Rumor Chipset iPhone 13 Mungkin Akan Serupa Milik iPhone 12

 

Banyak yang berspekulasi kalau iPhone 13 series nantinya tidak akan membawa peningkatan yang signifikan.

Namun nyatanya, bisa saja iPhone 13 membawa beberapa peningkatan besar dibandingkan iPhone 12, namun tetap dengan memakai chipset yang serupa.

Beberapa Apple fanboy berharap iPhone baru nantinya akan menggunakan chipset 3nm. Kenyataannya banyak bocoran bertebaran di luar sana, kalau iPhone selanjutnya akan tetap memakai chipset 5nm, sama seperti iPhone sebelumnya di tahun 2020.

Seperti yang dituliskan oleh PhoneArena, perusahaan TSMC, yang memproduksi komponen seperti chipset untuk Apple, baru-baru ini menginformasikan bahwa mereka belum ada rencana untuk memproduksi chipset 3nm untuk dibenamkan ke iPhone 13.

Berdasarkan laporan PhoneArena, chipset ini kemungkinan akan siap pada tahun 2022, mungkin akan tersedia untuk iPhone 14, jadi kita dapat berharap ponsel tersebut mendapatkan peningkatan yang besar, daripada model 2021.

Baca juga: Perjalanan Poco Indonesia, dari F1 hingga X3 Pro

Rumor Chipset iPhone 13 Mungkin Akan Serupa Milik iPhone 12
iPhone 12 Pro Max

iPhone 13 hanya melakukan peningkatan minor?

Banyak yang beranggapan bahwa semakin kecil fabrikasi sebuah chipset, maka akan semakin powerful kinerja yang diberikan chipset tersebut. Karena dengan ukurannya yang lebih kecil, maka semakin banyak transistor dapat ditampung dalam sebuah chipset, sehingga membuatnya lebih bertenaga.

IPhone 12 series, serta beberapa smartphone Android yang menggunakan Snapdragon 888 atau chipset serupa, semuanya menggunakan prosesor 5nm, yang mulai digunakan pada tahun 2020.

Banyak ponsel lain, terutama pada kelas low-end hingga mid-end, tetap bertahan dengan fabrikasi chipset 7nm, 10nm, atau bahkan fabrikasi lebih besar. Hal tersebut lah yang menyebabkan smartphone kurang bertenaga.

Tapi ya memang, apa ada smartphone low/mid-end dengan chipset berfabrikasi 5nm sekarang? Jawabannya tentu tidak ada, karena chipset 5nm saat ini hanya khusus untuk chipset flagship saja, tapi bukan tidak mungkin fabrikasi 5nm nantinya akan digunakan Snapdragon seri 400 terbaru atau Dimensity versi low/mid-end

Seperti yang telah kami katakan, banyak fanboy yang berharap Apple akan membenamkan chipset 3nm ke ponselnya pada tahun 2021, daripada menunggu tahun 2022 ketika teknologinya mungkin sudah siap.

Tapi, menurut rumor yang beredar hingga saat ini, masih dikatakan chipset iPhone 13 kemungkinan akan sangat mirip dengan A14 Bionic di iPhone 12.

Bahkan jika rumor ini benar, bukan berarti iPhone 13 akan kehilangan peningkatan kinerja. Sejauh ini Apple selalu dapat menemukan cara untuk menyempurnakan A15 Bionic (5nm) menjadi sangat powerful, tetapi mungkin beberapa dari kalian kecewa karena chipset baru tersebut mungkin masih menggunakan fabrikasi seri sebelumnya.

Tapi, siapa tahu Apple memberikan kejutan nantinya? Tunggu saja sampai teaser iPhone 13 resmi dikeluarkan pihak Apple, mungkin dalam waktu dekat ini.

Kami akan mencari tahu apakah ini masalahnya pada bulan September, ketika kami mengharapkan untuk melihat peluncuran iPhone 13. Kami mendengar banyak rumor dan kebocoran sebelumnya, jadi pantau terus untuk berita lebih awal.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment