Apa Yang Dimaksud Dengan Glitch Game? Ini Pengertiannya!

apa itu glitch game

Glitch game kadang menjadi penentu penilaian sebuah game yang dinilai baik itu oleh reviewer maupun pemain.

Kamu mungkin sering mendengar sebuah game buruk akibat banyaknya glitch yang dialami selama pemain memainkan game tersebut.

Berbagai game yang berpotensi bagus pun kadang harus mendapatkan penilaian jelek karena terdapatnya glitch. 

Contohnya adalah game WWE 2K20 yang sangat dinantikan sebelumnya, mendapatkan penilaian parah akibat banyaknya glitch yang dirasakan selama pemain memainkan game tersebut.

Bagi kamu pemula dalam dunia game, beberapa kalangan pemain mungkin masih ada yang bingung apa itu glitch pada video game?  Mengapa glitch bisa mengakibatkan hal buruk?

Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai semua hal yang berhubungan dengan glitch game.

Definisi Glitch Game

glitch game membuat rating wwe 2k20 jelek
WWE 2K20 Mempunyai Banyak Glitch

Glitch game diambil dari kata glitch dalam bahasa Inggris. Kata ini sebenarnya bukanlah kata baku atau bisa dibilang bahasa gaul.

Diambil dari bahasa Jerman ‘ glitschen’ yang berarti pergeseran atau menggeser. Kata ini digunakan untuk menyebutkan kesalahan yang mengakibatkan adanya “sesuatu yang bergeser” atau melenceng dari hal yang seharusnya atau terjadi kesalahan.

Tidak hanya terjadi di video game saja, glitch pun dapat terjadi juga pada elektronik seperti komputer, TV, handphone, dan elektronik lainnya.

Pada game definisi glitch untuk game sendiri adalah suatu fenomena terjadi kesalahan perangkat lunak (software) yang dapat menyebabkan masalah drastis dalam kode yang digunakan untuk merancang suatu game.

Penyebab glitch game ini biasanya tidak diketahui selama pembuatan software game tadi, dan baru akan diperbaiki apabila game telah dijalankan oleh para pengembang game.

Perbaikan biasanya dilakukan oleh pengembang game melalui update atau patch yang diluncurkan.

Namun ada juga glitch yang justru unik hingga glitch menjadi fitur resmi oleh pengembang game tersebut.

Baca juga : Apa itu Joki Game Online? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Dampak Glitch untuk Performa Game

glitch game elden ring
Elden Ring Adalah Game Baru Namun Ditemukan Beberapa Glitch

Sebenarnya dampak dari glitch ini tidak bisa dibilang 100% buruk ataupun 100% baik. 

Hal tersebut kadang ditentukan dari seberapa besar glitch tersebut dapat memberikan keuntungan maupun kerugian untuk pengalaman bermain game tersebut.

Misalnya glitch game tersebut mengganggu serangan musuh seperti menyebabkan musuh terdiam sesaat, hal itu pastinya akan menguntungkan pemain.

Namun sebagian besar glitch justru menghadirkan hal yang kurang baik misalnya mengganggu kualitas bermain. Glitch ini mempengaruhi kualitas game lainnya seperti penurunan frame rate FPS, background music tiba-tiba hilang dan lain-lain.

Kamu pasti kesal apabila saat seru-serunya melawan sesuatu tiba-tiba terganggu suatu hal dan mau tidak mau menyebabkan kamu kalah bukan?

Namun banyak juga glitch yang lucu dan menghibur jadi membuat pengalaman bermain game kamu semakin seru. 

Misalnya pada game terbaru keluaran FromSoftware yaitu Elden Ring terdapat glitch untuk pemain melompat ke daerah tertentu yang selain seru namun juga menolong pemain dari serangan musuh.

Baca juga : Apa Itu Staking? Ini Penjelasan Lengkapnya

Penyebab Terjadinya Glitch

glitch game membuat karakter miring genshin
Posisi Childe Genshin Impact Miring Karena Glitch

Biasanya penyebab utama terjadinya glitch game adalah adanya kesalahan pada Programming.

Game biasanya terdiri dari beberapa program tertentu. Program tersebut tersusun atas berbagai kode.

Kode inilah yang akan membuat game tersebut bergerak misalnya kode untuk menyerang musuh dengan senjata pedang akan memberikan efek karakter juga menyerang musuh menggunakan senjata pedang, bukan senjata lainnya.

Namun kode pemrograman (programming code) tersebut kadang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan dengan pemain game atau terjadi pemasukan kode yang salah. Kesalahan tersebut itulah yang dapat menyebabkan glitch game.

Namun kesalahan lainnya misalnya laptop, device atau perangkat yang kurang mendukung, RAM yang tidak sesuai dengan rekomendasi untuk memainkan game tersebut bisa juga menjadi faktor terjadinya glitch game.

Bahkan Mod atau modifikasi lainnya yang dibuat oleh pemain game juga dengan maksud apapun seperti kecurangan, dapat juga mengakibatkan terjadi glitch dan error yang menyebabkan performa game akan turun.

Jenis-Jenis Glitch Game

glitch game glitch grafis genshin impact
Glitch Grafis Genshin Impact

Jenis yang terjadi di game beragam mulai dari glitch pada text dan lain-lain. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dikategorikan sebagai glitch game

Kesalahan tekstual adalah glitch game ini biasanya karena adanya kesalahan input kesalahan ejaan, tata bahasa, dan juga informasi yang salah dalam teks. 

Glitch game ini biasanya tidak mempengaruhi gameplay secara langsung, namun karena teks merupakan media komunikasi seperti pemberitahuan tata cara game, kesalahan teks dapat mengakibatkan perintah menjadi ambigu.

Hal ini dapat mengakibatkan pemain tidak mengikuti tata cara sehingga melakukan hal yang tidak sesuai dengan tata cara game.

Baca juga : Mengupas Tuntas Apa Itu Karbitan

Glitch grafis termasuk glitch selanjutnya yang dapat terjadi. Hal ini biasanya menyebabkan grafis hilang, tekstur game rusak, model karakter menjadi salah bentuk, dan lain sebagainya.

Glitch game ini biasanya minor dan tidak terlalu mempengaruhi gameplay. Namun apabila glitch terjadi di area yang luas maka akan mengganggu.

Crashes and Freeze adalah jenis glitch game yang mempengaruhi cukup mayor untuk game. Hal ini dapat menyebabkan game langsung berhenti bekerja.

Hal yang mungkin terjadi adalah data game yang kamu simpan bisa menjadi rusak sehingga tidak bisa digunakan.  

Glitch game terakhir yang dibahas adalah Scripting Errors. Scripting error adalah kesalahan pada kode pemrograman game sehingga menjadi glitch.

Hal ini biasanya terjadi karena soft-locking ketika script event di game tersebut tidak akan terpicu karena alasan apapun, sehingga mencegah pemain membuat progress atau kemajuan dalam bermain game.

Untuk mencegah hal tersebut adalah melakukan reload atau mengulang kembali data yang telah kamu simpan sebelumnya untuk bermain game.

 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!