Apa Itu Moba? Inilah Penjelasan Lengkapnya!

Top Up ML

Kehadiran game membuat para gamers bermain game Moba. Namun, beberapa orang bertanya apa itu Moba? Nah, ternyata inilah artinya. Cek laman ini untuk penjelasan lengkapnya.

Apa tu Moba? MOBA adalah singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena. Terlepas dari popularitas game dengan genre ini, ada banyak pemain yang tidak tahu akronimnya.

Dengan kata lain, MOBA adalah permainan yang dimainkan secara online oleh lebih dari satu orang dan terbatas pada satu arena. Biasanya, developer game MOBA membuat sistem game 3 lawan 3, 5 lawan 5 atau lebih.

Jenis permainan dalam game ini adalah real-time action yang penuh dengan strategi. Strategi ini biasanya dilakukan dengan memaksimalkan skill dan keuntungan dari berbagai aspek yang disesuaikan dengan pengembang game.

Perkembangan game MOBA selama ini sangat penting. Ternyata banyak turnamen nasional dan internasional yang diadakan. Hal ini menunjukkan bahwa game MOBA memiliki jangkauan yang luas di pasaran. Info Sport menjelaskan singkatan MOBA di bawah ini.

Apa Itu Moba?

Apa Itu Moba?
Logo ML

Game bergenre MOBA termasuk dalam kategori mudah dipahami, namun lebih sulit dikendalikan saat dimainkan. Oleh karena itu, aspek manajemen permainan sangat wajib bagi para pemain.

Game bergenre MOBA termasuk dalam kategori mudah dipahami, namun lebih sulit dikendalikan saat dimainkan. Oleh karena itu, aspek manajemen permainan sangat wajib bagi para pemain.

MOBA terkenal dengan fitur-fiturnya yang dinamis, jadi tidak ada game yang sama dengan game sebelumnya. Mekanik permainan yang kompleks, dikombinasikan dengan kemampuan yang berbeda dari setiap pemain, tentu saja menjamin pengalaman bermain yang tidak berulang.

Selain itu, MOBA juga memiliki konsep permainan yang sederhana dan mudah dipahami. Dengan mengetahui tujuan menghancurkan markas lawan, pemain dapat dengan mudah memenangkan permainan dengan memikirkan memperkuat karakter mereka sendiri.

Sistem permainan juga tidak serta merta menyediakan segala persiapan yang diperlukan untuk memenangkan permainan. Misalnya, tentara secara otomatis lari ke markas tim musuh.

Cheat MOBA juga tidak mudah. Dilengkapi dengan manajemen pengembang game untuk membuat game ini tetap dinikmati, sistem keamanan dari genre ini adalah harga yang jelas bagi pengembang untuk menjaga kualitas.

Beberapa judul MOBA dengan turnamennya sendiri juga didukung, yang mendorong industri game untuk terus fokus pada kenyamanan bermain game.

Fitur lain dari game MOBA ini adalah inklusivitasnya, yang tidak mengharuskan pemain mengeluarkan uang untuk bermain atau membujuk game.

Meskipun MOBA tergolong free to play, namun di dalamnya juga terdapat fitur premium. Ada juga penjualan barang-barang skin yang menambah nilai estetika pada game untuk memastikan pengalaman bermain yang unik. Lantas apa itu Moba dan game-nya?

Daftar Game Moba Populer  di Indonesia

Arena of Valor 

Apa Itu Moba?
AOV

Arena of Valor (AoV) merupakan game MOBA yang menjadi pesaing berat Mobile Legends. AoV memiliki berbagai mode yang bisa dimainkan. Dari lima menjadi lima, tiga menjadi tiga hingga lebih menuntut, satu lawan satu.

Seperti halnya Mobile Legends, AoV juga menyediakan item kustomisasi tambahan yang bisa didapatkan secara gratis atau melalui pembelian dalam aplikasi. Game ini dapat diunduh dari Google Play Store dan App Store.

Kamu akan bertarung bersama 4 pemain lain dengan 5 pemain lain dari tim yang berbeda. Setiap pemain bisa memilih hero apa saja, tapi tidak ada yang bisa memilih hero yang sama, karena hanya 1 orang yang bisa menggunakan 1 hero.

Semua pemain bebas memilih peran masing-masing, tetapi untuk berbagi peran yang efektif, selalu disarankan untuk memilih strategi dengan rekan satu tim.

Setiap karakter hero memiliki satu skill pasif yang selalu aktif, memiliki 2 skill normal yang memiliki cooldown singkat, dan satu skill terakhir yang memiliki cooldown paling tinggi dan biasanya berdampak paling besar.

Onmyoji Arena

Apa Itu Moba?
Arena

Bagi yang suka anime dan ingin bermain game MOBA bertema anime, Onmyoji Arena bisa menjadi pilihan. Berbeda dengan game MOBA lainnya, Onmyoji Arena memiliki karakter khas anime Jepang.

Bahkan detail game untuk Android dan bernuansa Sakura Land ini sangat kental di game besutan developer bernama NetEase ini. 

League of Legends Wild Rift

Apa Itu Moba?
LOL

League of Legends Wild Rift mungkin merupakan cikal bakal game mob di dunia ini. League of Legends dimulai pada tahun 2009 jauh sebelum Mobile Legends, pada saat itu game hanya bisa dimainkan di PC.

Dikarenakan penggunaan smartphone yang semakin eksplosif, League of Legends menjadi tertarik dan merilis game ini dalam versi mobile pada Oktober 2020.

Baca juga: Game MOBA Lintas Platform Pokemon UNITE Rilis Juli 2021!

Mobile Legends

Apa Itu Moba?
Mobile Legends

Mobile Legends adalah salah satu game MOBA 5v5 terbaik di platform seluler. Mobile Legends menjadi menarik berkat karakter Hero.

Sejauh ini sudah ada 41 hero Mobile Legends dengan berbagai role hero Mobile Legends, mulai dari shooter, tank, mage, warrior, assassin hingga support.

Seperti game MOBA pada umumnya, Mobile Legends menuntut pemainnya untuk bisa menghancurkan base musuh sekaligus mempertahankan basenya sendiri.

Game ini dirilis pada tanggal 14 Juli 2016 oleh developer game asal China yaitu Shanghai Moonton Technology, Ltd. Mobile Legends adalah pemain ikonik 5 lawan 5. Pemain dapat memilih hero yang terdiri dari lebih dari 100 karakter dengan 6 peran berbeda.

Baca juga: Moonton Larang Tim MPL Bikin Divisi Game MOBA Lain?

Singkatan apa itu MOBA di atas mungkin bisa menjadi referensi untuk membaca genre game arena online dan oleh pemain lainnya. Jika masih ada temanmu yang bertanya apa itu Moba? Silahkan share artikel ini padanya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!