iPhone 16 Sudah Dirilis, Kapan Masuk Indonesia?

Apple melalui perhelatan terbesar tahunannya yang berlangsung tertanggal 9 September lalu resmi mengumumkan perilisan iPhone 16 terbaru.
iPhone 16
iPhone 16. Sumber: Official Site

iPhone 16 Sudah Dirilis, Kapan Masuk Indonesia?

Yap, enggak salah baca kok, iPhone 16! Enggak terasa telah satu tahun lagi terlewat sejak perilisan perangkat terakhir Apple. Memang sudah menjadi kebiasaan mereka untuk merilis line-up terbaru setiap bulan September.

Lantas fitur baru apa yang mereka hadirkan tahun ini? Apakah kehadirannya mampu berimbas signifikan pada standar industri ponsel pintar? Nah biar enggak penasaran, yuk simak saja langsung ulasan detailnya berikut ini!

Baca juga: 

Showcase iPhone 16 dan 16 Plus di Apple Event 9 September 2024

Apple Event 9 September
Apple Event 9 September. Sumber: Official Site

Seperti yang sudah-sudah, sang raksasa teknologi asal Amrik ini akan selalu menyertakan pengumuman rilisan iPhone terbaru mereka pada ajang Apple Event. Tidak heran bila event ini selalu dinanti banyak orang.

Dan melansir dari perhelatan tahunan yang baru saja berlangsung beberapa hari silam tersebut, terdapat beberapa fitur unggulan yang menjadi standar baru mereka kali ini. Berikut ulasan lengkapnya:

Perbedaan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus

Untuk memulai bahasan, ada baiknya jika kita membandingkan antara iPhone 16 dengan 16 Plus dahulu nih Vicigers. Dengan begitu, kalian bisa tahu mana yang lebih worth di antara keduanya.

Sebenarnya secara ‘jeroan’ enggak ada perbedaan yang signifikan. Satu-satunya yang terlihat kontras hanya berada pada besaran dimensi dan layar saja. Namun uniknya di seri ini, perbedaan layarnya tidaklah signifikan!

Untuk iPhone 16, bentangan diagonal layar adalah 6,1 inch dengan aspect ratio 16.5:9 (11:6). Sedangkan untuk 16 Plus, besaran layarnya hanya terpaut 0,6 inch saja dengan usungan ratio sebesar 16.6:9 (83:45).

Chipset A18 dan A18 Pro

Chipset A18
Chipset A18. Sumber: Official Site

Next, mengenai keberadaan chipset generasi selanjutnya yang bertajuk A18. Berbeda dari berbagai kebiasaan dan praktik Apple sebelumnya, varian base model nantinya juga akan mendapatkan chipset ini.

Sedangkan untuk varian Plus ke atas, Apple mencanangkan versi chipset A18 Pro dengan ‘daya gedor’ yang lebih ciamik. Secara tidak langsung, Apple telah merubah status quo dapur pacu yang mereka gunakan selama ini.

Perubahan standar seperti ini memang sangat penting, mengingat keberadaan Apple Intelligence cukup demanding. Dengan melakukan ini, maka semua varian iPhone 16 akan kebagian fitur AI tersebut!

Fusion Camera dan New Action Button (Camera Control)

Juga yang tidak kalah penting adalah fitur fotografi teranyar yakni Fusion Camera. Ini merupakan inovasi lain dari Apple: menggabungkan ‘jepretan’ lensa 48 MP dengan kualitas optical 2x Telephoto!

Selain itu, keberadaan satu lensa tambahan juga memberikan kemampuan makro fotografi dan juga ultra-wide! Keduanya dibekali dengan besaran sensor dengan pikselasi 12 MP.

Enggak cuma itu saja, agar feel saat mengambil fotonya juga semakin immersed, Apple menghadirkan dua tombol baru bernama Action dan Camera Control. Enggak heran jika kamera dari iPhone menjadi semakin maksimal!

Berdasarkan pengumuman Apple, baik iPhone 16 maupun 16 Plus, kedua varian tersebut dipastikan kebagian pembaharuan ini. Jadi harusnya tanpa harus membeli varian Pro Max sudah cukup dong ya!

Tombol Camera Control Mirip Line-Up Sony

Camera Control
Camera Control. Sumber: Official Site

Bukan iPhone namanya jika inovasi yang hadir tidak bersifat semu. Menjadi olok-olok banyak pihak bahwa hal ‘baru’ dari Apple umumnya merupakan fitur yang telah diperkenalkan oleh kompetitor jauh lebih dahulu.

Dalam kasus iPhone 16 kali ini, yang menjadi ‘bulan-bulanan’ para kritikus adalah tombol Control Camera. Mereka merasa bahwa fitur ini sudah lama ada pada berbagai line-up smartphone besutan Sony.

Yap, produsen asal Jepang yang memang berfokus pada lini kamera ini memang selalu mengemas berbagai perangkat ponsel pintar mereka agar mampu menjelma serupa sosok ‘kamera ber-SIM Card’.

Wajar bila keberadaan tombol laiknya Camera Control (yang memang dirancang untuk menyerupai tombol shutter) sudah menjadi bagian integral dan menjadi standar produk Sony.

Lantas bagaimana nih menurut kalian Vicigers? Apakah memang Apple menirukan Sony? Atau tombol Camera Control mereka dapat benar-benar dapat memberikan pengalaman fotografi baru?

Tanggal Rilis iPhone 16 dan 16 Plus

Meskipun perilisannya sendiri turut mengikuti perhelatan Apple Event kemarin yaitu 9 September 2024, namun ketersediaan perangkat ini di pasaran masih harus menunggu beberapa minggu lagi.

Berdasarkan pengumuman dari pihak official, sebagian besar wilayah yang terdaftar sebagai region resmi akan dapat menikmati iPhone 16 dan juga berbagai varian lainnya tepat pada 20 September nanti.

Sedangkan khusus untuk wilayah Makau dan Vietnam, perlu tambahan waktu satu minggu lagi, yakni pada 27 September. Dan untuk range harganya akan berkisar di angka USD 799-1099 (IDR 12,3-17 jutaan).

Baca juga:

Itulah tadi pembahasan mengenai iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Buat kamu yang mau top up game atau produk digital termurah dan tercepat, langsung ke VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!