Akan Rilis! Android 15 Menampilkan Banyak Fitur Menarik

Android 15

Akhirnya yang ditunggu-tunggu bagi pengguna smartphone Android, bahwa Google selaku pembuat operasi sistem berbasis Android telah merilis Android 15 walaupun versi tersebut masih dalam tahap Beta.

Google sendiri sampai saat ini hanya merilis Android 15 untuk smartphone buatan mereka yaitu pada seri Google Pixel, sedangkan untuk smartphone lain masih tahap “akan rilis”.

Lalu fitur apa saja yang menarik dari Android 15? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Baca juga: iOS 18: Fitur Baru dan iPhone & iPad yang Mendapatkan Update

Setup Beranda Kekinian

Setup Beranda Kekinian
Setup Beranda Kekinian. Source: Patreon.com/MishaalRahman

Pada Android 15 fitur baru yang rilis yaitu tampilan antar muka di menu halaman utama seperti pada Wallpaper dan Lock Screen.

Pada Android 15 nantinya perubahan ikon bisa diubah sesuka hati kita seperti perubahan warna untuk setiap ikon yang bisa sesuai dengan warna Wallpaper dan ikon tersebut bisa diubah warna sesuai dengan keinginan pengguna.

Pengaturan Lock Screen yang kekinian yaitu pengguna dapat mengatur tampilan jam pada tampilan Lock Screen yang lebih beraneka ragam, pengguna nantinya bisa mengganti warna, ukuran dan jenis jam yang akan digunakan, perubahan ini mirip seperti fitur perubahan ikon.

Pengaturan kontras yang lebih fleksibel pada tampilan Android 15, yang memungkinkan pengguna dengan mudah mengatur kontras untuk setiap teks ataupun aplikasi, sehingga pengguna dapat melihat teks dan ikon menjadi enak dilihat.

Baca juga: Kejutan Apple di WWDC 2024: AI, Siri, dan Fitur Baru Lain

Fitur Webcam

Pada Android 15 smartphone akan mendukung fitur Webcam untuk perangkat komputer atau laptop tanpa aplikasi pihak ketiga.

Jadinya pengguna dengan mudah melakukan koneksi antara smartphone ke komputer atau laptop dengan kabel USB dan ketika sudah terkoneksi, maka nanti akan muncul pilihan untuk menjadi Webcam.

Desktop Mode

Fitur ini mirip dengan fitur yang ada pada smartphone Samsung yaitu fitur Samsung DeX. Pengguna dapat melakukan koneksi layar smartphone ke layar monitor dengan menggunakan kabel type C sehingga nantinya layar yang tampil pada monitor akan seperti tampilan windows (desktop), namun tetap dengan operasi sistem Android.

Baca juga: 5 Daftar Game Engine Populer dengan Fitur Tercanggih!

Perekaman Layar Masing-Masing Aplikasi

Android 15
Perekaman Layar Masing-Masing Aplikasi. Source: Patreon.com/MishaalRahman

Android 15 menghadirkan fitur perekaman layar yang lebih fleksibel dan lebih mengutamakan kegunaan untuk setiap aplikasi.

Jadinya perekaman layar ini bisa digunakan untuk setiap aplikasi yang akan digunakan dan akan merekam aplikasi tersebut tanpa terbawa semua layar yang terekam.

Hal ini akan membuat notifikasi yang muncul dan pindah aplikasi di luar aplikasi yang direkam tidak akan terlihat.

Contohnya saja, jika pengguna merekam layar aplikasi Instagram, kemudian muncul notifikasi WhatsApp, maka notifikasi WA tidak akan terlihat.

Dan jika pengguna ingin pindah aplikasi dari Instagram maka perekaman layar akan tetap merekam aplikasi Instagram tanpa terlihat perpindahan aplikasi.

Fitur Split Screen

Fitur selanjutnya yang menarik, yaitu fitur Split Screen yang dapat tersimpan menjadi satu ikon.

Jadinya ketika pengguna menggunakan fitur Split Screen untuk dua aplikasi yang berbeda bisa disimpan menjadi satu ikon dan bisa dibuka kembali ketika ingin menggunakan Split Screen dengan dua aplikasi berbeda yang sebelumnya sudah disimpan.

Baca juga: Cara Menggunakan Character AI dan Fiturnya

Fitur Data Aplikasi

Fitur ini berguna untuk pengguna yang ingin menghapus aplikasi, tetapi data yang tersimpan tidak ingin dihapus.

Jadinya aplikasi yang dihapus akan tetap menyimpan data tersebut, akan tetapi penyimpanan akan tetap berkurang sesuai dengan ukuran aplikasi yang sudah dihapus.

Fitur ini cocok bagi pengguna yang mengalami penyimpanan penuh dan ingin menghapus beberapa aplikasi yang sudah terpasang di smartphone, namun tetap ingin menyimpan data tersebut agar tidak melakukan download ulang ketika ingin kembali menggunakan aplikasi tersebut.

Fitur Secure Folder

Fitur Secure Folder
Fitur Secure Folder. Source: Patreon.com/MishaalRahman

Pada Android 15 fitur Secure Folder akan rilis, Secure Folder ini mirip dengan fitur yang ada di Samsung. Secure Folder ini memungkinkan pengguna dapat menyimpan aplikasi dengan aman tanpa takut orang lain mengetahui aplikasi tersebut ada.

Secure Folder ini memiliki keamanan yang cukup kuat karena menggunakan email untuk login dan aplikasi yang berada dalam folder ini berbeda dengan aplikasi yang berada di luar folder, sehingga penggunaan aplikasi ini terlihat seperti baru.

Baca juga: Update Baru Windows 11, 6 Fitur akan Dihapus Windows

Booster Game

Fitur ini sangat berguna bagi para gamer, jadinya smartphone yang digunakan akan diperkuat lagi untuk meningkatkan performa berupa peningkatan FPS yang dihasilkan yang sebelumnya game tersebut hanya mendukung 60 FPS berubah menjadi 120 FPS.

Hal ini karena adanya peningkatan yang dilakukan oleh fitur Android 15 tersebut. Tapi harap diingat fitur ini hanya mendukung ketika layar dan mesin yang digunakan mendukung fitur tersebut.

Baca juga: Keren! Inilah Fitur Google Translate yang Jarang Digunakan

Nah itulah, pembahasan mengenai Android 15, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Jangan lupa untuk top up game favoritmu dengan mudah, cepat, aman, dan pastinya termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Elqin Despua

Hanya Penikmat Game Gacha