Apa itu VTuber dan Perkembangannya di Indonesia

Apa Itu VTuber

Apakah kamu pernah mendengar VTuber? Lalu, sebenarnya apa itu VTuber? Tenang aja, kali ini kita akan mengulas tentang VTuber tersebut.

Seiring dengan semakin majunya teknologi membuat banyak perubahan pada berbagai aspek. Salah satu aspek tersebut adalah aspek hiburan.

Karena saat ini di dunia hiburan tengah dihebohkan dengan fenomena VTuber. Dimana

VTuber ini biasanya membuat konten musik video layaknya idol dan membagikannya di berbagai platform seperti YouTube, Twitch, dan sosial media lainnya.

Namun, yang membedakannya dengan idol adalah VTuber ini bukanlah manusia, melainkan sebuah animasi yang berbentuk 2D maupun 3D.

Sungguh sangat mencengangkan bukan? Mungkin bagi sebagian orang fenomenal ini tidak terbayangkan beberapa tahun lalu, namun sekarang sukses menjadi salah satu ikon dunia hiburan.

Untuk kamu yang masih belum memahami apa itu VTuber, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga: Sejarah Istilah Bocil Kematian, Sering Digunakan Youtuber!

Apa itu VTuber?

Apa Itu VTuber
Animasi VTuber. Source: YouTube/IpoChan Official

VTuber berasal dari singkatan Virtual YouTuber. VTuber adalah content creator yang membuat berbagai konten animasi berbentuk 2D dan 3D. 

Biasanya animasi untuk konten VTuber dibuat menggunakan teknologi 3D CGI, jadi tidak heran jika VTuber bisa membuat animasi yang imut, seolah hidup, serta memiliki mimik wajah layaknya manusia.

Tren VTuber ini berawal dari Jepang pada tahun 2016 silam. Dimana Kizuna AI menjadi pelopor yang membuat VTuber menjadi sangat diminati oleh khalayak ramai.

Meskipun sudah muncul sejak 2016, namun fenomena VTuber ini benar-benar masif dilakukan secara global adalah pada tahun 2020. 

Jika kamu ingin menikmati konten-konten dari VTuber, kamu bisa menemukannya di platform seperti YouTube, Twitch, TikTok, Facebook, Bilibili, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Download Video YouTube Menggunakan Browser

Kenapa VTuber Sangat Diminati?

Apa Itu VTuber
Kenapa VTuber Populer? Source: YouTube/Clarra Charlone Official

Tentu kamu akan bertanya-tanya tentang fenomena VTuber ini. Apa yang membuat mereka begitu diminati di seluruh dunia?

Saat ini, komik dan animasi asal Jepang atau Manga dan Anime sudah sangat digemari oleh semua kalangan di penjuru dunia. Dan VTuber jika diperhatikan sekilas memiliki kemiripan dengan anime.

Jadi, faktor kemiripan inilah yang menjadi salah satu faktor kenapa VTuber sangat sukses beberapa tahun terakhir. 

Di sisi lain, karakter anime tidak bisa berinteraksi dengan penggemarnya, dan kekurangan inilah yang dijadikan oleh VTuber sebagai peluang kesuksesan.

Sebab jualan utama dari VTuber ini adalah kemampuan animasinya untuk berinteraksi dengan penggemarnya. Mulai dari membacakan pesan yang dikirim, bernyanyi, hingga bisa bermain game bersama penggemar.

Jadi, itulah yang membuat VTuber sangat sukses dan meraih banyak penggemar.

Baca juga: Cara Download Lagu MP3 Dari Youtube Menggunakan Browser

Perkembangan VTuber di Indonesia

Apa Itu VTuber
Animasi VTuber Khas Indonesia. Source: YouTube/Maya Putri

Di Indonesia sendiri perkembangan VTuber lumayan kencang, karena banyak Youtuber lokal yang beralih profesi menjadi Vtuber.

Biasanya konten yang dibuat oleh Vtuber Indonesia adalah karakter anime dan dipadukan dengan kebudayaan Indonesia.

Di Indonesia sendiri pernah menjadi salah satu negara yang menyelenggarakan audisi untuk mencari Vtuber berbakat. Dimana Hololive Production yang merupakan sebuah agensi asal Jepang yang menjadi penyelenggara audisi ini.

Beberapa VTuber Indonesia yang terkenal antara lain Maya Putri, Tessa- Cerita Tesa, IpoChan Channel, Clara Charlone, Mintchan. Namun saat ini beberapa VTuber Indonesia ini sudah jarang mengupload video baru di channel YouTube mereka.

Baca juga: Yuk Tonton Youtuber Mobile Legends Berikut, Dijamin Menghibur!

Nah, demikianlah pembahasan kita mengenai apa itu VTuber. Semoga artikel kali ini bisa menjawab rasa penasaranmu selama ini.

Beli semua kebutuhan produk digital dan games kamu hanya di VCGamers Marketplace.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!