Apakah Starfield Multiplayer? Berikut Penjelasannya! 

Sayangnya Bethesda hingga hari ini belum menghadirkan fitur multiplayer dalam game Starfield, pemain belum bisa menjelajah bersama teman
Starfields Mods - Starfields Gameplay
Starfields Gameplay. Source: Xbox Wire/Google

Apakah Starfield Multiplayer

Starfield adalah game RPG yang berlatar di ruang angkasa. Game ini merupakan karya developer terkenal Bethesda yang sangat populer. 

Game Starfield mempunyai dunia yang luas dan penuh misteri sehingga sangat menarik untuk dijelajahi.  

Luasnya dunia Starfield tentunya akan semakin seru jika menjelajahinya bersama teman. Namun, sejauh ini game tersebut belum menyediakan fitur Multiplayer. 

Bethesda menegaskan jika gam Starfield dirancang untuk pengalaman bermain tunggal. Sehingga jika kamu ingin memainkan game ini tidak ada opsi co-op. 

Baca juga: 

Mengapa Bethesda Tidak Menghadirkan Multiplayer? 

Starfield
Starfield. Sumber: Official Site

Ketiadaan fitur multiplayer sebenarnya tidak mengurangi keseruan game ini. Namun, banyak fans yang mengharapkan kalau game ini mempunyai fitur tersebut. 

Penggemar game Starfield perlu tahu, setidaknya ada beberapa alasan yang membuat Bethesda tidak menghadirkan fitur multiplayer: 

Fokus Menghadirkan Petualangan Single Player Mendalam

Fokus Menghadirkan Petualangan Single Player Mendalam
Fokus Memperdalam Cerita di mode Single Player Sumber: Official Site

Bethesda adalah pengembang yang terkenal berkat game-nya yang mempunyai narasi menarik. Keberadaan fitur multiplayer dapat mengalihkan penyusunan narasi game yang dalam. 

Dengan membuat Starfield dalam mode bermain solo, Bethesda dapat memastikan kualitas cerita game yang mendalam. 

Kompleksitas Pengambangan Game Multiplayer

Starfield Game yang Kompleks Sehingga tidak ada Fitur Multiplayer
Sumber: Official Site

Tentunya membuat game dengan fitur mode multiplayer akan jauh lebih rumit. Apalagi jika game tersebut mempunyai cerita dan elemen yang mendalam seperti Starfield. 

Akan menjadi hal yang sulit untuk mengintegrasikan game sebesar Starfield. Sehingga fokus pada satu keunggulan ditempuh oleh Bethesda untuk memaksimalkan pengalaman bermain tunggal. 

Tantangan Teknis 

Apakah Starfield mendukung multiplayer
Source: Steam

Menerapkan fitur multiplayer pada game Starfield akan menjadi tantangan teknis yang besar. Tentunya akan sangat sulit untuk mensinkronisasi dunia game, penanganan interaksi pemain, dan menjaga stabilitas server. 

Untuk meminimalisir kendala kemungkinan Bethesda mendapatkan fitur multiplayer di game Starfield. 

Meskipun Starfield dirilis tanpa fitur multiplayer di dalamnya, bukan berarti ini berlaku selamanya. Kemungkinan di waktu yang akan datang Bethesda akan merilis fitur multiplayer melalui DLC. 

Selain itu, fitur multiplayer di game starfield juga bisa lahir karena faktor eksternal. Kehadiran komunitas modding PC mungkin akan menciptakan mod yang memungkinkan pemain untuk bermain Starfield. 

Sampai di sini Starfield belum menghadirkan fitur multiplayer yang diharapkan itu. Pantau terus berita terbaru dari Bethesda, barangkali dalam waktu dekat ini kita bisa menjelajah ruang angkasa bersama teman. 

Baca juga: 

Penasaran dengan gam Starfield? Yuk Beli Steam Wallet atau PSN Wallet di VCGamers Marketplace untuk beli game Starfield. Klaim promonya sekarang dan dapatkan harga Top Up termurah!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!