Cara Membuat Landscape Menggunakan Roblox AI, Fitur Baru!

Roblox AI masih dalam tahap Beta dan kamu bisa memberikan perintah untuk membuat landscape secara otomatis, sama seperti ChatGPT.
Roblox AI
Roblox AI. Sumber channel YouTube Cocajola.

Roblox baru saja meluncurkan fitur terbaru yang masih dalam tahap beta, yaitu Roblox AI. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat landscape atau pemandangan di dalam game dengan lebih mudah dan cepat.

Kalau sebelumnya kamu perlu menghabiskan waktu lama untuk mendesain dunia yang indah dan realistis, kini AI di Roblox dapat membantumu melakukan pekerjaan tersebut secara otomatis.

Baca juga: 

Apa Itu Roblox AI?

Roblox AI
Roblox AI. Sumber channel YouTube Roblox.

Roblox AI adalah fitur terbaru yang dirancang untuk mempermudah para kreator dalam membuat konten di Roblox Studio.

Dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI), fitur ini memungkinkan kamu untuk membangun dunia dan landscape secara otomatis hanya dengan memberikan perintah sederhana.

Misalnya, kamu bisa meminta AI untuk membuat gunung, hutan, atau danau dalam game, dan AI akan segera menciptakan elemen-elemen tersebut sesuai instruksi yang kamu berikan.

Fitur ini masih dalam tahap beta, yang artinya masih dalam pengembangan dan mungkin belum tersedia untuk semua pengguna.

Namun, Roblox AI diharapkan bisa menjadi alat yang sangat berguna bagi kreator yang ingin mempercepat proses desain dan fokus pada aspek kreatif lainnya.

Dengan kemampuan untuk mengotomatisasi pembuatan landscape yang luas dan kompleks, Roblox AI memberikan kebebasan bagi kamu untuk mengembangkan imajinasi tanpa perlu repot dengan detail teknis.

Langkah-langkah Membuat Landscape

Roblox AI
Generatove AI game Roblox. Sumber channel YouTube Roblox.

Pada dasarnya, game ini menerapkan hal yang sama seperti Chat GPT atau Gemini Google, dimana kamu menuliskan prompt untuk membuat sebuah landscape.

Seperti yang dijelaskan dalam laman Create Roblox, asisten ini sebenarnya dilatih berdasarkan dokumentasi resmi game dan dirancang untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan. Misalnya membangun, membuat skrip dan monetisasi.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti;

Menggunakan Asisten

Asisten ini bisa diakses melalui situs Dokumentasi resmi maupun langsung di dalam Studio.

Dokumentasi

  1. Di menu navigasi atas, klik tombol Asisten;
  2. Pilih pertanyaan yang tersedia atau ketik pertanyaanmu sendiri. Kamu juga bisa melihat Kiat Prompting untuk tips dalam mendapatkan respons yang lebih akurat;
  3. Berdasarkan hasil yang muncul, kamu dapat memberikan penilaian dengan mengklik ikon jempol ke atas atau ke bawah untuk membantu meningkatkan hasil di masa depan;
  4. Klik ikon ulangi untuk mendapatkan respons yang baru.

Studio

Fitur Asisten di Studio saat ini masih dalam versi beta, yang bisa diakses melalui File ⟩ Fitur Beta ⟩ Pratinjau Asisten. Untuk mulai menggunakan Asisten di Studio, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol Asisten yang terletak di pojok kanan atas Studio;
  2. Masukkan permintaanmu ke kolom di bagian bawah jendela, sambil mengikuti panduan dari Prompting Tips agar mendapatkan hasil yang lebih optimal. Setelah mendapatkan hasil, kamu dapat memberi penilaian dengan mengklik ikon jempol ke atas atau ke bawah untuk membantu meningkatkan kualitas di masa mendatang;
  3. Klik ikon ulangi untuk mencoba menghasilkan hasil yang baru.

Ketika menerima permintaan untuk membuat material, Asisten di Studio dapat dengan cepat mengubah tampilan elemen yang sudah ada menggunakan Material Generator yang efisien dan sederhana.

Masukkan Skrip

Jika kamu memasukkan permintaan seperti “Buat pemain melompat saat menyentuh bagian ini,” Asisten akan menghasilkan skrip dan menambahkan skrip baru ke objek yang saat ini dipilih dalam model data. Jika tidak ada objek yang dipilih, Asisten akan menentukan penempatan sesuai dengan instruksi kamu.

Kadang-kadang, skrip yang dihasilkan mungkin tidak berjalan dengan sempurna. Jika hal ini terjadi, kamu bisa melakukan penyesuaian lebih lanjut di Editor Skrip, atau memilih bagian skrip dan meminta Asisten untuk melakukan perubahan.

Meskipun AI dapat membuat landscape dengan cepat, kamu masih bisa mengedit hasilnya untuk menyesuaikan dengan visi kreatifmu. Gunakan alat manual di Roblox Studio untuk memperbaiki detail, menambah objek, atau mengubah tekstur.

Keunggulan Menggunakan Roblox AI

Roblox AI
Roblox AI. Sumber channel YouTube IGN.

Sama halnya dalam penggunaan Artificial Intelijen lainnya yang selalu memberikan kemudahan bagi penggunannya.

Efisiensi Waktu

Dengan bantuan asisten ini, kamu tidak perlu menghabiskan berjam-jam membuat landscape secara manual. AI akan mempercepat proses pembuatan pemandangan yang kompleks.

Kreativitas Tanpa Batas

Kamu bisa mengeksplorasi berbagai kombinasi landscape tanpa batasan. Biarkan AI menghasilkan variasi yang mungkin belum pernah terpikirkan olehmu.

Belajar dari AI

Fitur ini juga dapat membantumu belajar cara membuat landscape yang lebih baik, karena kamu bisa melihat bagaimana AI mendesain area tertentu.

Fitur Roblox AI menawarkan cara baru yang lebih cepat dan efisien untuk membuat landscape di dalam game. Meskipun masih dalam tahap beta, AI ini sudah mampu membantu kreator seperti kamu untuk menciptakan dunia yang indah dan kompleks.

Baca juga:

Jangan lupa untuk selalu top up Robux termurah dan tercepat hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!