Semua Tentang Battlefield 2042 Season 4: Eleventh Hour

Battlefield 2042 Logo

Tidak terasa satu tahun lebih sudah berlalu semenjak game first-person shooter (FPS) bertajuk Battlefield 2042 ini rilis pada bulan November 2021 silam.

Seiring dengan masuknya franchise ini pada instalasi yang ke-12, tentu dapat dikatakan bahwa DICE dan EA (selaku developer dan publisher) telah begitu berhasil mengembangkan jujul ini hingga titik kesuksesan maksimal.

Maka tidak akan terasa berlebihan jika Battlefield diidentikkan sebagai salah satu legenda pada genre FPS.

Selayaknya tren game FPS kompetitif dewasa ini, Battlefield 2042 lebih memilih untuk fokus pada gameplay online multiplayer semata.

Sang developer sama sekali tidak membuka ruang akan keberadaan mode campaign singleplayer seperti pada berbagai instalasi franchise ini sebelumnya. Dengan hanya memfokuskan pada mode multiplayer, wajar bila juga ditemukan keberadaan season di dalamnya.

Sejauh ini, tiga di antaranya telah berlangsung. Dimulai dari Season 1 (S1) dengan tajuk Zero Hour (rilis Juni, 2022); dilanjutkan dengan S2: Master of Arms (Agustus 2022); dan yang saat ini sedang berlangsung, S3 – Escalation (November 2022).

Baca juga: EA akan Tutup Apex Legends Mobile, Ini Alasannya!

Tentang Battelfield 2042

Battlefield 2042
Battlefield 2042. Sumber: EA

Mengakuisisi istilah ‘2042’ sebagai angka tahun masa depan, yang dilakukan oleh sang developer tentu dapat dipahami dengan begitu jelas. Momentum rilisnya game ini kala itu bertepatan dengan munculnya hype Cyberpunk 2077.

Ini menjadikan tren gaming sangat condong pada konsep-konsep futuristik. Walhasil, instalasi ini-pun dimaksudkan untuk mengimbangi tren tersebut.

Selain itu, sudah bukan rahasia lagi bahwa franchise Battlefield merupakan rival abadi dari judul FPS andalan Activision Blizzard: Call of Duty (CoD).

Sebagai pesaing utama Activision, EA tentu merasa “geram” melihat keberhasilan CoD yang bahkan telah terlebih dahulu berhasil dalam mengusung tema-tema combat high-tech kekinian.

Sebut saja beberapa instalasi terkininya yang mampu meraih kesuksesan besar, seperti Modern Warfare (2019), Black Ops Cold War, serta sekuel Modern Warfare 2.

Maka dari itu diresmikanlah Battlefield teranyar dengan “embel-embel” 2042 dengan harapan agar mereka bisa ikut merengkuh pangsa pasar yang ada.

Baca juga: Cara Main Piala Dunia di FIFA 23, Lakukan Hal Ini!

Battlefield 2042 Season 4: Eleventh Hour

Season 4
Battlefield 2042 Season 4. Sumber: EA

Dilansir dari laman resmi EA, mereka telah merilis trailer mengenai season terbaru Battlefield 2042 yang bertajuk Eleventh Hour. Dengan ini, game tersebut nantinya akan memasuki season yang ke-4 (S4).

Untuk lebih jelasnya mengenai season Battlefield 2042 yang terbaru ini, berikut VCGamers akan menunjukkan beberapa detailnya:

Tanggal Rilis Battlefield 2042 Season IV

EA menetapkan tanggal rilis untuk S4 ini pada hari Selasa 28 Februari 2023 mendatang. Ini dapat diakses pada semua platform baik PlayStation (4 dan 5), Xbox (One, Series S, dan X), serta PC (Windows).

Senjata Tambahan

Dilansir dari laman polygon.com, ada empat weapon baru yang juga akan diperkenalkan: Super 500 Shotgun (sidearm), RM68 Assault Rifle (AR), AC9 Sub-Machine Gun (SMG), SVD Sniper Rifle, serta Type 88 & RPT-31 Light Machine Gun (LMG).

Bisa dikatakan beberapa senjata di atas merupakan senjata-senjata “legenda” yang sudah malang melintang di genre FPS selama ini. AC9 misalnya, sudah lebih sering dikenal dengan nama APC9; SVD dengan nama lain Dragunov; atau Type 88 yang sudah teramat sering dimunculkan pada berbagai instalasi Battlefield sebelumnya.

Map Baru

Battlefield 2042 Season 4 Flashpoint
Battlefield 2042 Season 4 Map Baru: Flashpoint. Sumber: EA

Juga yang baru pada season kali ini adalah map dengan tajuk Flashpoint. Setting yang diangkat mengambil lokasi di Afrika Selatan.

Belum banyak lead yang bisa didapatkan mengenai Flashpoint. Namun diperkirakan sang arena akan lebih diperuntukkan untuk combat jarak dekat (close-quarter), seiring juga akan dirilisnya close-range sidearm di atas.

Spesialis Baru: Blasco

Battlefield 2042 Season 4 New Specialist
Battlefield 2042 Season 4 New Vehicle. Sumber: EA

Season kali ini juga akan kedatangan spesialis wanita baru bernama Camila Blasco. Ia termasuk ke dalam Recon Class, dengan kemampuan infiltrasi dan serbu layaknya mata-mata. Spesialis ini bisa kalian dapatkan dengan mencapai tier 4 pada Battle Pass S4 nanti.

Kendaraan Darat Modern

Season 4 New Vehicle
Battlefield 2042 Season 4 New Vehicle. Sumber: EA

Dari trailer yang dibagikan juga terlihat adanya kendaraan darat baru. Dilansir dari IGN, disampaikan bahwa kendaraan ini akan hadir dengan sebutan CAV-Brawler, yang dapat digunakan sebagai personel carrier serta mampu memuat banyak crew.

Baca juga: Mobil Legendaris BMW Need for Speed Most Wanted

Maka itulah sedikit gambaran tentang S4 Battlefield 2042 dengan tajuk Eleventh Hour.

Baca berita Games terbaru lainnya di VCGamers News.

Jangan lupa, Top Up Games Murah, Aman dan Cepat di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!