Apakah Loklok legal? Berikut Penjelasanya Terbarunya!

Apakah loklok legal? Jawabannya tidak, aplikasi ini tidak mengantongi izin resmi dari pemerintah Indonesia
Loklok
Sumber: Play Store

Apakah loklok legal? 

Para penggemar film, anime, dan serial lainnya pasti sudah tidak asing lagi dengan Loklok. Aplikasi ini merupakan platform yang menyediakan konten film dan acara televisi gratis. 

Banyak film-film bagus yang bisa ditonton secara gratis dengan aplikasi ini. Pengguna juga bisa menyaksikan film dan serial populer dalam tampilan berkualitas HD. 

Untuk mengenal aplikasi ini lebih jauh yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini! 

Baca juga: Idlix: Platform Ilegal Streaming Gratis, Waspadai Dampaknya!

Apakah Loklok Legal? 

Apakah Loklok Legal? 
Sumber: Play Store

Loklok adalah aplikasi yang menyediakan film, serial, acara TV, dan berbagai video menarik lainnya. Berdasarkan informasi yang ada di Google Play Store, aplikas ini dimiliki oleh Lokworld. 

Tidak ada informasi perusahaan apa yang menaungi aplikasi ini. Sehingga keberadaannya menimbulkan pertanyaan, apakah aplikasi ini legal atau legal? 

Meskipun aplikasinya tersedia di Google Play Store. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber Loklok statusnya ilegal. 

Loklok diyakini tidak mempunyai izini resmia dari Kementrian Komunikasi dan Informasi. Sehingga Loklok tidak mempunyai legalitas jelas untuk menayangkan film-film di wilayah Indonesia. 

Beberapa waktu sebelumnya Loklok juga sempat diblokir oleh pemerintah. Sebelumnya nama aplikasi ini adalah Zhen Liu di Google Play Store. 

Jadi kesimpulan dari pertanyaan apakah aplikasi ini legal jawabannya adalah tidak. Meskipun bukan ilegal yang berisiko menyebarkan virus pada perangkat. Mengakses konten yang tersedia di Loklok adalah pelanggaran hak cipta. Hal ini menimbulkan risiko hukum bagi penggunannya karena mengakses film yang tidak mempunyai lisensi. 

Baca juga: Bukan Rebahin, Ini Platform Streaming Film Legal Terbaik!

Apa Risiko Menggunakan Aplikasi Loklok yang Ilegal? 

Apa Risiko Menggunakan Aplikasi Loklok yang Ilegal? 
Sumber: Excellent IT

Meskipun Loklok menjanjikan kualitas video 1080p secara gratis. Perlu kamu ingat menonton konten yang seharusnya berbayar secara gratis patut untuk dipertanyakan. 

Menurut hukum hak cipta, pembuatan film berhak atas hak ekonomi dari penggunaan film yang mereka ciptakan. Dalam konteks ini, penggunaan merujuk pada perilaku pengguna yang menonton film buatan mereka. 

Menonton film yang ditayangkan oleh sebuah platform tanpa mengantongi lisensi adalah pelanggaran hukum. Jadi risiko utama dari penggunaan aplikasi tanpa izin yang lengkap adalah melanggar hak cipta orang lain. 

Praktik penggunaan aplikasi ilegal sama dengan melanggengkan perilaku pembajakan film! 

Bahaya yang kedua, penggunaan aplikasi ilegal juga dapat menimbulkan risiko peretasan pada perangkat. Bisa jadi aplikasi ilegal yang kamu gunakan adalah kuda troya yang berisi ribuan virus yang siap menginfeksi perangkat. Jadi mulai sekarang hindari praktik yang melanggengkan pelanggaran terhadap hak cipta orang lain.

Baca juga: DramaQu Ilegal, Ini 7 Rekomendasi Platform Streaming Drakor Legal

Alternatif Legal untuk Menonton Film dan Serial

Alternatif Legal untuk Menonton Film dan Serial
Ilustrasi Seseorang Akan Streaming Film. Sumber: Unsplash
  1. Netflix
  2. Disney+ Hotstar
  3. Amazon Prime Video
  4. Viu
  5. HBO GO 
  6. Apple TV 
  7. IQiYI
  8. Vidio
  9. WeTv
  10. Iflix 

Semua platform streaming legal yang disebutkan di atas dapat kamu akses jika membeli paket berlangganan. Untuk mendapatkan paket berlangganan dengan harga termurah kamu bisa mengunjungi VCGamers Marketplace. 

Di VCGamers Marketplace tersedia banyak produk game favorit dan banyak paket berlangganan aplikasi streaming dengan harga termurah. 

Baca juga: Review Loklok Aplikasi Streaming Drakor Gratis di iOS dan Android

Dapatkan voucher 90% untuk pengguna baru, flash sale produk menarik setiap bulan, dan event giveaway dengan hadiah yang menarik. Yuk Beli Paket Berlangganan Platform Streaming di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!