Apakah HP Infinix Cepat Rusak? Jangan Asal Klaim, Cek dulu!

Mungkin masih ada calon pengguna baru Infinix yang bertanya-tanya apakah HP infinix cepat rusak sebelum memutuskan untuk membelinya.
apakah hp infinix cepat rusak (4)
Infinix Hot 30 Free Fire Edition. Sumber: Infinix

Mungkin masih ada calon pengguna baru Infinix yang bertanya-tanya apakah HP infinix cepat rusak sebelum memutuskan untuk membelinya.

Hal ini sangat wajar ketika kita ingin membeli barang-barang elektronik yang ingin digunakan sehari-hari. Apalagi, jika barang yang dibeli memiliki harga yang relatif mahal dan perlu mengumpulkan uang untuk memilikinya.

Kali ini kita akan membahas terkait apakah HP Infinix mudah rusak dan kamu bisa membaca beberapa fakta yang akan diulas di sini!

Baca juga: Rekomendasi HP Infinix Harga 1 Jutaan yang Terbaru

Infinix

apakah hp infinix cepat rusak (2)
Infinix Smart 8 Pro. Sumber: Infinix

Infinix Mobility merupakan perusahaan teknologi yang telah didirikan sejak 2013 dari Trassion Holdings asal Hongkong. Perusahaan ini merancang smartphone dengan model desain modern serta teknologi upgrades.

Infinix sendiri telah memasarkan HP-nya ke beberapa negara seperti Arab Saudi, Kenya, Filipina, Mesir, Ghana, Prancis, Nigeria, Thailand, Pakistan, Vietnam, Uni Emirat Arab termasuk Indonesia.

Selain itu juga, Infinix telah merilis beberapa jenis produk handphone seperti Hot Series, Zero Series, Smart Series dan Note Series dengan keunggulannya masing-masing.

Setiap jenis HP memiliki keunggulan, spesifikasi, model desain hingga harga yang cukup terjangkau di kantong mahasiswa sampai pekerja.

Bahkan, kini Infinix sudah menjadi sponsor tim E-Sports di beberapa negara, termasuk Indonesia dan Malaysia.

Baca juga: 5 HP Infinix Terbaru 2024, Mulai Rp1 Jutaan aja!

Keunggulan HP Infinix

apakah hp infinix cepat rusak (1)
Infinix Hot 40s. Sumber: Infinix

Seperti yang kita tahu bahwa setiap perusahaan teknologi smartphone pasti telah menerapkan standar Quality Control atau pengecekan terhadap item yang akan dipasarkan.

Tak terkecuali dengan Infinix yang sudah memperhitungkan kualitas material yang digunakan untuk handphone-nya.

Sehingga pada akhirnya, handphone yang mereka rilis telah memenuhi kualitas standar dan lolos proses uji coba agar produk layak digunakan.

Kualitas

Tentu saja sebagai brand smartphone, Infinix juga memiliki keunggulan yang bisa menyaingi kompetitor-nya, salah satunya dari segi kualitas.

Untuk kualitas HP Infinix cukup baik, terutama untuk pemakaian diatas satu tahun yang tak mengalami penurunan performa sama sekali.

Material yang digunakan seperti body, layar serta komponen internal pun bisa menentukan daya tahan HP.

Dengan standar quality control, Infinix memiliki kualitas prima serta minim kesalahan produksi.

Biasanya smartphone yang bermaterial baik akan tahan lama dan bisa digunakan selama 3 sampai 4 tahun lebih.

Awet

Infinix juga memiliki masa pakai lebih lama dibanding dengan merek lain, karena unggul dalam segi durabilitasnya.

Penggunaan Infinix sendiri rata-rata hingga 3 tahun. Dengan catatan, HP tersebut harus dirawat dengan baik dan penggunaan yang masih dalam batas standar.

Desain

Nah, desain Infinix sendiri sangat ergonomis dan minimalisir risiko kerusakanan seperti tergores, terbentur ataupun terjatuh.

Lolos Uji Coba

Sebelum dipasarkan, tentunya Infinix akan melakukan uji coba terlebih dahulu yang melewati beberapa tes seperti drop test, scratch test, dan water resistance test, dengan hasil yang memuaskan.

Bergaransi

Selain itu juga, Infinix sendiri menawarkan garansi resmi produknya untuk menunjukkan kepercayaan pada kualitas dan daya tahan HP kepada penggunanya.

