5 Serial Anime Sad Ending Terbaik 2023

Terdapat sejumah anime sad ending terbaik 2023 yang bisa kamu saksikan. Tentunya, anime ini akan membuat kamu terbawa dalam cerita yang sedih
sad anime (1)
Anohana: The Flower We Saw That Day (Source: Juragan Poster)

Siapa sih yang sering menghabiskan waktu  dengan menonton film atau serial anime? Nah, kali ini kita akan mengulas tentang beberapa anime sad yang mampu membuatmu sedih.

Seperti yang kita ketahui bahwa serial anime baik Jepang, China ataupun Amerika Serikat ini telah lama hadir, dari tahun ke tahun semakin marak dan semakin digemari oleh kalangan penggemar.

Usia penonton rata-rata berkisar antara 5 – 30 tahunan, itu berarti anime ini tak hanya diterima di kalangan anak-anak saja akan tetapi orang dewasa pun banyak yang masih menggemarinya.

Ternyata hampir serupa seperti film, pada anime juga memiliki beberapa genre menarik yang bisa kamu tonton seperti misalnya romance, action, adventure, comedy, fantasy, sci-fi dan masih banyak lagi,

Hal ini juga diiringi dengan kisah anime yang mengharukan dan menyedihkan pada akhir ceritanya sehingga tak jarang akan membuat penonton sangat emosional ketika sudah menontonnya hingga mereka pun banyak yang merekomendasikan kepada orang lain untuk menonontonnya.

Pada artikel kali ini akan merekomendasikan terkait serial anime dengan sad ending paling sedih dan berpotensi membuat penonton menangis. Tak perlu basa-basi lagi, kamu akan mendapatkan rekomendasi serial anime sad ending terbaik 2023 disini!

Baca juga: 5 Anime Action Terbaik dan Paling Hits Sepanjang Masa!

Anohana: The Flower We Saw That Day

sad anime (2)
Anohana: The Flower We Saw That Day (Source: IMDb)

Untuk serial anime sad ending terbaik di urutan pertama yang harus kamu tonton adalah Anohana: The Flower We Saw That Day dengan judul orisinalnya yaitu Ano Hi Mita Hana No Namae O Bokutachi Wa Mada Shiranai atau disingkat dengan Anohana yang dirilis pada 2011 silam.

Melansir dari IMDb, serial anime ini berjumlah 11 episode yang memiliki rating yang sangat tinggi yaitu 8,2/10.

Selain itu juga karena Anohana ini merupakan serial terbaik sehingga serial ini masuk menjadi nominasi “

Untuk ceritanya sendiri, Anohana memiliki kisah yang sangat menyedihkan karena menceritakan tentang persahabatan yang beranggotakan 6 orang sejak kecil.

Sejak kecil mereka berenam selalu beriringan kemanapun. Namun, semakin dewasa mereka pun berpisah sehingga pada akhirnya, salah satu anggota mereka yang bernama Menma dikabarkan meninggal dunia.

Ketua dari geng ini yaitu Jintan telah kehilangan arah dan tujuan hidupnya. Akan tetapi ketika Menma masih hidup, ia benar-benar termotivasi dan semangat kembali dalam menjalani hidupnya.

Menma selalu memberikan semangat dan memotivasi Jintan untuk selalu melakukan apa yang ia suka dan menggapai apapun yang diinginkan hingga memutuskan langkah apa yang diambil oleh Jintan untuk hidupnya karena berkat dorongan dari Menma sebagai keinginan terakhir dari Menma untuk Jintan.

Kotaro Lives Alone

sad anime (3)
Kotaro Lives Alone (Source: IMDb)

Serial anime yang memiliki kisah sad ending selanjutnya adalah Kotaro Lives Alone yang dirilis pada tahun 2022 dengan jumlah 10 episode.

Masih terbilang cukup baru, ternyata anime ini cukup populer dan masuk nominasi pada Crunchyroll Anime Awards 2023 untuk kategori “

Walaupun hanya masuk sebagai nominasi di Crunchyroll Anime Awards 2023, namun Kotaro Lives Alone telah mendapatkan rating 8.4/10 sehingga hal ini telah menjadi juara di hati para penonton karena alur cerita yang sangat menyedihkan.

