Apa Itu Metaverse? Begini Penjelasan Singkatnya!

crypto metaverse

Saat ini masih banyak orang yang bertanaya apa itu metaverse. Metaverse adalah topik yang saat ini populer di hampir semua kalangan. Tak hanya pegiat teknologi, pegiat ekonomi dan bisnis juga ramai membicarakan terobosan teknologi ini.

Popularitas dunia virtual ini langsung meningkat signifikan setelah Mark Zuckerberg (CEO Facebook) mengumumkan perubahan nama perusahaannya menjadi Meta Platforms, Inc. Dengan orang-orang seperti Mark Zuckerberg dan juga masuknya Facebook dalam kategori media sosial terbesar di dunia.

Bukan sekedar rebranding dari segi nama, dunia virtual ini identik dengan berbagai ide futuristik. Dunia maya bukan lagi sekedar mimpi, tapi bisa menjadi kenyataan. Jadi apa itu metaverse? Pada artikel ini kamu akan menemukan penjelasan lengkap tentang dunia virtual ini.

Apa Itu Metaverse?

apa itu metaverse
apa itu dunia virtual

Metaverse adalah dunia virtual yang memungkinkan pengguna untuk terhubung, berkomunikasi, bekerja, bermain, dan bertransaksi seperti di dunia nyata. Pada prinsipnya, konsep dunia virtual ini belum didefinisikan secara pasti.

Sederhananya, metaverse adalah konsep dunia virtual yang dapat ditempati dan diisi dengan berbagai objek dan aktivitas seperti dunia nyata. Konsepnya merupakan kombinasi dari banyak elemen teknologi, termasuk virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Dikutip dari situs resmi Meta, dunia virtual ini berfokus untuk membantu orang terhubung, menemukan komunitas, dan mengembangkan bisnis secara virtual. Dunia virtual ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas di dekat pengguna lain.

Contoh event populer di metaverse adalah konser Justin Bieber di tahun 2021. Seiring kemajuan teknologi, semua event yang ada di dunia nyata nantinya bisa diadakan di dunia virtual ini.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Hal-hal di Metaverse

apa itu metaverse
Meta menjadi masa depan manusia

Metaverse memungkinkan kamu melakukan hal-hal seperti pergi ke konser virtual, bepergian online, membuat atau melihat karya seni, dan mencoba membeli pakaian digital.

Dunia virtual ini bisa menjadi game-changer untuk sistem work-from-home atau work-from-home di tengah pandemi Covid-19. Alih-alih hanya melihat rekan kerja di kotak obrolan video seperti aplikasi konferensi video, karyawan dapat berkumpul di kantor virtual.

Baca juga: Best of 2021’s Laptop: Microsoft Surface Laptop 4 vs. M1 MacBook Air+Pro!

Facebook sendiri meluncurkan perangkat lunak pertemuan untuk perusahaan bernama Horizon Workrooms dan digunakan dalam headset Oculus VR-nya. Headset seharga $300 ini menempatkan pengalaman dunia virtual ini terbaik di luar jangkauan massa.

Menurut Zuckerberg, banyak pengalaman dunia virtual ini telah dibuat yang memungkinkan kemampuan untuk berteleportasi dari satu pengalaman ke pengalaman lainnya. Perusahaan teknologi perlu menemukan cara untuk menghubungkan platform online mereka satu sama lain.

Apakah Metaverse Pengganti Internet? 

apa itu metaverse
Meta akan menggantikan internet

KAmu mungkin terkejut membaca bahwa dunia virtual ini pada akhirnya akan mengambil alih internet. Apakah Facebook, Microsoft, dan Disney Mencoba Mengambil Alih Internet melalui Metaverse?

Baca juga: 5 Alasan Microsoft Beli Activision Seharga Rp 1.000 Triliun

Hal ini adalah beberapa penjelasan yang paling penting dari apa itu metaverse. Dunia virtual ini diyakini sebagai langkah awal yang memberikan peluang untuk menjadikan dunia digital lebih komprehensif dan inklusif. Jadi, apakah kamu siap untuk hidup di dunia maya?

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID