Analisis Perbandingan Centralized dan Decentralized Exchange dalam Memaksimalkan Return

Investor dapat memilih untuk menyeimbangkan penggunaan Centralized dan Decentralized Exchange untuk memaksimalkan keuntungan
Centralized dan Decentralized Exchange

Analisis Perbandingan Centralized dan Decentralized Exchange dalam Memaksimalkan Return

Ada dua jenis bursa utama di pasar mata uang kripto, yaitu Centralized Exchange (CEX) dan Decentralized Exchange (DeEx). Investor dapat memaksimalkan keuntungan mereka jika mereka memahami perbedaan antara jenis bursa ini dan kelebihan serta kekurangannya.

Baca juga: 10 Game Kripto Play To Earn Terbaik

Gambaran Umum Centralized Exchange (CEX) 

Jenis Alt Coin Adalah
Gambaran Umum Centralized Exchange (CEX). Source: VCGamers

Centralized Exchange berfungsi dengan cara yang mirip dengan lembaga keuangan tradisional. Bursa ini menawarkan sebuah pusat bagi para pengguna untuk membeli dan menjual mata uang kripto. Pertukaran berfungsi sebagai broker, untuk menyimpan dana kamu dan memungkinkan perdagangan. Contoh CEX termasuk Coinbase, Binance, dan Kraken.

Lihat Crypto 30x: Panduan Strategis untuk Menemukan dan Memperoleh Keuntungan dari Koin dengan Pertumbuhan Tinggi untuk mengetahui cara menemukan dan mendapatkan keuntungan dari koin dengan pertumbuhan tinggi secara strategis.

Keuntungan dari CEX:

  • User-Friendly: Centralized Exchange lebih user-friendly sebab bursa ini memiliki interface yang mudah digunakan, dukungan pelanggan yang baik yang dapat membantu para pemula.
  • Likuiditas: CEX dapat menyediakan lebih banyak likuiditas daripada DEX, yang memungkinkan mereka untuk memungkinkan eksekusi perdagangan dalam waktu singkat tanpa menyebabkan terlalu banyak selip seperti yang dijelaskan di atas.
  • Regulasi dan Keamanan: Banyak CEX yang beroperasi di bawah struktur regulasi, menawarkan kepercayaan dan keamanan kepada pengguna.

Kekurangan dari CEX:

  • Kontrol terpusat: Exchange ini mengharuskan pengguna untuk mempercayai mereka dengan uang mereka, dan tidak ada yang bisa melupakan jumlah masalah yang diderita oleh para trader yang terdaftar di Mt Gox ketika diretas.
  • Biaya: Biaya untuk transaksi dan penarikan biasanya lebih tinggi di CEX dibandingkan dengan DEX.
  • Privasi Terbatas: Pengguna harus melalui KYC yang pada dasarnya bertentangan dengan ide koin yang sepenuhnya privasi.
Baca juga: 3 Game Kripto Menarik yang Tersedia Secara Online

Gambaran Umum Decentralized Exchange (DEX)

Decentralized Exchange (DeEx)
Gambaran Umum Decentralized Exchange (DeEx). Source: VCGamers

Decentralized exchanges (DEX) adalah exchange yang tidak bergantung pada pihak ketiga atau sekelompok orang untuk menyimpan dana kamu. Sebaliknya, mereka mengandalkan kontrak pintar untuk memfasilitasi transaksi antar pengguna melalui blockchain. Beberapa contoh DEX adalah Uniswap, Sushiswap, dan PancakeSwap.

Keuntungan dari DEX:

  • Kontrol: Pengguna mempertahankan hak asuh dan kontrol atas aset mereka karena transaksi diselesaikan langsung dari dompet mereka.
  • Privasi: DEX umumnya menghindari persyaratan KYC, menjaga anonimitas.
  • Biaya lebih rendah: Biaya transaksi dapat lebih rendah karena pada DEX tidak ada pihak ketiga yang terlibat, seperti dalam kasus perantara.

Kekurangan dari DEX:

  • Kompleksitas: User interface pada DEX lebih rumit, kurang intuitif, dan tidak ada dukungan pelanggan.
  • Likuiditas: DEX bisa jadi kurang likuid dibandingkan CEX, sehingga mengakibatkan selip harga yang lebih tinggi dan perdagangan yang lebih lambat.
  • Risiko Regulasi: Tidak adanya regulasi adalah pedang bermata dua yang mengarah pada penipuan yang lebih tidak pasti dan risiko kegagalan operasional bagi end-users.

Memaksimalkan Return: CEX vs DEX

Likuiditas Kripto
Likuiditas Kripto. Source: Resi.co.id

Peluang unik CEX vs DEX dalam hal memaksimalkan keuntungan.

Centralized Exchanges:

  • Likuiditas tinggi: Semakin tinggi likuiditas di CEX, maka dapat meningkatkan pengalaman trading, dan lebih disukai oleh trader dengan frekuensi tinggi atau transaksi dengan volume besar.
  • Fitur Perdagangan Tingkat Lanjut: Sebagian besar CEX hadir dengan berbagai pilihan yang tersedia bagi penggunanya, mulai dari margin atau leverage hingga kontrak berjangka yang dapat meningkatkan potensi keuntungan.

Decentralized Exchanges:

  • Yield Farming: DEX sering kali menawarkan kesempatan untuk melakukan penambangan likuiditas dan yield farming, di mana pengguna dapat memperoleh keuntungan dengan memberikan likuiditas kepada bursa. Bagi mereka yang berpengalaman dengan prosedur ini, hal ini dapat meningkatkan keuntungan secara signifikan.
  • Insentif Token: Banyak DEX memberikan insentif kepada pengguna dengan token asli, yang dapat meningkatkan nilai dan berkontribusi pada keuntungan secara keseluruhan.
Baca juga: Kripto Adalah? Simak Ulasan Lengkapnya!

Kesimpulan: Strategi Penyeimbangan

game kripto
Centralized dan Decentralized Exchange. Source: VCGamers

Investor dapat memilih untuk menyeimbangkan penggunaan CEX dengan DEX untuk memaksimalkan keuntungan dari investasi di masa depan. 

Karena tingkat likuiditas yang tinggi dan alat canggih dari CEX dapat digunakan bersama dengan mekanisme yield farming & staking yang hanya tersedia di DEX, investor memiliki lebih banyak ruang untuk menyempurnakan strategi mereka berdasarkan kondisi pasar naik atau turun.

Bagi mereka yang tertarik dengan potensi pertumbuhan tinggi, platform keuangan terdesentralisasi (DeFi) pada DEX dapat memberikan peluang yang menguntungkan. Meskipun demikian, ada orang-orang yang menempatkan keamanan dan fitur-fitur lain yang dibawa oleh bursa terpusat lebih tinggi dalam daftar prioritas mereka.

Dengan lanskap pertukaran mata uang kripto yang terus berubah, penting bagi investor untuk mengetahui keuntungan dan kerugian yang terkait dengan platform terpusat atau terdesentralisasi agar tidak hanya melakukan investasi tetapi juga melakukannya dengan bijak.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!