POCO M6: Jagoan di Kelas Entry Level

Review singkat POCO M6, HP entry level dengan prosesor mumpuni Helio G91-Ultra, penyimpanan internal luas 256GB, & RAM besar 16GB (8GB+8GB).
poco m6
POCO M6. Sumber: mi.co.id

POCO M6 baru saja rilis di Indonesia. POCO M Series biasanya turut meramaikan kelas entry level yang sedang ramai di pasaran. POCO seri ini selalu diharapkan mempunyai performa yang baik, baterai besar dan tahan lama, serta fitur-fitur penunjang lainnya seperti NFC misalnya, namun dengan harga yang ramah di kantong.

Dengan spesifikasi yang memadai di kelas entry level, pastinya POCO M series banyak menjadi primadona di kalangan anak muda, pelajar, atau siapa pun yang ingin memiliki spesifikasi smartphone yang dibeli menjadi sangat value for money.

Begitu pula yang ditawarkan POCO M6 kali ini, smartphone ini mempunyai desain yang berbeda dari seri sebelumnya di POCO M5, dibekali dengan dua lensa kamera besar yang outstanding dengan resolusi kamera utama 108MP dan kamera makro 2MP, ada 1 lingkaran kecil tambahan yaitu tempat disisipkannya dual LED flash berbentuk ring.

Saat ini kami sudah menggunakan POCO M6 selama kurang lebih 2 minggu, dan akan membagikan bagaimana impresi dan pengalaman kami selama menggunakan HP ini sebagai daily driver/HP utama.

Kamera 108MP Terbesar di Kelasnya

POCO M6 Fullset
Tampak Belakang POCO M6 Purple. Sumber: VCGamers

Kamera 108MP merupakan resolusi kamera tertinggi yang disisipkan POCO untuk M series, yang saat ini hanya ada di POCO M6. Kamera ini mampu melakukan zoom 3x in-sensor, dan mampu menangkap detail yang lebih baik berkat sensor besar Samsung ISOCELL HM6 1/1.67″.

Berkat teknologi penggabungan piksel 9-in-1, POCO M6 mampu menghasilkan foto malam hari/minim cahaya dan foto HDR yang cukup baik. Kamu juga bisa mengambil foto jarak dekat mode kamera makro 2MP menggunakan HP ini.

Untuk HP entry level seharga 2 jutaan awal pada saat peluncuran, yang mungkin dalam waktu beberapa bulan kedepan harganya sudah tidak sampai 2 juta ini (karena memang POCO biasanya memangkas harga setelah beberapa bulan), kamera utama POCO M6 bisa dibilang sudah cukup memadai untuk menemani kamu mengambil momen-momen yang ingin diabadikan, tapi jangan dibandingkan dengan kamera kelas flagship ya!

Selain itu, POCO M6 juga dibekali dengan kamera depan 13MP, infonya kamera depan HP ini sudah ditingkatkan, namun setelah kami tes, kualitas kamera depan HP ini kurang lebih masih sama dengan kualitas kamera POCO kelas entry level lainnya, sekedar cukup untuk memenuhi kebutuhan video call, meeting online, dan lainnya.

Kamu juga dapat menemukan fitur-fitur lainnya saat menggunakan kamera di HP ini, seperti fitur portrait, time-lapse, berbagai macam filter, mode beautify, dan lainnya, tapi jika kamu menggunakan aplikasi kamera bawaan, kamu tidak akan menemukan mode foto/video full manual di HP ini.

Baca juga:

Isi Daya SatSet dengan Fast Charging 33 Watt

poco m6 pengisian daya 33 watt fast charging
Fast Charging 33 Watt POCO M6. Sumber: mi.co.id

Sebenarnya fast charging 33W sudah sangat lumrah untuk HP POCO di seri entry level, namun kita harus tetap berterima kasih karena fitur ini tetap disematkan untuk POCO M6.

HP ini memiliki baterai berkapasitas 5030mAh, jika kamu mengisi daya HP ini di posisi 10%-20%, baterai HP ini akan penuh di 100% dalam waktu tidak sampai 1 jam, asal HP-nya tidak dalam kondisi mengerjakan task, seperti sedang download file, streaming lagu/video di background, dll atau tidak dalam kondisi overheat.

Selama masa penggunaan kurang lebih 2 minggu, dengan intensitas pemakaian normal setiap harinya, 2 aplikasi WhatsApp, streaming YouTube dan Spotify, Mobile Legends 1-2 game, browsing, berselancar di Tokopedia/Shopee, Grab/Gojek, Instagram/TikTok/Twitter, dan aktifitas lainnya, HP ini mampu bertahan lebih dari 24 jam dari posisi full 100% hingga 5%-10%.

Mungkin jika kamu lebih sering menggunakannya untuk bermain game, kamu akan mengisi daya HP ini tidak sampai dalam masa penggunaan 24 jam.

Performa & Dapur Pacu POCO M6

mediatek helio g91 ultra
POCO M6 dengan Mediatek Helio G91 Ultra. Sumber: mi.co.id

Sebelum membahas dapur pacu, sekedar untuk diketahui, HP ini memiliki layar seluas 6,79 inci FHD+ dengan Corning® Gorilla Glass (tidak diketahui versinya) dan sudah dibenamkan teknologi AdaptiveSync 90Hz. Selain adaptif, kamu juga bisa mengatur layarnya untuk tetap berada di 90Hz, namun hal ini tentunya akan mengorbankan ketahanan baterai kamu.

Sertifikasi TÜV Rheinland juga tidak ketinggalan ada di HP ini sehingga dapat memanjakan mata para penggunanya, teknologi DC dimming juga turut hadir untuk menambah kenyamanan ketika mata melihat layar dalam kondisi minim cahaya, namun proses dimming-nya kami rasa masih kurang smooth, dan semoga bisa diselesaikan pada update selanjutnya.

Beralih ke dapur pacu, POCO M6 dibekali dengan prosesor MediaTek Helio G91-Ultra, RAM 8GB (bisa di ekstensi hingga 16GB), ROM 256GB (mendukung microSD hingga 1TB), dan GPU Mali-G52 MC2. Untungnya HP ini tidak lagi menggunakan Helio G88 yang sudah sangat banyak digunakan oleh HP entry level lainnya. HP ini memilih menggunakan Helio G91-Ultra yang merupakan versi peningkatan dari Helio G88.

Tidak lupa POCO M6 juga sudah menggunakan Xiaomi HyperOS (Andoid 14) terbaru, yang bikin pengalaman menggunakan HP ini semakin nyaman di UI terbaru HyperOS.

Dapur pacu diatas mampu melibas semua game general yang banyak dimainkan saat ini, seperti Mobile Legends, Honor of Kings, Free Fire, PUBG  Mobile, dan lainnya. Jarang sekali kami menemukan frame drop saat pengetesan, asal suhu HP ini tidak overheat. HP ini akan menjadi sangat panas bila dipaksa memainkan game seperti Genshin Impact, Ragnarok Origin, dan game setipe lainnya yang menyajikan grafik gambar tingkat tinggi dengan settingan rata kanan. Saran kami jika kamu ingin memainkan game-game tersebut di HP ini, kamu bisa menurunkan settingan kualitas tampilan gambar dan efeknya agar game tersebut dapat kamu mainkan dengan lebih nyaman.

Sebenarnya HP ini memiliki varian 6GB/128GB, tapi yang saat ini dijual resmi di Indonesia hanya varian tertinggi 8GB/256GB. Penyimpanan internal HP ini walaupun sangat lega tapi juga sangat disayangkan masih menggunakan eMMC, kalau saja HP ini sudah menggunakan UFS, pasti akan semakin JOSS!, tapi pasti akan berefek ke kenaikan harga juga ya Vicigers!

Sekedar tips untuk kamu yang ingin membeli POCO M6, jangan sering membuat penyimpanan internal HP ini penuh sesak di 90%-100%, karena rumornya yang masih melekat hingga saat ini eMMC akan menjadi cepat rusak jika kamu melakukan hal tersebut.

Baca juga:

POCO M6 dengan Fitur Pelengkap Lainnya

POCO M6 tampak depan
Tampak Depan POCO M6. Sumber: VCGamers

POCO tidak lupa menyematkan NFC pada HP ini, jadi setidaknya untuk case yang sering digunakan di Indonesia saat ini, kita jadi tidak perlu repot-repot saat ingin mengisi ulang emoney milik kita, seperti Flazz, Brizzi, E-Money, TapCash, dll.

Tidak ketinggalan jack 3.5mm juga masih tersedia, jadi kamu tidak perlu khawatir headset kabel kesayangan kamu akan tergantikan oleh TWS. Sensor inframerah/IR-blaster pastinya juga tersedia di HP ini, kamu pun tidak perlu repot saat remot perangkat di rumah kamu seperti AC, TV, dan lainnya hilang/kehabisan baterai.

Fitur lainnya yang ga kalah menarik dan tersedia di POCO M6, yaitu Bluetooth 5.4 (A2DP, LE, aptX); support GLONASS, GALILEO, BDS; FM Radio; dan USB Type-C (OTG).

Untuk keamanan, sensor sidik jari di HP ini tersedia di sisi kanan HP (saat layar menghadap depan), bersamaan dengan tombol power. Pengalaman pribadi, kami lebih suka dengan penempatan sensor sidik jari di samping daripada di belakang, atau pun di dalam layar, tapi ini tentunya hanya preferensi pribadi kami.

HP ini tersedia dalam 3 warna Black, Purple, dan Silver. Khusus untuk warna Ungu, desain yang disajikan agak sedikit unik (duo-tone) karena berbeda dengan warna lainnya. Kamu juga tidak perlu khawatir akan debu dan cipratan air ringan, karena POCO M6 sudah dibekali dengan sertifikasi IP53 (dust and splash resistant).

Kelebihan dan Kekurangan POCO M6

Kelebihan POCO M6

  • Kamera 108MP terbesar di kelasnya;
  • Layar FHD+ 6,79 inci dengan AdaptiveSync 90Hz;
  • Proteksi Corning® Gorilla® Glass, sertifikasi TÜV Rheinland, Flicker Free, Circadian
    Friendly, DC dimming, dan IP53;
  • MediaTek Helio G91-Ultra dengan sistem operasi Xiaomi HyperOS;
  • RAM 16GB (8GB+8GB), ROM 256GB, dan tambahan penyimpanan internal up to 1TB;
  • Baterai 5030mAh dengan 33W fast charging.

Kekurangan POCO M6

  • Hanya mendukung jaringan 4G belum 5G
  • Slot microSD hybrid bukan dedicated
  • Penyimpanan internal eMMC bukan UFS

Kesimpulan

Keputusan untuk meminang HP ini ada di tangan kamu, untuk info spesifikasi lebih lengkap, kamu bisa langsung mengunjungi website resmi POCO M6. Kamu bisa membeli HP ini di official store online/offline, seperti di mi.com, Tokopedia, Shopee, dan lainnya

POCO M6 memiliki garansi resmi 15 bulan dengan service center yang sudah banyak tersebar luas di seluruh Indonesia. Jika kamu memiliki budget di angka 1.8 juta hingga 2 juta, kami menyarankan kamu untuk mencoba membeli HP ini. Kami pastikan 2-3 bulan ke depan harga HP ini akan menyentuh angka 1.8 juta atau bahkan lebih murah dengan tambahan diskon/cashback.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!