Bahayanya Bermain Gamenora Roblox

Waspadai skema berbahaya bermain dari situs browser game pihak ketiga serupa Gamenora Roblox yang dapat membuat akun Roblox kalian hilang.
Gamenora Roblox
Gamenora Roblox. Sumber: Official Site

Bahayanya Bermain Gamenora Roblox

Di antara para penikmat platform hosting game yang satu ini, nama Gamenora Roblox sudah amat santer. Yap, situs ini memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk mengakses Roblox dengan hanya bermodalkan browser!

Namun, VCGamers amat menyarankan agar lebih waspada dan tak asal sembarang main hanya karena situs ini memberikan embel-embel ‘free play’. Nah supaya enggak kena jebak skemanya, yuk simak ulasan berikut ini.

Baca juga: 

Situs Browser Game

Roblox
Roblox. Sumber: Official Site

Jika ingin membicarakan Gamenora secara detail, situs-situs seperti ini dapat diklasifikasikan sebagai layanan browser game. Sebenarnya jenis layanan seperti ini bukanlah suatu yang baru.

Pertama kali rilis di tahun 90-an, situs-situs browser game umumnya membasiskan layanan mereka secara online (memerlukan akses internet) dan fungsi peramban untuk mengaksesnya.

Namun layanan ini baru sampai di puncak kejayaannya pada tahun 1996 ketika Microsoft meluncurkan produk pertamanya yakni Internet Gaming Zone (hasil akuisisi dari situs serupa yang awalnya bernama The Village).

Siapapun dapat mengakses situs ini secara gratis, meskipun tersedia juga subskripsi berbayar untuk mendapatkan layanan penuh. Sejak saat itulah situs-situs serupa lantas bermunculan.

Kala itu, sebagian besar di antaranya merupakan naungan milik perusahaan. Namun tidak sedikit juga yang merupakan project perseorangan. Tidak heran bila judul-judul game yang tersedia-pun menjadi lebih beragam.

Mulai dari game karya developer indie, hingga produk kembangan dapur-dapur production house ternama – skema ini terus bertahan hingga sekarang dan belum lekang termakan zaman/dianggap usang.

Gamenora Sebagai Situs Browser Game

Mengakses Roblox lewat Gamenora
Mengakses Roblox lewat Gamenora. Sumber: Official Site

Dari sekian banyak situs serupa, salah satu yang menarik perhatian banyak gamers kasual adalah Gamenora. Ada cukup banyak judul dan produk game yang bisa penggunanya mainkan di sana.

Namun yang menjadikannya berbeda dari yang lain adalah skema akses miliknya yang terbilang unik. Pada umumnya, meskipun membutuhkan akses internet, situs semacam ini tetap menyediakan game-game offline.

Nah, hal yang sama tidaklah berlaku pada Gamenora. Pasalnya, situs browser game yang satu ini juga menyediakan berbagai game yang perlu dimainkan secara online melalui beragam link portal/mirror.

Hebatnya lagi, beberapa di antaranya bahkan memerlukan akses login berbasis akun – yang mana Roblox merupakan salah satunya. Tentu layanan seperti ini bisa terbilang cukup inovatif dan revolusioner.

Skema Gamenora Roblox

Seperti yang sudah sedikit dibahas di atas, untuk akses ke platform Roblox sendiri, Gamenora umumnya menyediakan layanan yang mengandalkan skema pihak ketiga (third party services).

Dengan memanfaatkan keberadaan portal/link, Gamenora akan mengarahkan pengguna ke situs lain yang memberikan layanan pihak pertama (first party) pada platform yang terintegrasi secara mandiri.

Jika pengguna sudah masuk ke dalam situs first party tersebut, akan terbuka window tab semacam emulator yang memberikan akses pada laman Roblox. Nah, di titik inilah skema mereka mulai kelihatan ‘sus’.

Seperti yang sudah kita semua ketahui, untuk dapat memainkan Roblox, diperlukan adanya akun. So, wajar bila para pengguna yang mengakses Roblox menggunakan layanan ini juga memerlukan upaya login.

Maka terdapat dua pilihan yang bisa dipilih di sini: melakukan login menggunakan akun pribadi ataupun menggunakan akun yang sudah tersedia (bawaan) di platform-nya.

Kewaspadaan Gamenora Roblox

Login asli Roblox
Login asli Roblox. Sumber: Official Site

Sampai titik ini VCGamers menyarankan agar Vicigers jangan melanjutkan upaya login lebih jauh. Ini karena opsi manapun yang kalian pilih, keduanya merupakan skema ‘Buah Simalakama’.

Jika menggunakan akun pribadi, tidak ada jaminan bahwa layanan ini bukanlah upaya phissing untuk meretas akun kalian. Dengan menginput username/id dan password, ini sama saja memberikan akses pada akun.

Sedangkan jika kalian menggunakan akun yang tersedia dari platform first party-nya sendiri, bisa jadi itu merupakan akun-akun pribadi hasil phissing dari mereka yang terjebak bukan?

Dan jika itu benar akun-akun hasil phissing, berarti siapapun yang menggunakannya dapat dikatakan terlibat menggunakan akun hasil pembajakan: melakukan tindakan kriminal!

Atas dasar itulah kita sangat menyarankan agar tidak menggunakan layanan bermain Roblox via Gamenora maupun situs browser game serupa. Akan baiknya lagi bila kalian bermain dari konsol/PC pribadi saja.

Baca juga:

Nah itulah tadi pembahasan mengenai Gamenora Roblox. Pastikan jika kalian perlu melakukan top up Roblox termurah dan tercepat hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!