Apakah Monopoly Plus Cross Platform? Ini Penjelasan Terbarunya!

Apakah Monopoly Plus Cross Platform? Tidak game ini hanya mendukung fitur cross generation play saja. Tidak untuk platform yang berbeda
Apakah Monopoly Plus Cross Platform
Sumber: Ubisoft

Berawal dari permainan papan kini bertransformasi menjadi permainan digital. Monopoly Plus merupakan game 3D yang memungkinkan pemain untuk memainkannya secara interaktif. 

Game ini dulu hanya bisa dimainkan dalam satu secara tatap muka. Namun, berkat perkembangan teknologi terdapat Monopoly Plus yang dapat dimainkan secara digital. 

Game Monopoly Plus tersedia untuk PC, PlayStation, Xbox, dan konsol  game lainnya. Ketersediaannya di banyak platform menimbulkan pertanyaan. 

Apakah Monopoly Plus Cross Platform? Untuk mengetahui jawabannya kamu bisa membaca ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 5 Game Cross Platform yang Wajib Dicoba

Apa itu Monopoly Plus?

Gameplay Monopoly Plus
Sumber: Xbox.com

Monopoly Plus adalah permainan digital yang diadaptasi dari permainan papan klasik Monopoly. Game ini merupakan karya developer Ubisoft pada tahun 2017 yang rilis untuk platform PC, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, dan beberapa konsol lainnya. 

Secara konsep permainan versi digital dan versi papan menampilkan hal yang sama. Namun, Monopoly Plus menghadirkan permainan 3D yang lebih menarik. 

Dalam game aslinya kamu tidak bisa melihat bangunan yang kamu dirikan di kota atau negara tertentu. Akan tetapi dalam game ini kamu bisa melihat bangunan tersebut. 

Game ini juga menyediakan berbagai peraturan di dalamnya. Aturan yang digunakan dalam game ini termasuk aturan lama maupun yang terbaru. Pembaruan aturan permainan bertujuan untuk meningkatkan keseruan permainan. 

Permainan ini dapat dimainkan secara online maupun offline. Kamu bisa bermain sendiri atau bersama-sama dengan 6 orang teman. 

Jika bermain sendiri kamu akan menghadapi lawan berbasis AI atau pemain lain jika bermain secara online. 

Karena terdapat fitur single player dan multiplayer, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah Monopoly Plus yang tersedia di berbagai platform mempunya fitur cross play? 

Nah untuk menjawabnya kamu perlu simak penjelasan mengenai cross platform itu terlebih dahulu, berikut penjelasannya!

Baca juga: Rekomendasi Game Crossplatform Terbaik 2024

Mengenal Istilah Cross Platform

game cross platform gratis (5)
Cross Platform (Source: Redmond Pie)

Cross platform adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk bermain game yang sama dengan orang lain yang bermain di platform atau konsol yang berbeda. 

Sebagai contoh kamu mempunyai game dan memainkannya di platform PC. Sedangkan 3 orang temanmu yang lain memainkannya di konsol PlayStation 4, Nintendo Switch, dan Xbox One. 

Ketika game yang kamu mainkan mempunyai fitur cross platform maka kamu bisa bermain game yang sama dengan temanmu meskipun menggunakan platform yang berbeda. 

Fitur ini sebenarnya sangat menguntungkan pihak developer karena memungkinkan mereka untuk menjangkau banyak pengguna dari macam-macam platform. Sayangnya ekslusifitas game tertentu menghambat diterapkannya fitur ini. 

Beberapa game yang sudah menggunakan fitur cross platform antara lain Minecraft, Fortnite, dan Call of Duty: Mobile.  

Apakah Monopoly Plus Cross Platform? 

Monopoly Plus
Sumber: Steam.com

Mengutip dari laman steamcommunity.com saat ini Monopoly Plus belum menerapkan fitur cross platform. Jadi kamu tidak bisa bermain bersama dengan temanmu yang menggunakan PlayStation 4 atau konsol lainnya jika kamu bermain di PC. 

Saat kamu bermain Monopoly Plus di PC dan ingin memainkannya bersama-sama. Teman-temanmu harus mengakses Monopoly Plus menggunakan PC juga. 

Untuk kamu yang memainkan game Monopoly Plus di PlayStation 4 maka kamu bisa bermain bersama dengan pemain di konsol PlayStation 5

Demikian juga jika kamu memainkan game ini di platform Xbox maka kamu bisa saling bermain dengan pemain yang menggunakan Xbox One dan Xbox X|S. 

Sehingga dapat disimpulkan meskipun tidak mendukung fitur cross platform. Monopoly Plus mendukung fitur cross-generation play. Ketika pemain menggunakan konsol yang sama meskipun dari lintas generasi maka mereka bisa saling terhubung. 

Nah, itu tadi ulasan singkat tentang Monopoly Plus dan jawaban atas pertanyaan apakah Monopoly Plus punya fitur cross platform. 

Baca juga: 5 Game Cross Platform Gratis Terbaik 2024

Yuk Top Up game favoritmu dan beli langganan produk digital lainnya dengan hargat termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!