Apa itu Mekanik di Mobile Legends? Simak Penjelasannya Disini

Apa Itu Mekanik

Apa itu mekanik? Pertanyaan itu muncul dari pemain awam yang mungkin baru memainkan game MOBA seperti Mobile Legends.

Mekanik sendiri sebenarnya merupakan istilah yang sudah cukup lama muncul di game MOBA seperti AOV, LOL, DOTA, sampai Mobile Legends. Bagi beberapa pemain pun istilah tersebut mungkin sudah sangat familiar.

Meskipun begitu, pemain baru pun mungkin sudah sering mendengar istilah mekanik yang keluar dari mulut pro player atau pemain dengan rank yang tinggi. Namun, mereka mungkin belum mengetahui apa itu mekanik. 

Istilah itu pun makin sering terlontar apalagi dengan berkembangnya game MOBA, termasuk Mobile Legends.

Mobile Legends merupakan game buatan Moonton yang rilis pada tahun 2016 lalu yang kini menjelma jadi salah satu game MOBA paling populer di sejumlah negara.

Game ini memang cukup menarik banyak perhatian dari para gamers dengan banyaknya pengguna aktifnya.

Gameplay yang menarik serta berbagai macam karakter hero dengan kekuatannya masing-masing menjadi beberapa daya tarik bagi publik.

Jadi, pemain bisa memilih hero sesuai dengan karakter bermainnya serta role yang mereka kuasai karena selain kekuatannya, role dari heronya pun bermacam-macam.

Selain itu, Mobile Legends juga merupakan game yang cenderung memiliki tempo cepat. Tak heran jika pemainnya memang memerlukan kecepatan jari yang cukup mumpuni agar bisa bermain dengan efektif. Nah, hal tersebut memiliki kaitan dengan istilah mekanik di Mobile Legends. 

Kali ini, kami akan memberi penjelasan mengenai apa itu mekanik di Mobile Legends. Langsung simak pembahasannya di artikel ini.

Baca juga: Bocoran Skin Starlight Juni 2022

Apa itu Mekanik?

Apa Itu Mekanik
Mekanik Mobile Legends (Sumber: GGWP.ID)

Dalam Mobile Legends, mekanik merupakan istilah yang menjelaskan kecepatan jari, ketepatan posisi, serta keahlian pemain dalam memakai sebuah hero. Dengan kata lain, istilah tersebut berkaitan dengan penguasaan hero itu sendiri.

Mekanik juga menjadi bagian dari skill mikro dari sebuah hero. Hal ini dikarenakan hero di Mobile Legends ada yang memiliki mekanik tinggi dan mekanik rendah.

Sementara itu, ada juga istilah player mechanic yang menggambarkan seorang pemain yang punya skill mekanik tingkat tinggi.

Jadi, kalian sebagai pemain perlu memahami betul mekanisme dari hero yang kalian pakai karena itu menjadi salah satu hal dasar agar permainan bisa berjalan efektif.

Selain berkaitan dengan penguasaan hero, mekanik juga bisa menggambarkan kemampuan pemain dalam memperhatikan map, positioning, atau decision making. Hal-hal tersebut masuk ke dalam mekanik mikro dan mekanik makro.

Baca juga: 5 Hero ML Tersakit Dengan Gameplay Mematikan, Musuh Kabur!

Mekanik Mikro

Apa Itu Mekanik
Mekanik Mikro (Sumber: Medcom.id)

Mikro adalah aspek kecil dalam game Mobile Legends yang memiliki pengaruh terhadap permainan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mikro ini berhububungan dengan mekanik pemain atau skill pemain dalam menguasai sebuah hero.

Mekanik mikro di Mobile Legends ini terdiri dari kecepatan jari, penempatan posisi yang tepat, hingga penggunaan combo.

Tak cuma itu saja, hal lainnya seperti farming, kemampuan membaca gerakan musuh laning juga termasuk ke dalam mekanik mikro. Mudahnya, mekanik mikro adalah seberapa jago skill pemain menggunakan hero yang dipilihnya.

Biasanya, pemain yang memiliki mekanik mikro yang tinggi akan mengisi posisi core, mulai dari offlaner, midlaner, atau safelaner.

Baca juga: Rekomendasi Build Fanny ML di Season 24, Badas Nih!

Mekanik Makro

Apa Itu Mekanik
Mekanik Makro (Sumber: m.mobilelegends.com)

Berbanding terbalik dengan mikro, mekanik makro di Mobile Legends merupakan aspek besar yang juga memiliki pengaruh penting dalam permainan.

Karena menjadi aspek besar, makro tidak hanya berkaitan dengan pemain dan heronya saja, tetapi juga hal lainnya. 

Hal lainnya itu termasuk penguasaan map, strategi, manajemen waktu, decision making, dan kemampuan baik dalam membaca gerakan lawan.

Penguasaan map menjadi penting untuk bisa memprediksi langkah apa yang diambil sesuai dengan posisi musuh. Begitu juga dengan decision making dimana pemain perlu memperhatikan skill serta kondisi saat itu agar pengambilan keputusannya tepat.

Makro ini saling berkaitan dengan mikro karena pemain yang memiliki mikro yang baik belum tentu bisa meraih kemenangan jika tidak menguasai makro.

Pemain yang mengandalkan makro biasanya adalah sosok Support dan Tank yang beperan sebagai inisiator. Pasalnya, mereka perlu mengambil keputusan dengan cepat dan bahkan mengambil beberapa langkah sekaligus.

Baca juga: Baru Download Mobile Legends? Coba 24 Hero Tanpa Mekanik Rumit Ini Sob!

Tips Meningkatkan Mekanik

Setelah mengetahui apa itu mekanik, perbedaan antara mikro dan makro, kini kami berikan tips untuk meningkatkan mekanik kalian.

Sebagai player Mobile Legends, kalian tentu saja ingin memiliki mekanik yang tinggi, entah itu mikro atau makro. Jika memiliki mekanik yang baik, kalian akan memiliki peluang lebar untuk bisa meraih kemenangan.

Tips yang mungkin memiliki pengaruh besar terhadap peningkatan hal tersebut adalah dengan memperbanyak jam terbang. Dengan kata lain, kalian memang harus lebih sering bermain Mobile Legends.

Untuk meningkatkan mikro, kalian bisa memainkan salah satu hero yang kalian kuasai dengan intensitas yang cukup sering. 

Semakin sering menggunakannya, maka kalian akan lebih cepat mengenal karakteristk dan menguasai cara kerja dari hero itu sendiri.

Setelah mengenal betul cara kerja heronya, kalian pastinya akan lebih paham dan lebih gesit dalam memainkan jarinya.

Selain itu, kalian juga bisa melihat video dari YouTube mengenai hero agar kalian bisa mendapatkan pemahaman lebih mengenai hero tersebut.

Tips tersebut juga tidak jauh beda buat kalian yang ingin meningkatkan makronya. Dengan semakin sering bermain, perlahan akan semakin paham juga mengenai penguasaan map, cara mengambil keputusan, serta strategi lainnya.

Jangan ketinggalan juga untuk melihat gameplay dari para pro player di live streaming atau dari YouTube yang bisa kalian pelajari dan jadikan referensi.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu mekanik yang merupakan istilah yang sudah familiar di dunia game MOBA, tak terkecuali Mobile Legends.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!