Apa itu AFK di MLBB: Penyebab dan Hukumannya

Player MLBB AFK Invalid Game

Bagi para pemain Mobile Legends: Bang Bang, tentu kamu sudah tidak asing dengan istilah AFK. Ya, itu adalah hal yang sangat menjengkelkan saat game tengah berlangsung, apalagi saat sedang ranked.

Lantas sebenarnya apa itu AFK? Apa hukuman bagi player yang melakukannya? Ayo kita simak!

Apa itu AFK

Notifikasi AFK MLBB
Notifikasi AFK MLBB | Sumber: Irumira

AFK merupakan singkatan dari istilah bahasa Inggris, Away From Keyboard. Bila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia memiliki arti ‘Jauh dari Keyboard’.

Arti AFK yang sebenarnya adalah pengguna komputer sedang tidak berada di hadapan perangkatnya dalam jangka waktu yang cukup lama. Istilah tersebut sebenarnya digunakan pada sebuah room chat. Saat melakukan interaksi, salah satu orang pada room chat tersebut tidak merespon sama sekali, sehingga disebut AFK.

Sedangkan AFK dalam Mobile Legends atau game online lainnya adalah player sedang tidak dalam keadaan aktif untuk mengendalikan karakternya atau pemain tersebut meninggalkan permainan.

Padahal, kebanyakan game online, khususnya di perangkat mobile, mengharuskan semua player untuk terus aktif mengendalikan karakter untuk menyelesaikan misi permainan hingga merebut kemenangan.

Artinya, AFK merugikan rekan satu tim karena bisa saja menjadi faktor utama kekalahan.

Di Mobile Legends: Bang Bang atau MLBB, pemain yang AFK dengan alasan apapun, rekan satu tim akan diberi notifikasi yang menyatakan bahwa player dengan id name berikut tidak aktif selama waktu tertentu seperti contoh pada gambar berikut.

Saat notifikasi tersebut muncul, rekan satu tim akan mengetahuinya dan dapat memutuskan apakah akan melanjutkan permainan atau tidak.

Apabila memutuskan untuk tidak melanjutkan permainan, biasanya tim tersebut akan menekan melakukan vote ‘menyerah’ sehingga permainan selesai lebih cepat.

Penyebab Player Mobile Legends AFK

Solo Rank Lose Streak 1 - Jam Push Rank Terbaik
Ilustrasi Push Rank.

Player yang meninggalkan permainan saat game tengah berlangsung memang sungguh menyebalkan.

Namun, bisa saja player tersebut juga tidak menginginkan untuk meninggalkan permainan.

Berikut adalah beberapa faktor mengapa player Mobile Legends AFK.

Koneksi Internet atau Jaringan Buruk

Keberlangsungan game online bergantung pada koneksi internet. Semakin stabil jaringan, maka semakin lancar pula permainannya.

Faktor jaringan internet merupakan hal di luar kehendak player. Untuk itu, pastikan kembali kamu memiliki jaringan internet yang stabil sebelum memulai permainan.

Selain kamu lebih enjoy, rekan satu tim tidak akan terbebani karena permainan berjalan dengan lancar.

Rekan Satu Tim Payah

Di MLBB, kamu bisa bermain dengan bertemu para player di seluruh dunia. Faktor keberuntungan sedikit-banyak berpengaruh.

Bila beruntung, kamu akan mendapat rekan satu tim yang jago. Sebaliknya, bila kamu sedang apes, kamu akan mendapat rekan satu tim yang ternyata belum handal bermain.

Hal tersebut seringkali membuat pemain tidak puas hingga akhirnya memutuskan meninggalkan permainan.

Game Crash

Game crash merupakan salah satu penyebab menyebalkan yang membuat pemain Mobile Legends AFK. Saat sedang asyik push rank, terkadang aplikasi Mobile Legends tiba-tiba berhenti bekerja. Aplikasi mengalami crash dan keluar secara otomatis.

Beberapa kasus terjadi game crash karena penyimpanan ruangan yang hampir penuh atau jaringan internet yang tidak stabil.

Ada Keperluan Mendesak

Player game online biasanya dapat menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar. Hal mendesak yang tiba-tiba datang tentu saja tidak dapat dihindari dan ini bisa mengganggu jalannya permainan.

Ketika berada di situasi tersebut, player biasanya memilih meninggalkan permainan sejenak untuk menuntaskan hal mendesak tersebut.

Hukuman bagi Pemain AFK Mobile Legends

Notifikasi hukuman AFK MLBB
Notifikasi hukuman AFK MLBB | SUmber: Mobile Legends Net

Mobile Legends: Bang Bang tidak membenarkan AFK apapun alasannya. Player yang terdeteksi meninggalkan permainan saat game berlangsung, maka sistem otomatis akan memberikan hukuman.

Pemain tersebut akan kehilangan credit score dan yang paling fatal adalah banned account. Bila credit score terlalu rendah, maka pemain dilarang bermain di mode Ranked.

Sementara banned account berarti pemain tidak bisa masuk ke dalam aplikasi menggunakan id tersebut. Berikut contoh gambar notifikasi banned account.

Notifikasi Banned AFK Cheat MLBB
Notifikasi Banned AFK MLBB | Sumber: jagoankode

Tenang, pemain tidak langsung dijatuhi hukuman, melainkan diberi peringatan terlebih dulu. Namun, apabila pelanggaran terus bertambah, maka banned bisa saja terjadi.

Kamu bisa mempelajari trik memenangkan game MLBB saat teman AFK di sini.

Baca juga: Apa Artinya Defeat dalam Game Mobile Legends

Top Up Diamonds Mobile Legends murah, aman, dan terpercaya untuk membeli skin di dalam game tersebut hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!