Baru Dirilis, Fullmetal Alchemist Mobile Akan Hentikan Layanan

Fullmetal Alchemist Mobile adalah salah satu game JRPG adaptasi dari manga karya Hiromu Arakawa yang banyak diantisipasi penggemar.
Fullmetal Alchemist Mobile
Fullmetal Alchemist Mobile. Source: PlayStore

Fullmetal Alchemist Mobile adalah salah satu game JRPG adaptasi dari manga karya Hiromu Arakawa yang banyak diantisipasi penggemar.

Game asal Square Enix yang dirilis untuk smartphone ini baru saja menginjak usia satu tahun tepat pada bulan Agustus 2023 yang lalu.

Sayangnya, game ini membawa pengumuman yang cukup mengejutkan para penggemar mereka. Pasalnya, Square Enix akan menghentikan layanan mereka untuk Fullmetal Alchemist Mobile.

Kapan game ini akan dihentikan oleh pengembang? Yuk simak uraiannya dalam artikel dibawah ini sampai habis ya!

Baca juga: Gameplay Suikoden 2, JRPG Klasik Yang Masih Asik!

Gameplay Fullmetal Alchemist Mobile

Gameplay FMA Mobile
Gameplay FMA Mobile. Source: PlayStore

Sebelum masuk ke topik utama, ada baiknya kita kilas balik dengan membahas gameplay dari Fullmetal Alchemist Mobile.

Game ini mengadaptasi cerita dari komik aslinya dengan audio yang diisi oleh para pengisi suara yang mengesankan.

Sejumlah adegan yang terkenal dan ikonik juga dari Fullmetal Alchemist digambar ulang dengan 3DCG dan animasi yang baru.

Sentuhan 3DCG dalam game ini memberikan hasil produksi karakter dengan ekspresi spesial yang terasa lebih hidup.

Teknologi 3DCG di Fullmetal Alchemist Mobile
Teknologi 3DCG di FMA Mobile. Source: PlayStore

Square Enix menghadirkan lebih dari 40 karakter pilihan dari serial popular ini untuk memberikan pengalaman bermain yang seru.

Gameplay pertarungan dalam Fullmetal Alchemist Mobile mengadopsi gaya Turn-Based-Strategy dan sistem grind.

Gameplay Fullmetal Alchemist Mobile
Gameplay Turnbased Grid di FMA Mobile. Source: PlayStore

Untuk membuat permainan terasa lebih menyenangkan, karakter-karakter dalam game juga dapat meluncurkan serangan atau jurus pamungkas yang terinspirasi dari seri manganya.

Sebelum resmi meluncurkan game ini kepasaran, Square Enix juga mengunggah sebuah trailer yang memuat cuplikan khusus dari ultimate dari para karakter dalam game.

Sejak rilis di Playstore, game ini telah diunduh lebih dari 100 ribu orang dan menyabet dua penghargaan sekaligus.

Pada tahun 2022, Fullmetal Alchemist memenangkan dua Grand Prize dari Google Play yaitu dalam “Tablet Category Game Category” dan “Story Category”.

Baca juga: Triangle Strategy, Game RPG Taktis Baru Garapan Square Enix

Square Enix Akan Tutup Layanan Untuk Fullmetal Alchemist Mobile Pada Maret 2024

Square Enix Hentikan Layanan FMA Mobile
Tampilan awal game Fullmetal Alchemist Mobile. Source: PlayStore

Sempat tersiar kabar bahwa para pengembang game tengah mempersiapkan konten-konten permainan untuk ulang tahun kedua game ini.

Sayangnya, Square Enix tidak kembali dengan kabar update untuk game ini. Sebuah pengumuman mengejutkan tentang penghentian layananlah yang diberikan pada para penggemar.

Perusahaan mengumumkan bahwa Fullmetal Alchemist Mobile akan di stop sepenuhnya pada tanggal 29 Maret 2024 mendatang.

Bersamaan dengan pengumuman yang cukup mengejutkan tersebut, sebuah artikel dirilis pada website resmi game ini di Jepang pada 27 Desember lalu.

Artikel tersebut berisi pengumuman dari Takanori Shiina selaku produser game yang mewakili rekan sesama tim pengembang Fullmetal Alchemist Mobile.

Bersamaan dengan diterbitkannya artikel tersebut, pembelian Diamond, item, dan Battle Pass premium akan ditangguhkan.

Untuk Diamond yang masih tersisa di akun pemain akan tetap bisa digunakan hingga layanan game ini dihentikan secara resmi pada tahun depan.

Setelah layanan berakhir, mata uang dalam game ini akan dikembalikan dengan detail lebih lanjut akan diumumkan nantinya.

Meskipun menerima banyak ulasan positif, tim pengembang menyampaikan permintaan maaf mereka karena tidak dapat menyediakan layanan game  yang memuaskan bagi para penggemar.

Mengenai adaptasi cerita dari manga yang belum sepenuhnya bisa ditampilkan dalam game, perusahaan akan memproduksi sebuah drama suara untuk menggantinya.

Drama suara tersebut akan mulai dirilis pada platform streaming untuk para penggemar mulai dari Januari hingga Maret 2024.

Terakhir, Takanori Shiina mewakili seluruh tim kemudian menyampaikan rasa terima kasih mereka kepada para penggemar game ini.

Nah, itulah artikel tentang update terbaru dari game Fullmetal Alchemist Mobile. Bagaimana menurutmu tentang penghentian layanan ini?

Baca juga: Cara Membuat Manusia di Little Alchemy 2, Ini Kombinasinya!

Untuk kamu yang sedang mencari tempat membeli kebutuhan game kesayangan, yuk segera top up di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!