4 Bahasa Pemrograman Desain Game Terbaik


Bahasa Pemrograman Desain Game
Promo Mobile Legends
Promo Mobile Legends

Menjadi desainer game di bidang yang lebih teknikal memerlukan pengetahuan umum mengenai bahasa pemgrograman desain game yang terbaik. Maka dari itu, terdapat berbagai bahasa pemrograman yang akan mempermudah proses desain game.

Kali ini, VCGamers akan membahas tentang empat bahasa pemrograman terbaik yang bisa kamu gunakan menurut website seputar programming yakni hackr.io.

Baca Juga: 3 Sekolah Desain Game Chicago Terbaik

Daftar Bahasa Pemrograman Desain Game Terbaik

Berikut ini adalah daftar bahasa pemrograman desain game terbaik yang bisa kamu gunakan sebagai desainer game. Setiap bahasa pemrograman di bawah ini akan dijelaskan secara singkat mengenai kelebihan dan kekurangan ketika kamu menggunakan bahasa tersebut.

Bahasa Pemrograman C++

Bahasa Pemrograman Desain Game C++
Fitur yang tersedia melalui C++. Sumber: InterviewBit

C++ adalah bahasa pemrograman yang berorientasi terhadap objek dan menjadi bahasa pemrograman yang umum digunakan dalam pengembangan game.

Meskipun begitu, para developer game yang masih pemula mungkin akan kesusahan untuk belajar dan memahami bahasa pemrograman tersebut.

Namun, C++ akan sangat membantu dalam pengembangan game dan terbukti sering menjadi landasan ketika mengembangkan game.

Keuntungan dari C++ adalah kecepatan untuk mengembangkan sebuah game dan tentunya lebih efisien. Tidak hanya itu, C++ juga didukung oleh GDK dan kerangka kerja lengkap dengan komunitas programer dan kode open-source.

Kekurangan dari bahasa pemrograman ini mungkin akan lebih menuju terhadap kompleksitas dan kesulitan bagi para pemula. Selain itu, para developer game saat ini sudah berpindah dan tidak lagi menggunakan C++ meskipun masih ada yang menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

Sebagai contoh, mungkin kamu pernah mendengar mengenai Unreal Engine dan Godot. Keduanya merupakan sistem perkembangan game yang menggunakan bahasa pemrograman C++.

Baca Juga: 5 Sekolah Desain Game di Illinois

C# untuk Desain Game

Logo C#
Logo C#. Sumber: Avenga

Para gamer mungkin pernah bermain game dan melihat logo Unity yang muncul ketika sedang berada di loading screen. Hal tersebut menunjukkan bahwa game yang kamu mainkan menggunakan sistem Unity yang berbasis C# sebagai bahasa pemrograman.

C# sebagai bahasa pemrograman desain game mirip dengan Java dan kelas C lainnya berkat kegunaan yang seba guna. Bahasa pemrograman ini sering digunakan oleh pengembang game berkat kinerja yang cukup tinggi.

Namun, terdapat kesulitan yang mungkin pemula temui ketika menggunakan C# karena terlalu rumit untuk dipelajari. Meskipun begitu, C# sering digunakan oleh berbagai pengembang game, contohnya dengan sistem pengembangan game bernama Unity.

Baca Juga: Xiaomi 12T 5G Rilis Hari Ini, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Python

Logo Python
Logo Python. Sumber: Wikimedia Commons

Berbeda dengan bahasa seri C, Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari dan menawarkan keterbacaan yang cukup tinggi.

Python sering menjadi alat utama untuk membuat berbagai game dan uniknya, Python juga sering digunakan untuk membuat AI atau kecerdasan buatan.

Kelebihan dari bahasa pemrograman ini adalah kemudahan dan sangat friendly terhadap pemula. Tidak hanya itu, Python juga bisa kamu gunakan untuk berbagai aplikasi lain selain membuat game.

Namun, Python juga memiliki kekurangan. Menurut hackr.io, Python lebih lambat digunakan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.

Contoh sistem pengembangan game yang menggunakan bahasa Python adalah Kivy, PyOpenGL, dan Panda3D.

Java

Bahasa Pemrograman Desain Game Java
Logo Java. Sumber: TechGig.com

Menurut hackr.io, bahasa pemrograman Java yang andal digunakan dan portabel untuk pembuatan game. Uniknya, Java merupakan bahasa cross-platform sehingga game hasil dari Java bisa dimainkan di berbagai platform.

Berbeda dengan C++, Java adalah bahasa pemrograman yang lebih mudah untuk dipelajari sehingga bahasa pemgroraman ini mendukung komunitas developer game yang lebih luas.

Namun, terdapat kelemahan yang bisa kamu temukan ketika menggunakan Java. Salah satunya adalah lebih lamban ketika kamu gunakan karena cara interpretasinya seperti Python.

Selain itu, Java dikenal sebagai bahasa pemrograman yang lebih tua dan sudah jarang dipakai oleh beberapa developer game. Namun, masih ada beberapa developer game yang menggunakan sistem dari Java yakni Jake2, LibGDX, hingga jMonkeyEngine.

Demikian pembahasan mengenai bahasa pemrograman terbaik untuk desain game beserta kekurangan dan kelebihan menurut hackr.io, semoga bermanfaat!

Jangan lupa untuk kunjungi VCGamers Marketplace dan penuhi berbagai kebutuhan transaksi in-game.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID