Kelebihan dan Kekurangan Infinix SMART 8

Bagi yang berminat untuk membeli, penting sekali untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Infinix SMART 8.
infinix smart 8 (2)
Sumber: Flash Gadget/Youtube

Kelebihan dan Kekurangan Infinix SMART 8

Saat ini sudah banyak sekali brand smartphone yang berlomba-lomba meluncurkan produk telepon genggam dengan spesifikasi terbaiknya, termasuk Infinix yang merilis HP seri SMART 8.

Infinix adalah salah satu brand smartphone yang dibanderol dengan harga yang terjangkau di kantong serta memiliki spesifikasi smartphone yang bagus.

Pasca perilisan di akhir tahun 2023, Infinix SMART 8 banyak dijual di beberapa negara dan termasuk di Indonesia sendiri dengan harga Rp1 jutaan.

Untuk kamu yang ingin membeli Infinix SMART 8, kamu bisa mengetahui terkait informasi kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini!

Baca juga: 

Infinix SMART 8

infinix smart 8 (1)
Sumber: infinixid/Instagram

Infinix Mobile merupakan perusahaan smartphone yang didirikan pada tahun 2013 oleh Transsion pada tahun 2013 dan memproduksi ke beberapa negara.

Perusahaan ini memiliki Research and Development Centers yang berada di Prancis dan Korea Selatan. Namun, sebagian besar produk smartphone-nya dibuat di Prancis.

Perlu diketahui bahwa Infinix Mobile telah tersedia di 30 negara-negara Asia di Timur Tengah dan Afrika. Lalu, menjadi brand smartphone pertama yang diproduksi di Pakistan.

Pada tahun 2017, Infinix telah mengalami peningkatan pemasaran yang cukup signifikan di Mesir dan diklaim sebagai merek terbesar ketiga setelah Samsung dan Huawei.

Lalu, pada 8 Mei 2018, Infinix Mobile Nigeria telah menandatangani perjanjian dukungan bersama seorang musisi asal Nigeria yaitu David Adedeji Adeleke (Davido).

Selain berkolaborasi bersama musisi, Infinix juga menjadi sponsor tim Liga Super India Mumbai City selama musim 2017 – 2018.

Infinix Mobile juga telah menjadi sponsor tim Esports di beberapa negara Asia, termasuk di Indonesia dan Malaysia supaya lebih dikenal oleh calon konsumennya.

Hingga saat ini, Infinix Mobile telah merilis produk smartphone-nya seperti Zero Series, Note Series, Hot Series, Smart Series, GT Series. Lalu, produk elektronik lainnya seperti Laptop, TV dan Tablet.

Namun, salah satu produk smartphone dari Infinix yang menjadi favorit para konsumen adalah Infinix SMART 8.

Infinix SMART 8 adalah salah satu produk smartphone entry-level dari Infinix yang menawarkan performa terjangkau dengan berbagai fitur dan spesifikasi modern.

Ponsel ini telah dilengkapi dengan layar besar yang berukuran 6,6 inch dengan resolusi HD+, menggunakan chipset dan RAM 2GB-4GB yang cocok untuk kebutuhan sehari-hari.

Harga Infinix SMART 8 ini cukup beragam sesuai kapasitas storage-nya yaitu 4GB/128GB seharga Rp. 1.249.000, 3GB/64GB seharga Rp. 1.099.000 dan 4GB/64GB seharga Rp. 1.149.000.

Kelebihan

infinix smart 8 (4)
Sumber: Flash Gadget/Youtube

Teruntuk kamu yang berminat untuk membeli Infinix SMART 8, simak dulu terkait kelebihan dari smartphone satu ini!

Desain Mirip iPhone

Jika dilihat-lihat, desain Infinix SMART 8 ini cukup mirip dengan iPhone terutama pada layout kamera belakangnya dan dilengkapi dengan frame rata pada body-nya.

Body-nya pun memberikan sentuhan finishing matte yang cukup bertekstur apabila kita genggam yaitu Vibrant Glow Texture Design.

Pada body belakang smartphone sangat berkilau yang membuat smartphone ini menjadi bercahaya jika terkena pantulan sinar matahari.

Namun berkat finishing matte-nya, tidak akan membuat noda sidik jari menempel. Jika menempel pun akan lebih mudah dibersihkan kembali.

Finishing matte yang bertekstur tersebut sebagai penutup belakangnya tidak akan menjadi unsur estetika SMART 8 saja, tapi juga supaya body smartphone tak licin.

Saat ini, Infinix SMART 8 sudah menggunakan port USB C dari yang sebelumnya adalah MicroUSB. Posisi sensor sidik jari berada di body samping bersamaan tombol power.

Slot Kartu SIM dan microSD

Smartphone Infinix SMART 8 ini memiliki dual SIM + 1 slot microSD. Kamu bisa menggunakan kartu microSD hingga 512 GB untuk menambah storage external.