Anti Gores dan Benturan

Teruntuk model terbaru Infinix telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass pada layar dan body sehingga tahan goresan atau benturan.

Tersertifikasi IP53

Pada model terbaru Infinix, termasuk Note 30 dan Zero 30 telah tersertifikasi IP53 yang tahan terhadap air.

Dengan sertifikasi ini, akan memberikan perlindungan kepada Infinix terhadap cipratan air sehingga bisa digunakan di kondisi hujan atau lembab.

Tak Mudah Panas

HP Infinix juga telah dilengkapi dengan teknologi pendingin serta optimasi baterai yang bisa membuat performa stabil atau menghemat daya tahan baterai.

Cocok untuk Berbagai Aktivitas

Banyak pula pengguna yang memilih Infinix untuk bermain game online, seperti Honor of Kings, Mobile Legends, PUBG sampai Free Fire. Alasannya, Infinix mampu memberikan performa serta kualitas bagus ketika digunanan untuk main game.

Namun, tak semua HP Infinix yang bisa diandalkan untuk bermain game. Terdapat beberapa tipe HP Infinix yang cocok untuk gaming seperti Infinix Zero 8, Infinix Smart 5, Infinix Hot 10S, Infinix Note 10, Infinix Hot 12 Pro dan Infinix Hot 12 Pro.

Tapi jika kamu menggunakannya untuk bekerja seperti Content Creator ataupun membuat laporan, kamu bisa menggunakan seluruh tipe HP Infinix.

Baca juga: Perbandingan Helio G37 di Infinix Hot 30i dengan Snapdragon 632

Penyebab HP Cepat Rusak

apakah hp infinix cepat rusak (3)
Infinix Hot 40 Free Fire Edition. Sumber: Infinix

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa membuat HP cepat rusak yaitu diantaranya:

Sering Jatuh atau Terbanting

Tentu, Apabila HP sering jatuh atau tak sengaja terbanting dan membanting kemungkinan akan menimbulkan risiko kerusakan.

Tak Dirawat

Perlu diketahui bahwa, apapun merek HP yang memiliki spesifikasi bagus jika tak dirawat dengan baik, kemungkinan akan rusak juga.

Seperti misalnya banyak yang mengabaikan layar kotor, tak membersihkan port baterai, sering menggunakan HP saat di charger dan charger HP sampai panas bisa menurunkan performa.

Kualitas Konstruksi Rendah

Setiap brand smartphone mungkin memiliki kualitas yang berbeda-beda yang akan mempengaruhi harga pasar. Infinix sendiri menggunakan komponen internal seperti prosessor dan memori yang berkualitas tinggi sebagai keandalan HP.

Tentunya hal ini diterapkan untuk mengurangi risiko kerusakan dan meningkatkan performa optimal.

Namun, apabila smartphone yang terbuat dengan kontruksi yang rendah, mungkin harganya pun akan lebih murah serta komponen perangkat akan mempengaruhi daya tahannya.

Sistem Operasi dan Software Bermasalah

Sistem operasi XOS bawaan Infinix kadang terjadi bug atau error yang bisa menyebabkan hang, restart tiba-tiba atau bootloop.

Hal ini juga terjadi saat update sistem atau aplikasi yang bisa membuat perangkat tak stabil.

Jarang Update Software

Salah satu penyebabnya adalah jarang memperbarui software. Padahal update software dan sistem operasi ini sangat penting sekali untuk setiap smartphone, termasuk Infinix.

Pasalnya untuk memperbaiki bug, security device serta untuk mencegah masalah lainnya.

Penggunaan Storage dan RAM

Mungkin juga bagi kamu yang sering menggunakan storage atau memori untuk menyimpan aplikasi atau data-mu terlalu banyak bisa menyebabkan error.

Kapasitas RAM juga bisa menyebabkan HP cepat panas atau lemot ketika sedang digunakan.

Tak Menggunakan Case HP

Mungkin hal ini terlihat diabaikan oleh beberapa pengguna, yaitu banyak yang tak menggunakan case HP seperti soft/hard case atau tempered glass.

Hal ini cukup berguna untuk mengantisipasi bila HP terjatuh agar casing atau layar tak tergores.

Penggunaan Baterai

Jika kamu sering menggunakan HP hingga panas, baik ketika charger ataupun main game.

Perlu dihindari bahwa jika charger sambil gaming, menggunakan HP sampai panas, charger setelah low baterai bisa menurunkan performa, mengurangi usia HP, mempengaruhi performa, risiko overheat sampai perangkat bisa mati tiba-tiba.

Lalu, penggunaan charger yang bukan ori atau tak sesuai spek bisa merusak baterai atau komponen HP.

Kebiasaan pengguna adalah men-charger baterai terlalu lama atau membiarkan baterai sampai kosong sehingga akan mengurangi daya tahan baterai.

Selain itu juga, jika digunakan untuk streaming video atau gaming dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan kerusakan.

Penggunaan Berlebih

Mungkin bagi beberapa pengguna,  menggunakan HP untuk hiburan semata atau penunjang pekerjaan. Hal ini juga akan menuntutmu untuk menggunakan Infinix hingga 24 jam non-stop.

Penting diingat bahwa hal ini secara tidak langsung akan membuat performanya menurun, termasuk baterai mudah lowbat atau baterai yang rusak.

Penggunaan handphone dalam waktu yang lama, kemungkinan akan membuat penurunan performa dan kualitas yang bisa merusak handphone.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu juga bisa menggunakan device lain untuk menunjang pekerjaan seperti laptop atau menggunakan dua HP.

Terkena Air

Penyebab lainnya juga bisa dari terkena air pada layar, tercemplung ataupun kehujanan sehingga akan menyebabkan handphone tersebut tak bisa disentuh atau performa menjadi lemot.

Menyimpan di Tempat Panas

Selain itu juga, apabila kamu sering menyimpan HP di dashboard mobil bisa membuat overheat.

Jarang Membersihkan Cache atau Recycle Bin

Perlu diketahui bahwa setiap HP termasuk Infinix memiliki penumpukan cache atau file sampah yang bisa membuat lemot ketika membuka aplikasi atau browsing.

Pasalnya cache-cache ini akan membuat RAM penuh dan sistem operasi bekerja tidak optimal, termasuk browsing atau membuka aplikasi berat.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Iklan di HP Infinix

Tips Merawat HP Infinix

apakah hp infinix cepat rusak (6)
Infinix Hot 20i. Sumber: Infinix

Berikut ini adalah sedikit tips bagi pengguna Infinix supaya HP tersebut tak mudah rusak yaitu:

Gunakan dengan Apik

Hindarilah membanting HP ketika sedang digunakan atau menjatuhkannya secara sengaja. Simpan HP yang dibawa ke tempat yang aman agar tidak mudah jatuh.

Rawat Secara Rutin

Bersihkan HP secara rutin, baik pada internalnya seperti cache atau eksternalnya seperti membersihkan layar atau body sehingga akan terus awet.

Jangan lupa juga untuk membersihkan debu serta kotoran yang menempel pada layar, body, kamera, case atau celah-celah HP secara berkala.

Jangan Menggunakannya Ketika Sedang Charger

Penting sekali untuk minimalisir penggunaan ketika sedang di-charger, kecuali untuk membalas chat urgent saja. Jangan sampai HP tersebut digunakan ketika sedang di charger dan apabila telah selesai, barulah digunakan kembali.

Gunakan Tempered Glass

Penting sekali untuk menggunakan tempered glass untuk melindungi layar agar tidak tergores. Carilah tempered glass yang original atau berbahan kaca untuk memberikan perlindungan maksimal terhadar layar.

Pakai Case

Gunakanlah case untuk melindungi body HP supaya tak tergores atau lecet ketika tak sengaja terjatuh.

Sering Update Software

Dengan seringnya update Software secara berkala akan membantu untuk meningkatkan responsivitas atau minimalisir bug.

Pakai Charger Ori

Untuk membuat awet baterai, kamu juga bisa menggunakan charger original Infinix dan hindarilah menggunakan charger yang tak sesuai atau abal-abal.

Dengan menggunakan charger atau kabel yang bukan original terkadang bisa berisiko membuat HP mudah rusak, terutama pada baterai.

Pengisian Baterai

Hindarilah charger HP sampai 100%, alangkah baiknya mengisi sampai 80-90% untuk menjaga kesehatan baterai.

Serta hindarilah untuk charger baterai dari 0% dan minimal bisa charger sekitar 20-30%. Apabila setelah selesai, langsung cabut kembali untuk menghindari overcharging.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Infinix HOT 30 Free Fire di Tahun 2024

Nah, semoga informasi di atas bisa menjawab pertanyaan-mu terkait apakah HP Infinix cepat rusak? sebetulnya hal ini tergantung pemakaian pengguna.

Bagi kamu yang ingin top up kebutuhan produk digital favorit-mu termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!