Semua Tentang iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max

Fix rilis dan siap untuk pre-order: iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max meluncur ke pasaran di paruh akhir bulan September ini.
iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max
iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Sumber: Official Site

Setelah kemarin kita sudah membahas mengenai iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, sekarang gilirannya membahas varian yang jauh lebih tinggi: iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max!

Kedua varian ini selalu menjadi simbol prestise tersendiri bagi para pengguna Apple di luar sana. Buat kamu yang penasaran mengenai detail-detailnya, yuk langsung simak saja ulasannya!

Baca juga:

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max

Varian Pro dan Pro Max
Varian Pro dan Pro Max. Sumber: Official Site

Langsung saja kita masuk ke bahasan utama mengenai detail-detail varian paling tinggi dari iPhone 16. Yakin deh Vicigers di sini sudah familiar dengan kedua line-up tersebut.

Lantas fitur eksklusif apa sajakah yang Apple sertakan kali ini pada keduanya? Apakah worth it untuk menggantikan iPhone lama kalian? Biar enggak gamang, kita coba bandingkan saja dulu deh antara keduanya.

Sebagai disclaimer nih, bahasan kali ini akan meneruskan artikel bahasan sebelumnya. Jadi, beberapa fitur yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya tidak akan muncul lagi pada bahasan kali ini.

Perbedaan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Yang paling kentara tentu berada pada lini display. Pada iPhone 16 Pro, Apple membekalinya dengan layar 6.3 inch Super Retina XDR OLED.

Sedangkan pada iPhone 16 Pro Max, layar tersebut sedikit lebih besar yakni 6.9 inch. Keduanya juga mendapatkan ceramic glass yang Apple percaya 2x lebih keras dan sustain dari kaca smartphone kompetitor lain di pasaran.

Varian iPhone 16 Pro-Pro Max Melawan ‘Dunia’

Chipset A18 Untuk Urusan Performa
Chipset A18 Untuk Urusan Performa. Sumber: Official Site

Beda lagi dengan varian base model dan Plus, Pro dan Pro Max menggunakan chipset yang jauh lebih powerfull: A18 Pro. Apple yakin ini merupakan sebuah terobosan yang sangat signifikan di lini performa.

Bayangkan, sang raksasa teknologi berlogo buah Apel tersebut bahkan hingga berani menggadang-gadang bahwa system-on-chip (SoC)-nya ini mampu memberikan performa setingkat PC mid-high spec!

Bandingkan dengan varian tertinggi dari kompetitor terkuat yakni Samsung dengan S24 Ultra-nya. Sang ‘Raja dari Timur’ ini ditenagai Snapdragon 8 Gen 3 dari Qualcomm dengan fabrikasi 4nm.

Di atas kertas, A18 Pro tentu jauh lebih bertenaga, melihat kapasitas fabrikasinya yang mampu dikompresi oleh Apple hingga 3nm! Maka jangan heran jika fitur setingkat Ray Tracing bisa hadir pada line-up terbaru iPhone ini.

Yap, iPhone 16 mampu ‘melalap’ game-game AAA yang saat ini umumnya hanya tersedia untuk perangkat gaming, seperti Resident Evil VII.I.AGE, Resifent Evil Biohazard, Sniper Elite 4, Assassins Creed Mirage, dll.

Selain itu terdapat juga ‘gimmick’ tambahan untuk varian Pro-Pro Max, seperti body yang terbuat dari bahan Titanium, Always-On Display, triple camera, ProRes, 3D (spatial) video/audio, dan USB type-C 3.2 gen 2.

Baca juga: Rekomendasi Game iPhone Terbaik dan Terbaru di 2024

Estimasi Harga dan Pre-Order

Varian Pro kembali mengusung kamera 'Boba'
Varian Pro kembali mengusung kamera ‘Boba’. Sumber: Official Site

Nah, sekarang langsung saja ke bagian yang paling Vicigers tunggu-tunggu nih yakni estimasi harga dan pre-order. Dengan begitu kalian enggak akan sampai ketinggalan dan bisa duluan punya!

Apple akan membuka pre-ordernya terhitung sejak tanggal 13 September 2024. Ini berarti ada waktu 1 minggu sebelum perilisan globalnya yaitu pada 20 September mendatang.

Sedangkan untuk estimasi harganya cukup bervariasi. Mengacu pada situs resmi iBox Malaysia (region terdekat yang kebagian launching), harga varian Pro dan Pro Max akan menyesuaikan kapasitas memorinya.

  1. iPhone 16 Pro 128GB – RM4,999 (IDR 17,9 jutaan)
  2. iPhone 16 Pro 256GB – RM5,499 (IDR 19,6 jutaan)
  3. iPhone 16 Pro 512GB – RM6,499 (IDR 23,2 jutaan)
  4. iPhone 16 Pro 1TB – RM7,499 (IDR 26,8 jutaan)
  5. iPhone 16 Pro Max 256GB – RM5,999 (IDR 21,4 jutaan)
  6. iPhone 16 Pro Max 512GB – RM6,999 (IDR 25 jutaan)
  7. iPhone 16 Pro Max 1TB – RM7,999 (IDR 28,6 jutaan)

Baca juga:

Nah itulah tadi pembahasan mengenai iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Pastikan juga untuk top up game serta membeli produk digital termurah lainnya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!