Games

Arti BO di ML dalam Turnamen yang Sering Kamu Dengar

Published by
Dudi Adiansyah

Arti BO di ML Di dalam Turnamen yang Sering Kamu Dengan dan Wajib Tahu

Bagi kamu yang kerap kali mengikuti atau menonton turnamen Mobile Legends (ML), pastinya tidak asing lagi dengan istilah “BO”.

Biasanya, istilah tersebut seringkali muncul di berbagai macam kesempatan, baik di antara pemain, caster, ataupun penggemar yang menonton jalannya turnamen.

Meskipun demikian, banyak yang belum mengetahui atau faham betul arti dari BO dan seperti apa penggunannya di dalam turnamen. Oleh sebab itu, kamu wajib menyimak artikel ini hingga tuntas supaya tidak merasa kebingungan.

Baca juga:

Arti BO di ML dalam Turnamen yang Wajib Kamu Tahu

Arti BO di ML dalam Turnamen yang Wajib Kamu Tahu. Sumber: YouTube/MPL Indonesia

Secara singkat, BO merupakan singkatan dari Best Of yang merujuk pada format penentuan pemenang dalam sebuah pertandingan.

Adapun, BO digunakan untuk menentukan berapa kali pertandingan harus dimainkan hingga salah satu tim memiliki point tertinggi dalam satu seri game.

Sebagai contoh dalam format BO 3 (Best Of 3), tim yang mencapai dua kemenangan dalam tiga kali pertandingan akan keluar sebagai pemenang di match tersebut.

Lebih lanjut, konsep ini memiliki peranan penting dalam sebuah pertandingan. Hal ini karena, tim yang bertanding dapat melakukan penyesuaian strategi di match berikutnya.

Sebagai informasi tambahan, istilah BO juga biasanya diikuti oleh angka seperti BO1, BO3, BO5, hingga BO7. Adapun, angka tersebut menunjukan jumlah maksimum game yang akan dimainkan dalam satu seri pertandingan.

Jika kamu masih merasa kebingungan, berikut kami rangkum penjelasan singkatnya:

  • BO1 (Best of 1): Pertandingan hanya berlangsung satu kali, di mana tim yang menang di seri ini akan lolos ke babak berikutnya.
  • BO3 (Best of 3): Pertandingan akan selesai jika salah satu tim memenangkan dua game dari tiga pertandingan,
  • BO5 (Best of 5): Sebuah tim harus memenangkan tiga dari lima pertandingan untuk dianggap sebagai pemenang. Biasaya, format ini digunakan di semifinal atau final,
  • BO7 (Best of 7): Untuk keluar sebagai pemenang, tim harus memegang empat kemenangan dari tujuh pertandingan. Adapun, format ini biasanya digunakan pada turnamen kelas Nasional hingga Internasional.

Penggunaan BO di Turnamen ML Besar

Penggunaan BO di Turnamen ML Besar. Sumber: YouTube/Garudaku ESI

Seperti yang kita tahu, MPL (Mobile Legends Professional League) atau M Series (Mobile Legends World Championship) sudah menerapkan format ini diberbagai pertandingan.

Pada fase kualifikasi, BO1 sering diterapkan untuk mempercepat proses seleksi. Semantara itu, BO3 atau BO5 biasanya mulai keluar pada babak playoff dan semifinal.

Pada babak grandfinal, format BO5 atau BO7 akan diterapkan untuk memberikan pertarungan sengit di antara tim yang berusaha keras untuk merebut posisi sebagai juara.

Fungsi BO di Dalam Pertandingan

Fungsi BO di Dalam Pertandingan. Sumber: Official PON Website

Tidak hanya di game Mobile Legends, format BO juga sering kali kita jumpai di pertandingan Esports lainnya. Hal ini karena, format ini memiliki fungsi di antaranya:

Menambah Keseruan dalam Pertandingan

Pertama, format BO3 atau BO5 dapat memberikan keseruan di dalam pertandingan. Hal ini karena, pertandingan akan berlangsung dalam beberapa match, sehingga setiap penonton dapat merasakan ketagangan yang ada di setiap matchnya.

Adaptasi Strategi

Semakin panjang formatnya, maka tim akan mendapatkan kesempatan untuk beradaptasi atau mengatur ulang strategi di setiap game. Sehingga, mereka bisa menganalisis kelemahan lawan dan melakukan perlawanan di game berikutnya.

Momen Comeback

Dengan adanya format BO, memungkinkan tim yang awalnya mengalami kekalahan bisa mendapatkan momen comeback di match berikutnya.

Misalnya pada BO 5, tim A mengalami kekalahan pada match 1 dan 2. Lalu, tim A berhasil menganlisis strategi tim B dan berhasil memenangkan match 3,4 dan 5 secara berturut-turut sehingga tim A keluar sebagai pemenang.

Tentunya, hal ini bisa menambah keseruan dalam sebuah pertandingan, baik dari sisi pemain ataupun penonton.

Baca juga:

Dengan mengetahui arti dan penerapan format BO di atas, kamu tidak perlu lagi merasa kebingungan jika suatu saat berpartisipasi dalam turnamen Mobile Legends.

Yuk top up diamonds Mobile Legends murah dan cepat di VCGamers Marketplace!

Dudi Adiansyah