Nokia 10 Smartphone Flagship Dari Nokia? – Part 3

 

Baca sebelumnya: Nokia 10 Smartphone Flagship Dari Nokia? – Part 2

Rumor Terkini Nokia 10

Terdengar desas-desus bahwa penerus dari Nokia 9 PureView bisa jadi adalah sebuah smartphone 5G. Hal tersebut cukup masuk akal, mengingat saat ini sudah banyak HP 5G dari berbagai brand kompetitor lainnya, termasuk Nokia 8.3 5G yang debut sebagai smartphone 5G pertama dari Nokia itu sendiri.

logo 5g
Logo Resmi Jaringan Seluler 5G

Tahun lalu, kami juga mendengar bahwa flagship Nokia berikutnya tidak akan ditampilkan pada MWC 2020, ya karena MWC 2020 sendiri batal digelar saat itu. Jadi, kami pun tidak dapat memastikan kebenaran informasinya.

Saat berita soal kemunculan Nokia 10 mulai hangat diperbincangkan kembali, banyak yang menyebutkan bahwa Nokia 10 akan diotaki dengan prosesor yang setidaknya diatas Snapdragon 865/865+ dari Qualcomm.

Banyak yang percaya, bahwa nantinya Nokia 10 akan dibekali oleh prosesor Snapdragon 875 yang bahkan hingga artikel ini tayang pun, prosesor tersebut masihlah hanya sekedar mitos.

Beberapa dari Nokia fans menyebutkan bahwa Nokia 10 mungkin akan dibekali dengan prosesor Snapdragon 888 terkencang saat ini kalau memang Nokia 10 akan dijajarkan pada kelas HP flagship.

Sebenarnya Snapdragon 875 itu sendiri merupakan prosesor yang diyakini meluncur akhir tahun 2020 lalu, namun nyatanya yang meluncur adalah Snapdragon 888.

Bocoran yang lebih baru menunjukkan bahwa dalam waktu dekat Qualcomm akan merilis prosesor baru Snapdragon 775 untuk tahun 2021, Prosesor ini juga dipercaya sebagian leaker akan dibenamkan pada Nokia 10 nantinya.

Alih-alih mendapatkan informasi yang sebenarnya dari Nokia 10, kami juga yakin kalian pasti malah jadi bingung karena banyaknya spekulasi yang beredar mengenai HP ini akan menggunakan prosesor apa nantinya.

Namun, yang kita tahu, Nokia 10 tampaknya akan memiliki tampilan kaca safir dan rangka stainless steel yang kuat.

Sepertinya untuk mengurangi kesalahpahaman dari banyaknya spekulasi yang ada, mungkin kita sudahi dulu ya pembicaraan mengenai spesifikasi apa yang nantinya akan dibenamkan pada HP ini. Sebenarnya banyak lagi spekulasi mengenai kamera, bentuk bodi, dan bahkan notch seperti apa yang akan digunakan pada HP ini nantinya.

Lebih bijak apabila kita menunggu lebih dahulu sampai HMD Global mengumumkan secara resmi smartphone apakah yang akan menjadi penerus Nokia 9 PureView nantinya.

Nokia 10 seperti apa yang kalian inginkan?

Berikut adalah beberapa fitur yang kami harap akan dibenamkan pada ponsel unggulan Nokia berikutnya, tentu fitur dan spesifikasi yang mumpuni sangat dinantikan agar Nokia kali ini dapat bertempur di pertempuran yang sebenarnya dengan para kompetitor.

  • Kamera serbaguna dengan sensor terbaik
Kamera Nokia 9 PureView
Kamera Nokia 9 PureView

Meskipun Nokia 9 PureView memiliki lima kamera belakang, sebenarnya banyak yang mengeluhkan bahwa kualitas kameranya tidak terlalu bagus, karena memang setup modul kamera Nokia 9 PureView tidak biasa seperti HP lainnya.

Setup kamera Nokia 9 PureView yaitu 5x 12 MP (2x RGB & 3x B/W), cukup aneh kan untuk ukuran kamera smartphone? Alih-alih akan menghasilkan tangkapan gambar yang ‘wah’, kamera HP ini bisa dikatakan gagal dalam memenuhi ekspektasi tersebut.

Di Nokia 10, atau apa pun sebutan untuk flagship Nokia baru setelah ini, kami berharap ada beberapa lensa yang berbeda dengan spesifikasi yang mumpuni, sehingga kami dapat mengambil gambar secara wide/ulltra-wide, bidikan makro yang layak, dan banyak lagi.

Misal seri Nokia flagship terbaru akan dibekali sensor beresolusi tinggi, misal 108MP atau lebih, hal tersebut juga tidak akan merugikan.

  • Prosesor yang powerful
Snapdragon 870 vs Snapdragon 888
Snapdragon 870 vs Snapdragon 888

Sebenarnya prosesor Nokia 9 PureView tidaklah buruk. Terlihat menjadi ketinggalan jaman, karena kalian melihat prosesor Snapdragon 845 ini pada pertengahan tahun 2021

Snapdragon 845 merupakan salah satu prosesor paling powerful pada awal tahun 2019 lalu, dan untungnya Nokia membenamkan prosesor tersebut pada Nokia 9 PureView. Sehingga HP tersebut dapat menjadi salah satu yang dipertimbangkan untuk dipinang.

Sayangnya pasar smartphone Indonesia tidak bisa mencicipi kinerja Nokia 9 PureView secara resmi. Mungkin Nokia belum yakin untuk membawa produk flagship tersebut ke berbegai belahan negara di dunia.

Kami ingin melihat chipset kelas atas di Nokia 10, mungkin setidaknya HP ini dapat dibenamkan prosesor Snapdragon 870 dari Qualcomm untuk menunjang kinerjanya.

Kenapa tidak minimal Snapdragon 860 terbaru? Tentu karena prosesor tersebut tidak dibenamkan modem dengan fitur 5G.

Kira-kira fitur atau spesifikasi apa lagi ya Vicigers yang kira-kira cocok untuk Nokia 10? Coba bantu kami menghayalkan bentuk sempurna dari kehadiran seri flagship baru Nokia di kolom komentar ya!

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment