu sejumlah fitur utama terbuka, pemain pasti akan merasakan keseruan DomiNations.

Merupakan game free yang menawarkan IAP, DomiNations lumayan kerap menghadiahkan pemain crown dengan cuma-cuma. Oleh karena itu pemain dapat memanfaatkan crown dengan jumlah tertentu agar bisa meraih keuntungan. Pemain pun bisa memperoleh konten yang berkaitan dengan sejarah yang akan menambah wawasan bagi para penggemar game sejarah. Free, sarat konten sejarah, dan pertempuran yang asyik, DomiNations layak untuk diunduh dan dimainkan.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers  terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp.

 

 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Hakum

Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.