10+ Aplikasi Smartphone Untuk Mahasiswa, Kamu Harus Punya!


Aplikasi Smartphone Untuk Mahasiswa
Promo Mobile Legends
Promo Mobile Legends

Menjadi seorang mahasiswa membuat kamu harus bisa semakin disiplin dan pintar memanage waktu dan tempat.  Untuk itulah kamu harus memiliki beberapa aplikasi Smartphone untuk mahasiswa.

Mau tahu alasan dan apa saja yang harus kamu siapkan?  Simak di bawah ini!

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi di Smartphone Android

Aplikasi Smartphone Untuk Mahasiswa

Aplikasi Smartphone Untuk Mahasiswa
Illustrasi Aplikasi Smartphone. Sumber: Unsplash.

Menjadi mahasiswa merupakan tahapan selanjutnya menuju lebih dewasa dan menekuni bidang yang kamu minati.  Selain itu, menjadi mahasiswa juga harus bisa fleksibel dan mampu mengerjakan dua atau lebih tugas secara bersamaan.

Salah satu cara untuk mempermudah kamu selama perkuliahan adalah dengan menggunakan aplikasi smartphone.  Smartphone bukan lagi kebutuhan primer untuk bermain, tapi kamu harus bisa menjadikan Smartphone sebagai kebutuhan primer untuk kuliah.

Smartphone dipilih karena ukuran yang ringkas, mudah dibawa kemana-mana, ringan, dapat memuat banyak aplikasi.  Itulah kenapa namanya Smart-Phone.

Untuk memaksimalkan penggunaannya, terdapat beberapa aplikasi smartphone untuk mahasiswa yang bisa kamu download.  Untuk memudahkannya, penulis telah membuat perkategori, penjelasan, serta alasan ringkasnya.

Tanpa berlama-lama lagi, 10+inilah aplikasi smartphone untuk mahasiswa!

Career Apps

Aplikasi Smartphone Untuk Mahasiswa
Logo LinkedIn, Jobstreet, dan Indeed. Aplikasi Smartphone Untuk Mahasiswa di Bidang Karier.

Sebagai mahasiswa, kamu harus mampu mengembangkan diri sekaligus berlatih untuk bersiap di dunia kerja.  Bahkan, tidak sedikit juga mahasiswa yang kuliah sambil bekerja untuk kebutuhan finansialnya.

Maka, tidak ada salahnya kamu mulai mempersiapkan hal tersebut dengan mengunduh Career Apps.  Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa menyusun CV, mencari peluang volunteer, part-time, hingga full-time.

LinkedIn, Jobstreet, dan Indeed adalah tiga contoh Career Apps.  Kedua aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk kebutuhan profesional.

LinkedIn adalah aplikasi seperti Facebook, namun dikhususkan untuk hubungan kerja.  Kamu bisa membagikan insights, tanggapan kamu, hingga mencari pekerjaan sesuai yang kamu mau.

Sedangkan Jobstreet dan Indeed adalah bursa pekerjaan.  Di aplikasi ini, kamu hanya bisa mencari ataupun menawarkan pekerjaan.

Nantinya, kegiatan yang pernah kamu ikuti bisa kamu cantumkan sebagai pengalaman kerja.  Jadi saat kamu selesai kuliah, kamu bisa semakin siap untuk bekerja.

Aplikasi Smartphone Untuk Mahasiswa : Language

Aplikasi Smartphone Untuk Mahasiswa
Grammarly dan Duolingo, Aplikasi Smartphone Untuk Mahasiswa di Bidang Bahasa.

Menjadi seorang mahasiswa, kamu harus memiliki wawasan dan kemampuan yang semakin luas, tidak terkecuali bahasa.  Untuk memudahkan kamu, terdapat beberapa aplikasi bahasa di smartphone yang bisa kamu gunakan sebagai mahasiswa

Penulis menyarankan seminimal mungkin dua buah aplikasi ini: Duolingo dan Grammarly.

Mulai dari Duolingo, sebut saja ia sebagai kamus antar bahasa.  Tidak seperti Google Translate, tapi juga Duolingo menyediakan soal-soal latihan agar kamu semakin mahir menggunakan bahasa tersebut.

Apalagi jika kamu masuk sebagai mahasiswa jurusan sastra, Duolingo akan sangat membantu kamu!

Sedangkan, jika kamu menggunakan bahasa Inggris, penulis menyarankan Grammarly.  Ini adalah aplikasi yang dapat membantu memperbaiki strukur kata, kalimat, hingga copywriting.

Cocok bagi kamu yang suka menulis tugas, artikel, ataupun materi kuliah.  Karena, Grammarly dapat membuat tulisan kamu semakin ringkas dan mudah dipahami.

Terakhir, sebagai opsional, penulis menyarankan kamu untuk mendownload kamus bahasa nasional yang kamu gunakan.  Dengan kamus tersebut, kamu bisa menemukan kosa kata baru yang mungkin cocok dengan apa yang kamu tulis.

Baca Juga: Keren! Inilah Fitur Google Translate yang Jarang Digunakan

Writing

Beberapa Notes, Aplikasi Smartphone Untuk Mahasiswa di Bidang Menulis.

Menulis dan mencatat adalah tugas utama dari seorang mahasiswa.  Mengutip dari Sciencedaily, penelitian dari Universitas Tokyo menjelaskan kalau menulis dan mencatat dapat meningkatkan ingatan kamu!

Jika biasanya kamu harus membawa buku ke kampus, menulis di atas kertas, tapi sekarang kamu bisa mengetiknya.  Sekarang, mahasiswa bisa hanya membawa Smartphone, mendownload aplikasi untuk menulis atau mengetik.

Secara default, semua Smartphone memiliki Notes untuk kamu mencatat hal-hal penting.  Jadi jika ada keadaan sangat penting dan mengharuskan kamu untuk mencatat, silakan buka Notes.

Atau, jika kamu memiliki Smartphone atau Tablet dengan layar yang lebar, penulis menyarankan aplikasi bernama GoodNotes.  Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa benar-benar menulis di atas Smartphone.

Aplikasi Smartphone Untuk Mahasiswa : Belajar & Kuliah

Aplikasi Smartphone Untuk Mahasiswa
Aplikasi Smartphone Untuk Mahasiswa Untuk Belajar dan Berkuliah.

Di era yang sudah serba digital, kamu bisa kulian di mana saja.  Terlebih lagi karena masa pandemi selama tua tahun ke belakang, kegiatan perkuliahan menjadi sangat fleksibel.

Maka dari itu, penulis sangat menyarankan bagi kamu untuk mengunduh aplikasi e-conference.  Contohnya seperti Zoom, Webex, Microsoft Teams, Google Meet, dan lainnya sesuai kesepakatan kamu dengan dosen.

Aplikasi Smartphone di atas juga bukan hanya untuk kuliah sebagai mahasiswa, tapi juga untuk keperluan lainnya.  Contoh misalkan kamu sedang merancang kegiatan kampus, kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut sebagai media diskusi.

Lalu, kamu juga bisa mendownload Blackboard dan Canvas Student. Kedua aplikasi smartphone tersebut cukup populer di Amerika Serikat sebagai tempat membaca materi, mengumpulkan tugas, hingga melihat nilai ujian.

Tentunya dengan aplikasi tersebut, baik mahasiswa ataupun dosen, akan sangat merasa dimudahkan.

Terakhir adalah Canva, yaitu aplikasi yang memungkinkan kamu membuat tampilan presentasi lebih menarik.  Dengan isi yang berkualitas dan didukung dengan tampilan yang menarik, nilai kuliah kamu akan sangat bagus!

Baca Juga: Mulai November, Batas Waktu Google Meet Hanya 1 Jam!

Google Workspace

Aplikasi Smartphone Untuk Mahasiswa
Google Workspace Wallpaper. Sumber: Google.

Ini adalah aplikasi paling wajib dan sepertinya tidak akan bisa lepas dari kehidupan semua orang.  Semua pengguna Smartphone, khususnya Android OS, wajib memasukkan akun Google mereka sebagai default account.

Tapi, tahukah kamu kalau google bukan hanya sekedar untuk “searching” saja? Perkenalkan Google Workspace, yaitu sekumpulan aplikasi milik Google khusus untuk mendukung segala pekerjaan kamu.

Di dalam Google Workspace,  terdapat beberapa aplikasi seperti Gmail, Calendar, Meet, Chat, Drive, Docs, Sheets, Slides, dan banyak lagi.  Penulis dengan senang hati akan mengelompokkan sesuai keperluan.

Kelebihan dari Google Workspace adalah seluruh informasi yang kamu masukkan akan diunggah ke sebuah penyimpanan besar bernama Cloud.  Jadi, meski berganti gawai sekalipun, selama kamu menggunakan akun kamu, maka kamu bisa mengakses seluruh datanya.

Untuk membantu kamu menuliskan tugas, kamu bisa menggunakan Google Docs, Slide, dan Sheets.  Simpelnya mungkin seperti Microsoft Word, Excel, dan Powerpoint, tapi versi online.

Untuk media diskusi, Google menyediakan Jamboard, Chat, dan juga Google Meet.  Ketiga aplikasi ini bisa terpisah ataupun digunakan masing-masing.

Supaya kamu tidak lupa, Google menyediakan Calendar dan Keep.  Kamu bisa mengatur jadwal kamu menggunakan kalendar tersebut atau mencatat sesuatu menggunakan notes milik Google.

Semua informasi di atas akan terkumpul dalam satu wadah bernama Google Drive.  This is legit, karena semua hal yang kamu lakukan dengan aplikasi di atas pasti akan tersimpan di Google Drive.  Ibarat Komputer, ia adalah Hard Disk-nya.

Kamu juga bisa menyimpan file penting di dalam Drive, seperti foto, materi kuliah, dan lain-lain.  Semenjak aplikasi Smartphone Mendeley sudah tidak ada, menurut penulis, Google Drive bisa menjadi alternatifnya.

Terakhir, yang tidak kalah penting adalah Gmail atau Google E-mail.  Kamu bisa mengirimkan e-mail kepada teman dan dosen kamu, berlatih menjadi profesional.

Karena di dunia pekerjaan, salah satu cara untuk berkomunikasi secara resmi adalah menggunakan e-mail.

Optional: Online Transportation + E-Banking

Illustrasi Aplikasi Smartphone. Sumber: Unsplash.

Ini bukanlah hal wajib, hanya bersifat opsional saja.  Berdasarkan hasil riset penulis, sebagian besar mahasiswa, khususnya di Indonesia, memiliki aplikasi transportasi online dan juga electronic banking.

Alasannya adalah jam yang sibuk.  Terkadang, kuliah tidak hanya memakan waktu, tapi juga fisik.  Supaya tidak semakin memberatkan fisik, mereka mengunduh aplikasi seperti Gojek dan Grab.

Terakhir, mungkin tips ini juga bisa membantu kamu yang berkuliah di luar negeri, siapkan E-Banking.  Di era digital seperti ini, sudah banyak cara pembayaran cashless.  Kamu bisa menyesuaikan dengan negara tempat kamu tinggal.

Contoh misalkan kamu berada di Indonesia, kamu bisa mendownload Dana atau Ovo.  Yang perlu kamu lakukan adalah Top-up saldo menggunakan rekening bank awal kamu.

Dengan begitu, kamu tidak perlu ribet membawa uang.  Cukup bawa Smartphone, scan barcode atau QR code, Done.

Baca Juga: Aplikasi Cari Jodoh Terbaik, Cocok Buat Jomblo!

Itulah beberapa aplikasi Smartphone untuk mahasiswa yang bisa kamu download.  Jangan lupa untuk melihat kapasitas Smartphone kamu dan kebijakan yang kamu buat bersama dosen di kampus.

Dari sekian banyak aplikasi Smartphone di atas, mana saja yang telah kamu gunakan?

Penuhi kebutuhan game dengan membeli berbagai macam voucher game di VCGamers Marketplace dan dapatkan promo menarik di dalamnya!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID