New Windows 10 Update, Sebaiknya Kamu Tunda Dulu!

 

Beberapa pengguna Windows 10 mengalami masalah serius setelah rilis pembaruan “KB5001330” baru-baru ini, dengan beberapa laporan menyebutkan bahwa pembaruan itu sendiri tidak dapat diinstal pada beberapa laptop/PC.

Awal minggu ini, Microsoft menerbitkan daftar pembaruan April 2021 yang baru, termasuk Windows 10 KB5001330 untuk versi 20H2/2004, yang merupakan unduhan wajib yang dimaksudkan untuk menambal masalah yang disebabkan oleh pembaruan sebelumnya, termasuk masalah yang sering kali berdampak pada printer.

Windows Latest melaporkan bahwa berbagai unggahan di forum dan situs media sosialnya sendiri bahwa ini adalah masalah yang sedang ramai diperbincangkan, dengan banyak pengguna tidak dapat menginstal windows update tersebut sama sekali.

Komentar tentang masalah ini juga terdapat di Windows Insider Feedback Hub, dengan satu pengguna menyatakan:

Saya terus-menerus gagal menginstal KP5001330 dengan kode kesalahan 0x800f0984. Hal ini terjadi di Surface Studio 2 dan Surface Pro 7. Ini adalah bulan kedua berturut-turut Microsoft tidak dapat memperbarui Windows mereka di komputer saya. Penginstalan berhenti di 20%, lalu di 73%, lalu di 100%, dan gagal, “

Sejauh ini, pesan kesalahan yang telah dilaporkan, adalah 3 kode ini:

  • 0x800f081f
  • 0x800f0984
  • 0x800f0922

Windows 10 update terbaru bermasalah saat bermain game dan blue screen

New Windows 10 Update, Sebaiknya Kamu Tunda Dulu!
Windows Update

Pada sebuah thread di Reddit tentang masalah ini, menyebutkan bahwa pengguna juga melaporkan video game mengalami berbagai masalah seperti grafis yang tidak lancar, penurunan frekuensi gambar yang signifikan, dan bahkan stuck total.

Beberapa pengguna menemukan solusi bahwa mengembalikan pembaruan ke versi sebelumnya akan memulihkan sistem mereka kembali ke keadaan yang dapat digunakan.

Pembaruan ini juga memberi saya masalah yang mencolok dalam game yang biasanya tidak pernah terjadi, dengan atau tanpa vsync.

Komentar salah satu pengguna, juga menyebutkan bahwa mencopot windows update terbaru juga memperbaiki masalah mereka, dan mereka pun juga banyak yang telah melakukan trial error dan ternyata memang benar windows update lah pelakunya. Kita sama-sama berharap Microsoft akan menyelidiki masalah ini secepatnya.

Baca juga: 3 Fitur Baru Windows 10 Yang Wajib Kamu Coba

Mungkin ini merupakan bug lama dengan penampilan baru

Windows Latest melaporkan bahwa seorang pengguna mengklaim “Saya tidak bisa lagi masuk ke komputer saya sejak pembaruan. Dikatakan “the User Profile Service service failed the sign in. User profile can not be loaded”.

Jika kamu mengalami salah satu masalah yang disebabkan oleh Windows 10 KB5001330, ikuti petunjuk di bawah ini untuk mencopot pemasangan windows update sehingga dapat memulihkan perangkat kamu dengan segera.

  • Buka ‘Settings’;
  • Klik ‘Update & Security’;
  • Klik ‘Windows Update’;
  • Klik ‘View update history’;
  • Klik ‘Uninstall updates’ lalu pilih KB5001330 untuk di uninstall;
  • Lalu hidupkan ulang laptop/PC kamu

Pembaruan Windows 10 menjadi terkenal menyusahkan dalam beberapa bulan terakhir, dengan masalah utama yang cukup mengganggu dilaporkan oleh pengguna setelah hampir setiap rilis.

Microsoft belum memberikan komentar resmi tentang masalah ini, tetapi karena kesalahan yang ditemukan dapat dengan mudah diperbaiki dengan mengembalikan pembaruan. Kalau kalian ingin tetap melakukan update, itu terserah kalian.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment