Arti People Nearby, Dampak dan Cara Menonaktifkannya

Arti people nearby yaitu fitur yang ada di pesan instan untuk menemukan atau menghubungkan pengguna lain yang berada dalam jarak dekat.
Arti People Nearby, Dampak, serta Cara Menonaktifkannya
Arti People Nearby, Dampak, serta Cara Menonaktifkannya. Sumber: Freepik

Arti People Nearby, Dampak, serta Cara Menonaktifkannya di Line dan Telegram

Di era yang serba canggih ini, mencari teman tampak terlihat lebih mudah dengan adanya fitur people nearby. Dengan fitur ini, kamu bisa berkomunikasi dan berteman dengan siapa saja melalui pencarian sesuai dengan jarak terdekat.

Adapun, fitur people nearby telah diterapkan pada beberapa aplikasi pesan instan populer seperti Line dan juga Telegram.

Walaupun mempermudah kamu untuk menjalin komunikasi dengan orang lain, ternyata people nearby juga menyimpan segudang dampak yang harus kamu ketahui. Dengan begitu, kamu perlu mempertimbangkan untuk menonaktifkannya.

Lalu, apa itu people nearby? Dan apa saja dampak serta bagaimana cara menonaktifkannya? Temukan jawabannya melalui artikel ini dengan menyimak hingga tuntas.

Baca juga:

Arti People Nearby

arti people nearby
Arti People Nearby. Sumber: Freepik

Secara singkat, arti people nearby yaitu sebuah fitur yang ada di aplikasi pesan instan untuk menemukan atau menghubungkan pengguna lain yang berada dalam jarak dekat.

Fitur ini populer di beberapa aplikasi pesan instan seperti Line atau Telegram. Sehingga, para pengguna aplikasi itu bisa berkomunikasi dengan orang baru tanpa harus repot mengetik ID atau nama pengguna.

Fitur ini bekerja dengan cara memanfaatkan GPS atau data lokasi terbaru yang ada pada perangkat. Dengan begitu, aplikasi tersebut bisa mengidentifikasi posisi pengguna dan menampilkan profil pengguna lain di area yang sama.

Dampak Positif dan Negatif dari People Nearby

arti people nearby
Dampak Positif dan Negatif dari People Nearby. Sumber: Freepik

Meskipun demikian, fitur people nearby yang ada di aplikasi perpesanan instan juga memiliki dampak positif dan negatif yang wajib kamu ketahui. Adapun, berikut adalah dampak positifnya:

  • Mudah dan Simpel: Dengan fitur ini, kamu bisa menemukan orang lain tanpa harus repot-repot mengetahui ID atau nama penggunanya. Hanya dengan mengaktifkannya, profil mereka akan langsung muncul dan kamu bisa langsung memulai obrolan,
  • Memperluas jaringan pertemanan: Jika kamu berada di lingkungan yang baru, fitur ini bisa sangat berguna untuk mencari teman dengan cepat,
  • Mempermudah networking: Bukan hanya pertemanan, fitur people nearby juga bisa kamu gunakan untuk memperluas networking. Misalnya, ketika menghadiri acara tertentu, kamu bisa mencari orang dengan minat serupa.

Di lain sisi, berikut adalah beberapa dampak negatif yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan saat mencoba mengaktifkan fitur people nearby:

  • Privasi dan keamanan: Dengan mengaktifkan fitur ini, lokasi kamu bisa diketahui oleh orang lain yang berada di sekitar. Tentunya, ini bisa mengganggu privasi yang juga berpotensi membahayakan keamanan kamu,
  • Tindakan spam: People nearby memungkinkan penggunanya untuk bisa mengirim pesan secara langsung. Dengan begitu, peluang kamu untuk bisa mendapatkan pesan spam menjadi semakin tinggi,
  • Tindak kejahatan: Masih banyak orang yang memanfaatkan fitur ini agar bisa bertemu dengan orang asing. Hal ini sangat berbahaya untuk keselamatan kamu, bisa saja mereka merupakan sesorang yang berniat jahat untuk melakukan penipuan atau tindak kejahatan lainnya.
  • Potensi pelecehan: Selain spam, bisa saja mereka mengirimkan pesan tidak diinginkan yang berpotensi untuk melakukan tindak pelecehan.

Cara Menonaktifkan Fitur People Nearby

arti people nearby
Cara Menonaktifkan Fitur People Nearby. Sumber: VCGamers

Jika kamu ingin menonaktifkan fitur people nearby setelah mengetahui dampaknya, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan:

Menonaktifkan People Nearby di LINE:

  1. Buka aplikasi LINE yang ada di handphone kamu;
  2. Di tampilan utama, pilih “lihat semua” pada menu “layanan”;
  3. Di bagian “lainnya”, pilih “people nearby”;
  4. Klik ikon “bergerigi” yang ada di pojok kanan atas;
  5. Maka akan muncul pop up konfirmasi untuk menonaktifkan;
  6. Klik “ok”;
  7. Fitur people nearby sudah berhasil dinonaktifkan.

Menonaktifkan People Nearby di Telegram

  1. Buka aplikasi Telegram;
  2. Pilih ikon “tiga garis” yang terletak di pojok kiri atas;
  3. Pilih “people nearby”;
  4. Pilih “stop showing me” atau “berhenti menampilkan saya”;
  5. Secara otomatis fitur people nearby akan ternonaktifkan.

Sebagai catatan, Telegram telah menghapus fitur tersebut lantaran banyak laporan terakit tindak kejahatan. Akan tetapi, cara di atas bisa saja kamu gunakan jika menggunakan Telegram versi lawas.

Baca juga:

Perlu kamu ketahui, segala tindakan yang berpotensi membahayakan orang lain dapat membawa kamu ke jalur hukum. Jadi, pertimbangkan ya jika ingin menggunakan fitur ini.

Buat kamu yang mau top up produk digital dengan harga termurah dan cepat, langsung aja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!