Memang anime ini memiliki dikategorikan sebagai anime sad, akan tetapi Kotaro Lives Alone ini menyuguhkan komedi yang disisipkan ke dalam ceritanya sehingga memberikan kesan seru dan menyenangkan.

Apabila membicarakan tentang ceritanya, jadi Kotaro Lives Alone ini menceritakan mengenai seorang Mangaka yaitu Shin Karino yang harus merawat tetangga barunya yaitu seorang anak berusia 5 tahun yang harus hidup sebatangkara yang bernama Kotaro Sato.

Pada akhir ceritanya cukup menyedihkan karena Kotaro ingin pergi ke suatu tempat yang dekat dengan stasiun kereta Konami dengan diantarkan oleh Shin Karino.

Shin Karino penasaran alasan mereka pergi kesana, hingga tiba di tempat tersebut Shin mengetahui bahwa Kotaro membawanya ke pemakaman karena sangat merindukan Kakek dan Neneknya.

The Promised Neverland

sad anime (5)
The Promised Neverland (Source: IMDb)

Nah, untuk serial anime yang cukup menyedihkan yaitu The Promised Neverland yang dirilis pada 2019 – 2022 dengan total 24 episode dan 2 season.

Ceritanya disebuah panti asuhan yang bernama Grace Field House, dimana panti asuhan tersebut dipenuhi dengan anak kecil yang sudah tak memiliki orangtua lagi dan diasuh oleh seorang Ibu yang sangat baik hati tanpa membedakan seluruhnya.

Kehidupan di panti tersebut terbilang sangat ketat, mereka harus menaati aturan tak boleh pergi dari panti asuhan sebelum ada yang mengadopsi mereka.

Pada suatu hari dua anak yatim piatu yang paling cerdas yaitu  Emma dan Norman mencoba kabur dari panti dan mengungkap kejadian misterius dibalik kehidupan di panti tersebut sehingga pada akhirnya mereka berdua sepakat untuk pergi dari panti supaya bisa mengubah nasib mereka dengan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Angel Beats!

Angel Beats!
Angel Beats! (Source: IMDb)

Serial anime selanjutnya yang memiliki sad ending terbaik yaitu Angel Beats! Anime ini tayang pada tahun 2010 dengan 16 episodenya.

Sebenarnya ending dari anime ini menceritakan tentang 5 karakter yaitu Ayato, Yuri, Hinata, Kanade dan Otonashi yang sedang berkumpul disebuah lobby utama, mereka mencoba untuk berpisah karena merasa sudah lama tinggal di dunia.

Hingga suatu saat Otonashi mengungkapkan perasaan kepada Kanade, namun hal ini tak berakhir sesuai keinginan karena Kanade malah meresponnya dengan diam hingga ia mengatakan penyesalannya yang belum sempat terealisasikan di dunia yaitu mengucapkan terimakasih kepada seseorang yang sudah mendonorkan jantung untuknya.

Tak dapat disangka ternyata Otonashi yang mendonorkan jantung kepada Kanade dan jika Kanade telah berterimakasih kepadanya, ia akan meninggalkan Kanade di dunia dan akhirnya mereka resmi berpisah setelah berpelukan.

Banana Fish

Banana Fish
Banana Fish (Source: IMDb)

Sebagai serial anime dengan sad ending terbaik yang wajib kamu tonton di tahun 2023 ini adalah Banana Fish. Serial anime ini tayang pada tahun 2-18 yang berjumlah 24 episode.

Pada sad endingnya sendiri menceritakan tentang isu sosial pada umumnya. Namun, secara keseluruhan serial anime ini mengisahkan tentang Ash yang diurus oleh Bos Mafia populer di New York.

Suatu hari, ia meliput geng di Amerika Serikat untuk menyelidiki kata “Banana Fish” dengan berbagai tantangan sulit yang harus dihadapi oleh mereka.

Baca juga: Rekomendasi Anime Viral 2023, Yuk Tonton Sekarang

Itulah rekomendasi serial anime dengan sad ending terbaik yang bisa kamu tonton di penghujung tahun 2023 ini. Jadi, mana nih yang mau kamu tonton?

Bagi kamu yang ingin membeli produk digital murah dan cepat, langsung aja ke VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!