Selain itu juga, kamu bisa menyambungkan flashdisk USB C yang telah didukung dengan fitur USB On-The-Go.

Magic Ring

Smartphone ini telah mendukung layar IPS LCD 6,6 inch yang beresolusi HD+ (720 x 1612) dan menggunakan model punch hole.

Salah satu keunikan dari layarnya adalah memiliki Magic Ring, yaitu tampilan notifikasi yang muncul di sekitar punch hole, mirip seperti Dynamic Island di iPhone.

Magic Ring tersebut bisa kompatibel dengan aplikasi-aplikasi bawaan smartphone Infinix seperti unlock smartphone, charger atau panggilan masuk.

Selain itu juga, memiliki refresh rate 90 Hz yang memungkinkan penggunanya untuk merasakan animasi lebih mulus dan cepat ketika scroll layar.

Untuk kecerahan layarnya sendiri hanya mencapai 500 nit, masih bisa digunakan di luar ruangan (outdoor) ataupun penggunaan dalam ruangan (indoor).

Dua Opsi Memori

Smartphone Infinix satu ini memiliki dua opsi memori yaitu 3GB/64GB dan 4GB/128GB yang masing-masing cukup menarik digunakan untuk menyimpan banyak data.

Namun sayangnya, untuk RAM 4 GB masih belum cukup untuk memenuhi keperluan bermain game berat karena rata-rata game saat ini lebih dari 4GB.

Hasil Kamera Bagus

Infinix ini memiliki dua kamera belakang yaitu kamera utama yang beresolusi 13MP f/1.8 serta kamera depth 0.3 MP. Akan tetapi, hanya kamera utama yang bisa mengambil gambar.

Kamera utamanya telah dilengkapi dengan empat flash yang tertata didalam sebuah ring. Untuk kamera depannya beresolusi 8 MP serta lampu flash.

Kamera utama dan kamera depan Infinix Smart 8 mampu menghasilkan video hingga beresolusi 1080p 30 FPS tanpa fitur stabilisasi video.

Hasil gambar yang diambil dari smartphone ini sangat bagus, terutama pada di luar ruangan dan di kondisi cerah atau siang hari yang sangat detail.

Namun, ketika di kondisi minim cahaya ataupun malam hari, detail gambarnya jadi turun dan buram.

Baterai Awet

Pada smartphone Infinix SMAR 8 ini telah dilengkapi dengan baterai 5000 mAh yang berada didalam body Infinix ini. Tentu, dengan kapasitas segini mampu bertahan selama satu hari untuk penggunaan normal.

Daya tahan baterainya bisa mencapai 39 jam untuk telepon dan 50 jam untuk memutar musik serta memutar video offline bisa bertahan hingga 36 jam.

Kekurangan

infinix smart 8 (3)
Sumber: Flash Gadget/Youtube

Dibawah ini adalah kekurangan dari Infinix SMART 8 yang harus kamu ketahui sebelum membelinya yaitu diantaranya sebagai berikut:

Tidak Ada Kamera Ultrawide

Smartphone Infinix SMART 8 ini hanya memiliki satu kamera belakang yang berfungsi, walaupun secara konfigurasi memang ada dua kamera.

Pasalnya, kamera pendamping untuk kamera utamanya merupakan kamera depth atau sensor kedalaman. Sensor kedalaman ini berperan untuk membantu kamera utama dalam menghasilkan foto bokeh.

Maka dari itu, Infinix satu ini tak memiliki kamera ultrawide. Tidak adanya kamera ultrawide di smartphone Infinix ini supaya harganya tetap kebanting.

Charger 3 Jam

Walaupun menggunakan port USB C disertai kabel dengan colokan yang bisa dibolak-balik (reversibel). Namun, yang menjadi kekurangannya adalah fitur fast charging.

Untuk pengecasan Infinix SMART 8 ini cukup memakan waktu lama yaitu membutuhkan waktu 3 jam untuk mengisi daya dari 0% – 100%.

Sensor Kurang Lengkap

Walaupun Infinix SMART 8 ini memiliki tiga jenis sensor yaitu akselerometer, proksimitas, dan sensor sidik jari. Namun, sangat disayangkan tak memiliki sensor cahaya, kompas, dan giroskop sehingga kurang lengkap.

Tak Ada NFC

Bagi beberapa pengguna yang sering bepergian, fitur NFC mungkin sangat dibutuhkan. NFC ini berfungsi untuk bertransaksi digital, mengisi saldo atau mengecek saldo e-money.

Sayangnya pada Infinix SMART 8 ini tidak dilengkapi dengan fitur NFC sehingga ini yang menjadi masalah bagi para calon pengguna yang sering mengandalkan fitur ini.

Baca juga: 

Jika ingin membeli produk digital dengan harga murah, proses yang cepat dan aman langsung saja ke VCGamers Marketplace, ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!