Apa itu DLC? Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Apa itu DLC, dia merupakan singkatan dari Downloadable Content atau Konten Unduhan yang dirancang untuk memperkaya pengalaman bermain game. 
Update Spider Man 2 PS5
DLC Spider-Man 2. Source: thedirect.com

Apa itu DLC? Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

DLC menjadi salah satu istilah yang sering ditemui oleh para gamer pada game yang mereka mainkan, khususnya pada game PS4, PS5, hingga PC. Lalu apa itu sebenarnya istilah ini?

Meskipun DLC sering ditemui di game yang dirilis untuk konsol ataupun PC, namun game mobile juga ada beberapa yang menyediakannya. Salah satu game yang diketahui menggunakannya adalah Final Fantasy XV Pocket Edition.

Nah, biar gak semakin penasaran dengan istilah ini, yuk sama-sama kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga:

Apa itu DLC?

Update Spider Man 2 PS5
Spider Man 2 PS5. Source: PlayStation.Blog

DLC merupakan singkatan dari Downloadable Content atau Konten Unduhan yang merujuk kepada konten tambahan yang dirancang untuk memperluas dan memperkaya pengalaman bermain sebuah game. 

DLC biasanya membawa berbagai macam tambahan yang menarik, seperti karakter baru, level ekstra, hingga alur cerita yang baru. Sehingga dengan adanya edisi ini, akan membuat sebuah game bisa jadi lebih seru dan menarik.

Edisi tambahan ini biasanya dijual dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga game utama, dan bahkan ada juga game yang menyediakannya secara gratis. 

Selain itu, edisi tambahan ini juga bisa dijual sebagai bagian dari “season pass,” yaitu paket yang biasanya menawarkan diskon jika dibeli sekaligus.

Dapat disimpulkan jika edisi tambahan ini bisa menjadi cara yang pintar untuk memperpanjang umur sebuah dan memberikan nilai tambah bagi pemainnya. 

Awal Mula Munculnya DLC

Apa itu DLC
Elden Ring. Source: Official Site

DLC awalnya bermula dari layanan seperti GameLine Atari 2600 dan Sega Channel yang memungkinkan pemainnya untuk mengunduh game secara langsung. Meskipun begitu, konsep seperti ini dalam bentuk konten tambahan untuk game populer belakangan ini. 

Dengan adanya platform digital seperti Steam membuat distribusi DLC jadi lebih mudah. Selain itu, DLC juga sering kali dijadikan bonus dalam edisi khusus game, seperti edisi Game of the Year yang mencakup game utama dan semua DLCnya.

Dan seiring berjalannya waktu, konsep seperti ini menjelma menjadi model bisnis yang sangat menguntungkan bagi developer game. 

Dengan merilis edisi tambahan seperti ini secara berkala, akan membuat developer game bisa memperpanjang umur sebuah game dan menghasilkan pendapatan tambahan lebih. 

Namun tak jarang DLC juga memunculkan kontroversi, karena dianggap  terlalu mahal atau berisi konten yang seharusnya sudah ada di dalam game utamanya.

Game yang Menggunakan DLC

Apa itu DLC
Cheat Red Dead Redemption 2. Source: VCGamers

Berikut beberapa game yang diketahui menggunakan DLC:

Watch Dogs (Bad Blood)

DLC dari game Watch Dogs ini memiliki judul Bad Blood dan akan mengajakmu berperan sebagai hacker eksentrik, T-Bone. Meskipun story dari DLC ini hanya melanjutkan kisah Watch Dogs pertama, tapi masih banyak elemen gameplay yang mirip dengan Watch Dogs 2. 

Fitur menarik yang akan kamu dapatkan disini antara lain bisa mengendalikan drone, menggunakan RTC, dan menanam bom dari jarak jauh. 

Bad Blood bisa dikatakan sebagai jembatan yang menghubungkan seri Watch Dogs pertama dan kedua.

Red Dead Redemption (Undead Nightmare)

Undead Nightmare merupakan perpaduan yang unik antara koboi dan zombie. Disini John Marston harus berjuang melawan wabah zombie di dunia liar Red Dead Redemption

Dengan side quest yang seru, karakter-karakter yang sangat familiar, serta humor yang khas, menjadikan Undead Nightmare tambahan yang sangat menyenangkan bagi penggemar game ini.

Blood and Wine di The Witcher 3: Wild Hunt

Dengan durasi game sekitar 30 jam, edisi ini menawarkan cerita yang menarik, karakter yang memikat, dan pertarungan yang epik. 

Skala konten yang ditawarkan tidak kalah dengan cerita utama, membuat Blood and Wine menjadi salah satu DLC yang paling memuaskan di dunia game.

Baca juga:

Demikianlah pembahasan kita kali ini. Semoga artikel ini menjawab pertanyaanmu.

Yuk top up game favoritmu dengan harga termurah hanya di VCGamers Marketplace.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!