Cara Bermain Roblox di Chromebook Sekolah

Kiat-kiat cara bermain Roblox di Chromebook sekolah agar perangkatnya dapat digunakan untuk mengakses Roblox.
Cara Bermain Roblox Di Chromebook Sekolah
Cara Bermain Roblox Di Chromebook Sekolah. Sumber: Official Site

Cara Bermain Roblox di Chromebook Sekolah

Mungkin Vicigers yang masih berstatus pelajar sering bertanya-tanya: “Bagaimana ya cara bermain Roblox di Chromebook sekolah?” Yap, Roblox memang tersedia secara luas untuk skema lintas platform.

Ini tentu memberikan kemudahan untuk dapat memainkan Roblox sesuai dengan ketersedian perangkat yang ada. Nah buat Vicigers yang juga memiliki pertanyaan yang sama seperti di atas, cekidot aja deh ulasannya!

Baca juga:

Chromebook Untuk Bermain Roblox

Roblox Platform Gaming Online
Roblox Platform Gaming Online. Sumber: Official Site

Kamu mungkin ingin bermain Roblox di chromebook sekolah. Namun, mungkin akses ke Roblox dibatasi.

Beberapa sekolah negeri dan swasta ‘unggulan’ memang kerap mengharuskan siswa mereka untuk memiliki chromebook, laptop, ataupun notebook yang khusus untuk menunjang keperluan akademis.

Sering kali siswa-siswi memanfaatkan perangkat yang ada bukan hanya untuk sekadar keperluan belajar/sekolah semata, namun juga untuk bermain game – Roblox salah satunya.

Kiat-kiat Cara Bermain Roblox di Chromebook Sekolah

Roblox multiplatform
Roblox multiplatform. Sumber: Official Site

Nah sekarang langsung saja kita membahas mengenai kiat-kiat cara bermain Roblox di Chromebook sekolah. Terdapat beberapa hal yang perlu Vicigers perhatikan jika ingin menginstal Roblox di sana:

1. Perhatikan spesifikasi dan kompatibilitas perangkat

Pertimbangan pertama dan yang terpenting ketika ingin bermain game pada perangkat berbasis PC adalah aspek spesifikasi dan kompatibilitas. Keduanya bersifat sangat mendasar terhadap kemumpunian perangkat.

Dalam konteks Chromebook (yang umumnya menggunakan Chrome OS sebagai operating system-nya), kalian memerlukan minimal Chrome OS version 53 dan dan ketersediaan layanan Google Play Store.

Sedangkan untuk spesifikasi minimum yang layak untuk memainkan berbagai game Roblox, berikut adalah detailnya:

  • Perangkat laptop/Chromebook/notebook berumur kurang dari 3 tahun dengan GPU integratif (integrated);
  • Processor kekinian (tahun 2005 ke atas) dengan clock speed minimum 1.6 Ghz. Tidak disarankan menggunakan prosesor AMD di bawah spesifikasi tersebut;
  • RAM berukuran 1 GB, serta penyimpan (HDD) 20 Mb;
  • Internet dengan minimum bandwidth 4-8 Mb/s.
Roblox untuk PC/Chromebook/notebook/laptop
Roblox untuk PC/Chromebook/notebook/laptop. Sumber: Official Site

2. Pastikan perangkat tersebut tidak dibatasi untuk memainkan game

Jika spesifikasi perangkat kalian sudah mencukupi untuk ‘mengganyang’ Roblox, maka selanjutnya beranjak pada isu aksesibilitas dan perizinan (permission). Sering kali ini juga menjadi kendala yang menyulitkan.

Umumnya, perangkat Chromebook/notebook/laptop yang dibekalkan pada siswa untuk keperluan belajar ataupun sekolah memiliki batasan tertentu. Fitur ini lebih dikenal dengan istilah ‘parental control’ (kontrol orang tua).

Jika diaktifkan, parental control dapat membatasi penggunaan perangkat tersebut agar tidak dapat mengakses hal-hal tertentu. Beberapa di antaranya seperti situs-situs bermuatan negatif, pembajakan, ilegal, berbahaya, dll.

Terkadang ini juga termasuk membatasi akses bermain game, dan Roblox tidak terkecuali. Jika Vicigers menemukan akses ini menyala (terblokir) pada perangkat tersebut, kalian harus membukanya terlebih dahulu.

Nah buat kalian yang bingung bagaimana cara membukanya, VCGamers sudah pernah membahasnya secara mendetail pada artikel ini: 3 Cara Unblock Roblox Windows Biar Bisa Main Lagi!

3. Instal program Roblox

Bila Vicigers sudah memastikan bahwa kedua langkah di atas telah terpenuhi, maka saatnya kalian menginstall program Roblox di perangkat kalian. Ini penting supaya nantinya bisa mengakses berbagai line-up games-nya.

Untuk kiat-kiat cara menginstal Roblox-nya sendiri, kalian bisa mengikuti step-by-step-nya melalui artikel berikut ini: Roblox untuk Chromebook, Panduan Lengkap untuk Bermain.

Baca juga:

Top up Roblox termurah dan tercepat selalu di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!