Apakah Roblox Aman untuk Anak-Anak? Inilah Rating Usia

Sejauh ini tidak ada rating usia resmi untuk anak-anak bermain Roblox, tetapi Common Sense Media menilai platform ini aman untuk 13+.
Roblox Credit
Roblox Credit. Source: Wallpaper Abyss

Apakah Roblox Aman untuk Anak-Anak? Inilah Rating Usia Roblox

Roblox sukses menjadi platform game yang banyak digunakan oleh berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Lalu berapa sebenarnya rating usia untuk bisa legal memainkannya?

Seperti yang kita ketahui, game dengan format multiplayer memungkinkan pemainnya untuk berkomunikasi secara realtime. 

Fitur ini memiliki beberapa risiko yang tidak baik untuk anak-anak. Namun secara keseluruhan, Roblox bisa menjadi platform game yang aman untuk anak-anak, terutama ketika orang tua mengambil peran yang penting.

Nah, di artikel kali ini kami akan membagikan beberapa informasi penting, seperti rating usia untuk memainkan Roblox, resiko yang harus orang tua ketahui, dan bagaimana menjaga anak agar aman dari resiko tersebut.

Baca juga:

Rating Usia Roblox

Cara Redeem Kode Emergency Hamburg
Rating Usia Roblox. Source: Roblox

Sejauh ini tidak ada usia resmi bahwa anak-anak dapat bermain Roblox, tetapi Common Sense Media menilai platform ini aman untuk pengguna 13+.

Pada akhir 2021, Roblox meluncurkan fitur verifikasi usia, yang mengharuskan anak berusia 13 tahun ke atas untuk memverifikasi usia mereka menggunakan ID yang dikeluarkan pemerintah, catatan Shelby Knox, direktur kampanye untuk ParentsTogether, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada keluarga di AS.

Namun, orang tua harus ingat jika memverifikasi usia anak mereka memberi mereka akses ke lebih banyak fitur, seperti voice chat, yang dapat membawa risiko.

Fitur tertentu, seperti voice chat, juga dibatasi oleh usia Roblox sendiri. Roblox mengharuskan pemain untuk membuktikan bahwa mereka berusia di atas 13 tahun untuk mengakses fitur obrolan suara.

Resiko Roblox yang Perlu Diketahui Orang Tua

kenapa roblox tidak berfungsi
Resiko Roblox yang Perlu Diketahui Orang Tua. Source: Wallpaper Boat

Karena Roblox merupakan sebuah game interaktif yang juga menawarkan fitur seperti chat, maka ada resiko yang harus diperhatikan orang tua.

Meskipun anak-anak mungkin berinteraksi dengan anak-anak lain, ada juga orang dewasa di platform ini. 

Berikut beberapa resiko yang perlu diketahui oleh para orang tua:

Setiap platform multiplayer dapat menyebabkan interaksi yang mengganggu.

Salah satu masalah keamanan dengan Roblox adalah risiko bahwa anak-anak dapat berinteraksi dengan predator menggunakan chat. 

Game bisa membuat anak-anak terekspos ke konten yang tidak pantas.

Salah satu risiko utama yang harus diketahui orang tua tentang Roblox adalah game yang dibuat pengguna, atau “game kondominium,” yang menampilkan konten dewasa, seperti tindakan seks simulasi, gambar grafis, dan bahasa yang tidak pantas.

Cara Menjaga Anak Aman di Roblox

kenapa roblox tidak berfungsi
Cara Menjaga Anak Aman di Roblox. Source: Alpha Coders

Apakah Roblox aman untuk anak-anak? Jawabannya tergantung pada langkah-langkah apa yang orang tua ambil untuk melindungi mereka ketika mereka sedang online.

Oleh karena itu, orang tua harus memiliki komunikasi yang terbuka dan jujur dengan anak-anak mengenai teknologi. 

Jadi, berbicaralah dengan anak-anak tentang keamanan internet dan pastikan mereka tahu siapa yang harus dihindari jika mereka menghadapi situasi yang membuat mereka merasa tidak nyaman. 

Selain itu, langkah-langkah berikut dapat melindungi anak-anak dari predator:

Biasakan diri dengan kontrol orang tua.

Para ahli menekankan pentingnya memahami kontrol orang tua tidak hanya untuk Roblox tetapi juga game, aplikasi, atau situs web apa pun yang ingin digunakan anak. 

Pada saat yang sama, mereka merekomendasikan untuk duduk dan bermain game dengan anak bersama untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang hal itu dan untuk lebih siap untuk membantu mereka menavigasinya.

Gunakan kontrol orang tua

Untuk menjaga Roblox aman untuk anak-anak, orang tua harus menonaktifkan fungsi chat untuk anak mereka, terutama jika mereka tidak mengawasi permainan secara langsung.

Misalnya, dapat mengaktifkan Pembatasan Akun untuk mengunci pengaturan akun anak sehingga tidak ada pengguna lain yang dapat mengirimi mereka chat, obrolan dalam aplikasi atau dalam game, atau menemukan akun mereka dengan nomor telepon. 

Ingatkan anak-anak yang diizinkan untuk mengobrol supaya mematuhi praktik yang aman.

Mengobrol dengan orang asing adalah salah satu resiko Roblox untuk anak-anak. Oleh karena itu, orang tua harus melatih anak-anak mereka untuk tidak mengobrol dengan orang-orang yang tidak mereka kenal.

Selain itu, anak-anak tidak boleh memberikan informasi pribadi, mempercayai naluri mereka jika seseorang membuat mereka tidak nyaman, dan tidak pernah memindahkan percakapan ke platform yang berbeda.

Baca juga:

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai rating usia untuk memainkan Roblox.

Yuk top up Robux Roblox dengan cepat dan termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!