Kalahkan Avalugg Pokemon Unite Untuk Dapat Shield Gratis!

avalugg pokemon unite cover

Mengalahkan Avalugg Pokemon Unite akan sangat merepotkan karena selain memiliki HP yang tebal, pokemon kura-kura tipe es ini juga bisa debuff semua rekan tim kamu.

Sebagai salah satu Boss Pokemon yang bisa kamu temui di map Shivre City dengan arena penuh salju, kamu akan menghadapinya dengan hanya empat pokemon saja.

Aturan tersebut karena map Shivre City termasuk ke dalam Quick Battle dengan durasi setengah dari regular match (hanya 5 menit). Pokemon tipe es ini akan cukup sulit kamu hadapi kalau kamu tidak tahu cara menghindari skillset-nya.

Seperti mengalahkan Boss Pokemon lainnya, mengalahkan Avalugg juga akan memberimu reward khusus dan berbeda dari Drednaw, Zapdos serta Regigigas.

Baca juga: Strategi Lawan Zapdos Pokemon Unite, Sang Penjaga Legendary Pit!

Apa saja reward yang akan kamu dapatkan, dan bagaimana cara mengalahkan Avalugg Pokemon Unite? Semua itu akan dijelaskan dalam tulisan ini.

“Kura-Kura Es” Avalugg Yang Bisa Membekukan Tim Kamu

Detail Avalugg Pokemon Unite

avalugg pokemon unite tampilan

Apabila Boss Pokemon sebelumnya banyak diambil dari lore pokemon legendaris, Avalugg merupakan pokemon biasa yang memiliki wujud pertama, yakni Bergmite.

Sebagai pokemon biasa, Avalugg dijadikan Boss Pokemon di arena Pokemon Unite karena ukurannya yang besar serta kemampuan debuff-nya yang merepotkan pokemon lain.

Selain itu, Avalugg juga punya daya tahan yang luar biasa, ditambah lagi HP-nya yang cukup tebal. Para trainer di Pokemon Unite juga dibuat kewalahan karena durasi mengalahkannya hanya terbatas dalam 5 menit saja.

Sebagai pokemon tipe es, ada beberapa serangan Avalugg yang harus kamu perhatikan. Kamu harus mewaspadai serangan AoE tipe es-nya apabila ingin membunuh pokemon yang satu ini.

avalugg pokemon unite basic attack

Sebagai Basic attack, kamu harus waspada karena serangan normal-nya dapat membuat pokemon kamu terkena debuff slow dan stun karena menjadi beku (frozen solid).

Kalau kamu terkena kedua debuff tersebut, kamu harus bergegas kabur dari jangkauan serangan Avalugg supaya bisa ambil buff atau heal oleh support maupun item. Alasannya, damage serangan normal Avalugg ini cukup sakit yang diperkuat oleh debuff-nya.

Jika kamu ganking Avalugg dengan melee attack, biasanya Avalugg akan mengaktifkan ice shield-nya yang juga bisa membekukan dan memperlambat pokemon di sekitarnya.

Dalam situasi tersebut, baik serangan melee maupun skill terhadap Avalugg akan tidak mempan dan hanya sedikit menghasilkan damage.

avalugg pokemon unite ice beam

Ancaman serangan Avalugg selanjutnya adalah Ice Beam dan Avalanche yang semuanya memberi ice damage secara berkala apabila kamu berada di jangkauan serangannya.

Untuk menghindari Avalanche dan Ice Beam, kamu harus keluar dari jangkauan serangan tersebut supaya tidak terkena debuff dari Avalugg.

Skillset itulah yang membuat Avalugg Pokemon Unite disegani di arena dan banyak para trainer yang jaga jarak dengan pokemon es satu ini.

Baca juga: Simak! Build Tsareena Pokemon Unite Ini Bisa Tendang-Tendang Lawan!

Reward Mengalahkan Avalugg

avalugg pokemon unite reward shield

Avalugg Pokemon Unite memberi reward yang sangat berbeda daripada Zapdos, Drednaw dan Regigigas. Reward yang akan kamu dapatkan adalah berupa buff status pokemon tim kamu.

Kamu dan rekan tim kamu akan mendapatkan Ice Shield yang akan aktif selama 20 detik. Shield ini bisa habis lebih cepat kalau kamu terkena serangan beruntun dari lawan.

Selain pokemon tim kamu, shield juga akan aktif di gawang tim kamu yang akan menghalangin pokemon lawan mencetak gol selama beberapa saat.

Mengalahkan Avalugg juga akan memberi tim kamu tambahan poin sebanyak total 80, yang dibagikan dengan urutan pokemon yang memberi serangan akhir (20), sementara pokemon rekan tim kamu mendapat 15.

Kalau kamu ingin membandingkan reward ini dengan Zapdos ataupun Regigigas, kamu hendaknya fokus untuk banyak mencetak gol terlebih dulu ke gawang lawan dan ambil buff dari Avalugg jika mampu.

Dengan taktik tersebut, kamu akan menghilangkan berbagai kesempatan pokemon lawan untuk mencetak gol karena terhalang oleh shield.

avalugg pokemon unite respawn

Tidak seperti Zapdos yang tidak respawn, Avalugg sama seperti Regigigas dalam hal respawn. Jika kamu berhasil mengalahkan Avalugg dalam kurun waktu 3 menit, maka di 1 menit terakhir match Avalugg akan respawn.

Akan tetapi, kamu pasti akan kewalahan melawan Avalugg saat early game (menit ke 4) karena level pokemon kamu masih rendah dan belum bisa akses ulti serta skill penting lainnya.

Inilah alasan Avalugg Pokemon Unite tidak terlalu menjadi prioritas karena mengalahkannya butuh usaha yang lebih besar daripada Regigigas dan Zapdos, dan reward-nya pun bisa digantikan.

Baca juga: Strategi Pokemon Unite “Drednaw” Ini Bisa Buat Kamu Menang Di Setiap Game!

3 Tips Mengalahkan Avalugg Dengan Efisien Dan Efektif

Seperti telah ditulis sebelumnya, kebanyakan trainer tidak begitu memprioritaskan mengalahkan Avalugg. Akan tetapi, kamu tidak bisa menyerah begitu saja karena reward-nya cukup bagus.

Tiga tips di bawah ini setidaknya akan memberikan gambaran untuk mengalahkan Avalugg Pokemon Unite. Mulai dari metode normal, medium dan hard.

Metode Normal – Ganking Avalugg Di Mid Lane

Cara yang sangat efektif tapi klise ini akan mengandalkan kekuatan gabungan pokemon tim kamu. Dianjurkan untuk menggunakan taktik ini apabila seluruh pokemon tim kamu berlevel tinggi.

Kalau komposisi tim kamu seperti Charizard, Cinderace, Pikachu dan Gengar, saat ganking Avalugg kamu bisa melakukan perpindahan posisi.

avalugg pokemon unite ganking dengan tim

Misalnya, Charizard dan Pikachu maju dengan menggunakan serangan jarak dekat, disusul oleh Flamethrower-nya Charizard dan Thunderstorm Pikachu supaya Avalugg terkena stun.

Selanjutnya, Cinderace dan Gengar bisa menyesuaikan posisi mereka untuk menyerang Avalugg dari jarak jauh. Jika kurang dekat, kamu bisa atur jarak mereka supaya skill-nya bisa mengenai Avalugg.

Rotasikan Charizard dan Pikachu ketika HP mereka agak sekarat untuk jungling HP atau mengalahkan lawan, sementara Cinderace dan Gengar tetap menyerang Avalugg dari jauh.

Kalau pokemon lawan semuanya berhasil dikalahkan, kamu bisa langsung fokus mengalahkan Avalugg saja supaya lawan tidak bisa mencetak gol nantinya (buff shield Avalugg).

Karena trik ini butuh penyesuaian situasi, kamu harus tetap mengawasi tim lawan karena siapa tahu mereka akan melakukan steal kill.

Baca juga: Keren! Eldegoss Pokemon Unite Bisa Buff Rekan Setim Dan Debuff Tim Lawan! Auto GG Nih!

