Apa Itu Dusting Attack? Inilah Penjelasan Lengkapnya!


apa itu dusting attack

Informasi kapitalisasi pasar Altcoin menjadi sasaran dusting yang banyak terdengar di pertengahan tahun 2020. Lantas, apa itu dusting attack?

Apa itu dusting attack? Dusting itu sendiri merupakan rencana para peretas dengan mengirimkan “sumbangan” aset kriptografi dan sejumlah kecil uang kepada pengguna. Di mana “donasi” mengarah pada pencurian data pengguna.

Hal ini sangat berbahaya pada aset yang kamu miliki, kamu perlu mengetahuinya dan cara mencegahnya.

Apa Itu Dusting Attack?

crypto scam
apa itu dusting attack

Dusting adalah skema peretasan untuk mendapatkan informasi terperinci tentang pemilik dompet cryptocurrency dengan mengirimkan sejumlah kecil koin atau token ke dompet pengguna. Tidak ada indikasi yang tepat tentang jumlah potongan yang mengacu pada kata dusting.

Jelas, serangan ini tidak dapat digunakan untuk trading, karena sebagian besar bursa menangani beberapa perdagangan terkecil. Di sisi lain, nama merek sangat kecil sehingga banyak orang tidak menyadari bahwa itu ada di dompet mereka.

Bahkan, setelah peretas atau hacker membuat “hadiah” ke dompet pengguna, mereka akan melacak dan memantau semua aktivitas pengguna.

Seperti yang kita ketahui, aset kripto seperti Bitcoin tidak anonim, mereka anonim. Hal ini berarti bahwa peretas dapat melacak semua dana dan transaksi untuk melakukan analisis gabungan dari beberapa alamat, memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi identitas orang atau bisnis di balik dompet pengguna. 

Jika berhasil, peretas dapat menggunakan informasi tersebut untuk melakukan penipuan, serangan penipuan phishing, dan bahkan ancaman pemerasan online terhadap pengguna. Risiko penyebaran serangan inilah yang harus diwaspadai oleh pengguna aset kripto. 

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Baca juga: Bitcoin Adalah Crypto Tertua di Dunia, Ini Penjelasannya!

Cara Menghindari Dusting Attack

Crypto FOMO
apa itu dusting attack dalam dunia crypto

Dengan menggunakan dompet deterministik (HD), membuat alamat baru setiap kali kamu melakukan transaksi dapat menyulitkan pelacakan.

Beberapa dompet juga menunjukkan debu UTXO (token transaksi yang tidak digunakan), yang dapat kamu tandai sebagai barang berharga yang tidak boleh digunakan atau disia-siakan. 

Dengan kata lain, cara terbaik untuk menghindari serangan dusting adalah dengan tidak memanfaatkan banyak aset kripto yang menurut kamu mencurigakan.

Nantinya, tidak ada yang bisa melacak informasi tentang aktivitas pengguna dompet aset kripto. Dusting dalam portofolio aset kripto tidak akan memberi siapapun hak untuk mengendalikan uangmu.

Kebijakan privasi dompet aset kripto virtual sangat membantu dalam menangani masalah yang terkait dengan debu mata uang kripto. 

Sobat Vicigers harus berhati-hati dengan dusting attack ini, karena kamu tidak mengetahui serangan ini kapan akan datang.

Baca juga: Fakeout Artinya Gagal Terjadi, Begini Penjelasannya di Crypto

Kamu harus tahu cara menjaga dompet dan memantau saldo transaksi. Tinggalkan airdop dan dompet koin kecil untuk menghindari penipuan.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID