AirPods 4: TWS Generasi Keempat Dari Apple

Resmi di-launching pada Apple Event 9 September lalu: AirPods 4, TWS generasi terbaru dari Apple dengan beragam fitur baru!
AirPods 4
AirPods 4. Sumber: Official Site

AirPods 4: TWS Generasi Keempat Dari Apple

Jika kemarin VCGamers sudah membahas mengenai iPhone 16 dan Apple Watch Ultra 2 yang launching pada Apple Event 9 September lalu, maka kali ini giliran membahas perangkat daily driver terbaru Apple lainnya, yaitu AirPods 4!

Keberadaan True Wireless System (TWS) memang sudah menjadi kebutuhan wajib pengiring gawai saat ini, tidak terkecuali pada ekosistem Apple. So, jika Vicigers juga salah satu pengguna setianya, mending gas cekidot aja deh!

Baca juga:

Yang Baru Di AirPods 4

Tanpa lebih berpanjang-lebar lagi, langsung saja kita masuk ke pembahasan mengenai hal-hal baru yang turut hadir pada TWS Apple ‘termuda’ ini. Sebagai line-up teranyar wajar bila konsumen berharap banyak sih.

Dan dengan banderol harga yang tidak bisa terhitung murah, terdapat sejumlah value yang pastinya bisa mereka dapatkan. Maka berikut ini beberapa detail mengenai fitur terbaru yang Apple hadirkan untuk AirPods 4-nya:

Bentuk Ergonomis yang Nyaman di Telinga Semua Orang

Bentuk yang ergonomis
Bentuk yang ergonomis. Sumber: Official Site

Salah satu kendala umum dari TWS adalah faktor ketidaknyamanan yang bersifat relatif. Beberapa orang mungkin nyaman dengan bentuk tersebut, namun tidak sedikit juga yang perlu beradaptasi terlebih dahulu.

Mulai dari isu fittingness (terlalu besar/kecil di kuping), iritasi karena ketidakcocokan material TWS dengan kulit, hingga problem yang paling sering terjadi: bentuk telinga yang tidak pas dengan form factor-nya.

Karena itulah, pada AirPods generasi keempat ini, Apple mampu merumuskan bentuk TWS yang mereka yakini paling fleksibel sesuai dengan ‘benang merah’ telinga manusia – hasil dari riset data 50 juta individu!

Ditenagai dengan H2 Chip

Chip H2
Chip H2. Sumber: Official Site

Kalau hanya dari segi bentuk, tentu tidak cukup untuk memenuhi ekspektasi tinggi para konsumen. Sebagai TWS, tentu yang juga wajib untuk ditekankan adalah kualitas berbagai fitur mumpuni yang berhubungan dengan audio.

Mulai dari Active Noise Cancellation (ANC), Personalized Spatial Audio, Transparency Mode, Adaptive Audio, Conversation Awareness, dan Siri (Gesture) Interaction – semua fitur itu dapat ditemukan pada TWS Apple ini!

Dan untuk dapat menunjang keperluan kompleks tersebut, Apple turut membenamkan Chipset H2 terbaru mereka. Apple menggadang-gadang bahwa chipset ini merupakan yang paling canggih untuk teknologi TWS saat ini!

Arsitektur Akustik yang Menunjang Kualitas Suara Optimal

'Jeroan' akustik baru
‘Jeroan’ akustik baru. Sumber: Official Site

Seiring chipset baru tersebut, Apple mampu menghadirkan sebuah perangkat stereo dengan kualitas rentang yang dinamis (high-quality dynamic range). Teknologi ini belum pernah hadir pada generasi TWS sebelumnya.

Tidak heran bila akhirnya perangkat ini mampu menghadirkan kualitas audio yang kaya: memberikan kejelasan treble (high) yang jernih tanpa harus mengorbankan aspek bass (low) yang umumnya kurang ‘menohok’.

Apple bahkan sampai berani memberikan klaim bahwa AirPods 4 ini menjadi TWS dengan kualitas suara terbaik yang pernah mereka rilis! So, cocok banget buat Vicigers yang memang sudah kepikiran ganti yang baru.

Rilis, Pre-Order, dan Harga

Selanjutnya adalah tentang skema banderolnya nih. Sama halnya dengan berbagai produk yang muncul di Apple Event 9 September kemarin, AirPods 4 juga baru akan tersedia di pasaran pada 20 September mendatang.

Namun untuk pre-order-nya sendiri sudah available tertanggal 13 September kemarin. Dan buat Vicigers yang mungkin tertarik untuk maharin produknya, bisa banget menyiapkan dana USD 180 atau sekitar IDR 2,7 jutaan.

Harga di atas merupakan banderol untuk varian yang sudah dilengkapi ANC. Sedangkan untuk AirPods 4 ‘vanilla’ (original tanpa fitur tambahan) dapat Vicigers tebus seharga USD 130 (IDR 2 jutaan).

Baca juga:

Nah itulah tadi pembahasan mengenai AirPods 4 terbaru dari Apple. Pastikan juga untuk urusan top-up dan mikro maupun makrotransaksi gaming, hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!