Metode Medium – Cicil Kill Dengan Poke

Kalau kamu melakukan trik ini, asumsinya adalah pokemon dalam tim kamu memiliki susunan pokemon dengan movement speed dan ranged attack.

avalugg pokemon unite poke 1

Sebagai ilustrasi, misalnya pokemon dalam tim kamu terdiri dari Zeraora, Talonflame, Absol dan Gengar, maka kamu perlu mencicil damage terhadap Avalugg di Pokemon Unite.

Zeraora bisa fokus memberantas lawan yang dibantu oleh Talonflame atau Gengar. Di sini, kamu akan banyak menggunakan skill Talonflame dan Absol yang bisa poke Avalugg.

Bila pokemon lawan sudah diatasi semuanya, kamu bisa tetap mencicil damage atau langsung ganking Avalugg dengan skillset mereka.

avalugg pokemon unite poke 2

Namun, kamu harus tetap waspada terhadap debuff Avalugg karena salah langkah sedikit saja akan mematikan formasi kamu. Ini akan diperburuk kalau misalnya pokemon lawan ada di sekitar kamu.

Misalnya, Zeraora dan Absol jadi beku karena serangan Avalugg, selanjutnya pokemon lawan akan fokus menyerang kedua pokemon tim kamu tersebut hingga HP mereka habis. Otomatis kamu hanya punya dua pokemon aktif, dan akan menjadi bulan-bulanan tim lawan.

Ada baiknya saat poke Avalugg, kamu membagi posisi dan menjaga komunikasi supaya formasi tidak berantakan.

Baca juga: GOKIL! Build Talonflame Pokemon Unite Paling Gak Ada Lawan!

Metode Hard – Mencuri Kill Dari Kerja Keras Pokemon Lawan

Mengalahkan Avalugg Pokemon Unite ini akan melatih kegesitan kamu dalam melancarkan serangan tiba-tiba saat pokemon lawan asyik ganking atau menyerang Avalugg.

Kamu bisa melakukan serangan jarak jauh ataupun serangan kilat supaya bisa mencuri kill dari tim lawan.

avalugg pokemon unite steal kill 1

Untuk melakukan strategi ini, kamu butuh bersembunyi di semak-semak yang ada di dekat tempat spawn Avalugg. Meskipun jaraknya cukup jauh dari posisi Avalugg, kamu tetap bisa mengantisipasi kemungkinan lawan “sapu bersih” wilayah semak-semak juga.

Supaya semakin efektif, kamu dianjurkan untuk menggunakan pokemon dengan ranged attack, pokemon dengan Unite Move tipe dash atau tembakan, atau juga pokemon dengan skill jarak jauh.

avalugg pokemon unite steal kill 2

Pertama-tama, kamu perlu menempatkan salah satu dari pokemon-pokemon di atas di semak-semak dekat mid lane tersebut, sementara pokemon tim kamu lainnya menjadi pengalih perhatian.

Kamu bisa pilih untuk mengalahkan pokemon lawan yang sedang dilawan oleh rekan tim kamu, atau kamu juga bisa langsung maju mengalahkan Avalugg yang pada situasi ini asumsinya sudah memiliki HP yang tipis.

Serangan semacam Hyper Beam Dragonite, Dash dan tending-tendangnya Tsareena, kemudian bomb-nya Gengar adalah beberapa contoh serangan skill jarak jauh yang bisa kamu manfaatkan untuk ambush.

Opsi lainnya adalah pokemon dengan skill poke seperti Absol dan Greninja. Setidaknya, steal kill ini bisa kamu manfaatkan untuk menumpas lawan, Avalugg, atau keduanya sekaligus bergantung dengan pokemon yang kamu gunakan.

Baca juga: 8 Battle Item Pokemon Unite Dan Fungsinya, Ada Teleport-nya Lho!

Bagaimana, sudah punya gambaran tentang Avalugg Pokemon Unite? Temukan taktik yang pas supaya kamu nggak nyuekin Avalugg lagi ya Vicigers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!