Anime

Alasan One Piece Hiatus Hingga April 2025

Published by
Sukmadara Arianti

Alasan One Piece Hiatus Hingga April 2025!

Baru-baru ini dunia anime sedang diguncang kabar menyedihkan, khususnya bagi penggemar One Piece atau Nakama dikarenakan One Piece akan hiatus.

Tentunya, pengumuman ini baru dikeluarkan secara resmi oleh One Piece dan Toei Animation beberapa hari yang lalu. Dari keputusan tersebut, para penggemar harus menunggu episode terbaru hingga enam bulan ke depan.

Namun, sebagai penggantinya, Toei Animation menjanjikan beberapa konten khusus untuk menghibur para penggemarnya selama masa hiatus tersebut.

Terkait pengumuman yang telah dipublikasikan melalui sosial media X, tentunya hal ini memunculkan spekulasi terkait cerita seru di episode 1122 yang menjadi episode terakhirnya.

Pada artikel kali ini akan membahas alasan di balik One Piece hiatus hingga April 2025 yang harus kamu ketahui!

Baca juga: 

One Piece

One Piece. Sumber: Crunchyroll/Youtube

Seperti yang kita tahun One Piece adalah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Eiichiro Oda. Pada awalnya, manga ini diterbitkan di majalah Weekly Shonen Jump miliki Shueisha sejak tanggal 22 Juli 1997 dan mulai diserialisasi di edisi #34 pada 4 Agustus 1997.

One Piece adalah manga terlaris sepanjang sejarah di Shonen Jump dan telah memegang rekor penjualan sebanyak 2.630.000 pada cetakan pertama.

Untuk animenya sendiri mulai diproduksi oleh Toei Animation di Fuji Television pada 20 Oktober 1999 hingga sekarang masih berjalan.

Awalnya, Eiichiro Oda merencanakan One Piece akan berjalan selama 5 tahun dan ia pun telah menetapkan endingnya. Akan tetapi, ia terlalu mendalami jalan ceritanya sehingga ia tak tahu kapan One Piece akan berakhir.

Cerita One Piece sendiri lebih mengisahkan tentang petualangan Monkey D. Luffy, yaitu seorang anak laki-laki yang memiliki tubuh elastis setelah memakan Buah Iblis secara tidak sengaja.

Monkey D. Luffy memiliki kru bajak laut yang bernama Bajak Laut Topi Jerami atau Straw Hat Pirates yang akan menjelajahi Grand Line untuk mencari harta karun terbesar di dunia yaitu “One Piece”.

Pengumuman Resmi One Piece Hiatus

Tweet About Announce One Piece Anime Are Taking a Breaks. Sumber: OnePieceAnime/X

Anime One Piece episode 1122 tayang pada 13 Oktober 2024 kemarin. Pengumuman hiatus ini diumumkan melalui sosial media X (@OnePieceAnime) dan Instagram (@toei_animation).

Disampsikan bahwa episode baru dari ‘Egghead Arc’ akan mengambil jeda dan rilis lagi pada April 2025.

Namun selama jeda tersebut, Nakama tak akan kehilangan tontonan One Piece, dikarenakan selama jeda ini Toei Animation telah menyiapkan penggantinya.

Salah satu anime yang akan tayang sebagai pengganti One Piece adalah “One Piece Log: Fish-Man Island Saga” dan akan dirilis pada 27 Oktober 2024.

Anime ini akan menceritakan tentang peristiwa menarik yang terjadi dari Fishman Island Arc serta akan tampil dalam Special Edited Version.

Menariknya, di dalam versi “Fishman Island Arc” akan berbeda dari versi remake dari WIT Studio dan ada beberapa peningkatan kualitas visual, voice over, opening dan ending-nya.

Selain itu juga, untuk memperingati hari ulang tahun yang ke-25, One Piece akan merilis anime spesial bertajuk “One Piece Fan Letter” yang merupakan adaptasi dari novel One Piece Straw Stories karya Tomohito Ohsaki.

Alasan One Piece Hiatus

25 Years of One Piece. Sumber: One Piece/Youtube

Berikut ini adalah informasi terkait alasan One Piece hiatus dalam waktu dekat dan akan kembali lagi pada April 2025 mendatang.

Meningkatkan Kualitas

Salah satu alasan dibalik keputusan hiatus-nya One Piece yaitu untuk memberikan jeda atau masa istirahat bagi para animator dalam meningkatkan kualitas produksi.

Toei Animation sebagai perusahaan produksi akan merilis konten One Piece yang lebih menarik dari sebelumnya setelah masa hiatus selesai.

Selain itu, One Piece yang baru direncanakan akan tayang kembali pada April 2025 dengan cerita yang lebih fresh dan kualitas lebih baik.

Konten Spesial

Walaupun One Piece ini akan hiatus selama enam bulan, tapi Toei Animation telah mempersiapkan beberapa konten spesial untuk menghibur Nakama.

Mulai dari 20 Oktober 2024, akan tayang anime spesial untuk memperingati hari ulang tahun One Piece yang ke-25 dengan judul “One Piece Fan Letter”.

Seminggu setelah penayangan anime “One Piece Fan Letter” tersebut, akan disuguhkan dengan anime One Piece terbaru yang berjudul “Fish-Man Island Arc” pada 27 Oktober 2024.

Pada versi baru tersebut, adalah hasil penyuntingan khusus dari 57 episode asli menjadi 21 episode dan disertai dengan peningkatan kualitas.

Hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman menonton para Nakama setia, menarik minat penonton baru dan menjaga antusias selama masa hiatus.

Manga One Piece Ikut Hiatus

Setelah anime-nya yang dikabarkan akan hiatus, baru-baru ini juga manga One Piece juga dikabarkan akan mengalami masa hiatus.

Informasi ini bersumber dari tweet akun X dengan username @ScothInformer, yang cukup dikenal yang sering membocorkan tentang manga One Piece.

Melalui tweet-nya ia mengatakan bahwa “One Piece is on Break Next TWO weeks. Back on early November” yang berarti “(Manga) One Piece akan jeda dan kembali lagi pada awal November”.

Manga One Piece hanya hiatus selama dua minggu saja dan tidak seperti versi anime-nya yang jeda hampir setengah tahun.

Masa hiatus manga One Piece akan dimulai pada Chapter 1130 yang direncanakan akan rilis pada 21 Oktober 2024 mendatang. Lalu, untuk Chapter selanjutnya bisa dinikmati pada 11 November nanti.

Hal ini bukanlah hiatus pertama untuk Eiichiro Oda, ia seringkali hiatus sejenak dalam melanjutkan ceritanya dan menggambar kelanjutan dari One Piece.

Selama 27 tahun manga One Piece tak berhenti diproduksi, terhitung hingga saat ini Eiichiro Oda sudah hiatus sebanyak 179 kali.

Dengan beristirahat sejenak, tentunya akan membantu Eiichiro Oda untuk membangun ide-ide fresh sebelum babak akhir kru Topi Jerami selesai.

Cerita manga One Piece saat ini telah memasuki Arc Pulau Elbaf yang dihuni oleh ras raksasa.

Dan disana pun menceritakan tentang petualangan kru Bajak Laut Topi Jerami yang berhasil kabur dari Angkatan Laut di Pulau Egghead milik Vegapunk.

Baca juga:

Buat kamu yang mau beli produk digital termurah, cepat dan aman, langsung aja ke VCGamers Marketplace, ya!

Sukmadara Arianti